Cara Membuat Video Playlist di Channel Youtube

Playlist merupakan daftar atau list video yang bisa kamu kumpulkan dalam satu grup di dalam channel youtubemu. Ya, tentu saja youtube memiliki fitur untuk memudahkan pengguna dalam menambahkan playlist ke dalam setiap channel youtube, baik itu berupa video-video di channel sendiri maupun video-video channel lain yang kamu sukai dan kamu koleksi, asalkan video-video itu masih termasuk video youtube.

Dalam membuat playlist di channel youtube, kamu bisa membuat judul yang menarik sehingga membuat viewer tergugah untuk melihat kumpulan video di dalamnya. Selain itu juga, kamu pun bisa menuliskan deskripsi mengenai tema playlist, ini akan memudahkan penonton untuk mengetahui tema dan isi video-video di dalam playlist yang telah kamu buat.

Tentu saja membuat playlist di channel youtube ini sangatlah berguna sebagai langkah awal agar video-video yang sudah kamu upload mendapatkan tambahan viewer. Kamu bisa menambahkan satu atau dua video-video channel lain yang sudah memiliki banyak viewers dan subscriber, lalu menyisipkan video yang sudah kamu upload sendiri.

Mengapa demikian ? karena video channel yang sudah tentu lebih menonjol di pencarian youtube atau bahkan di search engine. Nah, dengan menambahkan video viral dari channel lain ke dalam playlistmu, maka akan memudahkan viewer untuk menemukan video itu. Setelah mereka sudah masuk ke dalam playlist, tentu mereka pun akan melihat video milikmu sendiri di dalamnya, seperti itulah logikanya.

Cara Membuat Video Playlist di Channel Youtube
Sebenarnya, untuk membuat playlist di channel youtubemu dan menambahkan video-video lain sangatlah mudah, untuk itulah tutorial pada posting ini dibuat. Kamu bisa menyimak langkah-langkah sesuai poin-poin di bawah ini :

1. Masuk akun youtubemu
2. Klik profilmu di pojok kanan atas
3. Klik Youtube Studio
4. Klik Playlists
5. Klik New Playlist di pojok kanan atas
6. Isi kolom judul playlist, lalu klik Create
7. Pada sub No Description, klik tanda pena untuk mengedit, lalu tulis deskripsi playlist, klik Save
8. Klik tanda menu icon titik tiga di atas sub deskripsi, klik Add Videos
9. Tambahkan video yang kamu inginkan :
  • Pada menu Video Search, kau bisa menambahkan video yang ingin kamu cari di seluruh youtube
  • Pada menu URL, kamu bisa menambahkan langsung berdasarkan alamat URL video youtubenya
  • Pada menu Your Youtube Videos, kamu bisa menambahkan videomu sendiri
10. Klik Add Videos untuk menyimpan

Tutorial Video Cara Membuat Video Playlist di Channel Youtube
Jika kamu berkenan, kamu pun bisa melihat tutorial videonya yang sudah dipersiapkan di bawah ini agar lebih memudahkan dan memahami tutorial bentuk tulisan di atas dalam durasi yang singkat, simak videonya sampai selesai :