Cara Berhenti Berlangganan Email di Google Mail

Dewasa ini, email merupakan sesuatu yang sangat penting dalam interaksi online. Pasalnya, hampir semua hal yang dilakukan dalam dunia online pastilah membutuhkan email, baik membuat akun di media sosial, menyingkronkan data smartphone secara online, membuat akun bank, dan lain-lainnya, semua tidaklah lepas dari peran email.


Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa gmail atau google email merupakan salah satu situs email yang banyak digunakan. Karena hanya dengan memiliki satu akun google, pastinya kamu bisa mengakses fasilitas online google lainnya seperti youtube, gmail, google drive, google classroom, dan lainnya. Ya, itulah keuntungan memiliki satu akun google yang dapat digunakan untuk mengakses fitur-fitus dan fasilitas online google lainnya.


Nah, berbicara mengenai fungsi email tentu saja tidak akan ada habisnya, yang pasti email bisa berfungsi sebagai langkah awal untuk berkomunikasi, berbisnis, menjalankan pendidikan, dan lainnya, secara online. 


Sayangnya, kadang kamu sering mengakses banyak situs online dengan menggunakan email, sehingga secara tidak sadar kamu telah berlangganan banyak email dari banyaknya situs yang sudah kamu akses. Tentu saja email-email itu akan secara otomastis masuk ke dalam email utamamu. Ya, dengan demikian, halaman pesan masuk email akan terpenuhi dengan email-email yang kurang dibutuhkan dan menumpuk banyak hingga ribuan.


Jika sudah demikian, maka ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadikan beban bagimu, di antaranya adalah :

  • Sebagian orang merasa terganggu saat melihat banyak email yang menumpuk, apalagi email-email tersebut dirasa kurang diperlukan
  • Kapasitas yang disediakan google akan berkurang bahkan penuh, jadi memungkinkanmu untuk membeli kuota cadangan, karena seperti yang kamu ketahui bahwa pihak google hanya menyediakan kapasitas gratis sebesar 15 Gb tiap akun
  • Kamu akan bersusah payah untuk menghapus semua email yang tidak diperlukan itu dan pastinya akan menyita cukup banyak waktu, dan lainnya.


Jadi, sebelum hal demikian itu terjadi, maka tidak ada salahnya untuk unsubscribe atau berhenti berlanggganan pada setiap email yang tidak diperlukan.


Bagaimana Cara Unsubscribe Email Melalui PC ?

Adapun jika kamu melakukan ingin unsubscribe atau berhenti berlanggganan dari email masal yang masuk dengan dilakukan melalui PC atau komputer, maka silahkan simak langkahnya di bawah ini :

  1. Masuk ke akun gmail
  2. Buka setiap email yang ingin kamu unsubscribe atau berhenti berlangganan
  3. Klik "Unsuscribe" atau "Berhenti Berlangganan" pada bagian samping nama pengirim emailnya.
    Atau kamu bisa scroll isi email sampai ke bawah, cari link yang menunjukkan unsubscribe atau berhenti berlangganan, lalu klik link tersebut. Pada halaman baru yang terbuka, klik "Confirm" atau "Konfimasi".


Bagaimana Cara Unsubscribe Email Melalui Smartphone ?

Selain melalui PC atau komputer, kamu juga bisa melakukan unsubscribe atau berhenti berlangganan email di akun gmailmu melalui aplikasi gmail di smartphonemu. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Masuk ke aplikasi gmail di smartphone
  2. Buka setiap email yang ingin kamu unsubscribe atu berhenti berlangganan
  3. Klik tanda icon opsi (tanda titik tiga vertikal) di pojok kanan atas halaman pesan, lalu klik "Unsubscribe" atau "Berhenti Berlangganan".
  4. Atau kamu bisa scroll isi email sampai ke bawah, cari link yang menunjukkan unsubscribe atau berhenti berlangganan, lalu klik link tersebut. Pada halaman baru yang terbuka, klik "Confirm" atau "Konfimasi".


Tutorial Video Cara Unsubscribe Email Baik Melalui PC atau Smartphone

Untuk memperjelas tutorial tulisan di atas, maka kamu bisa menonton video di bawah ini, sehingga lebih memudahkan dalam melakukan unsubscribe atau berhenti berlangganan email yang tidak diperlukan :