Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Pada zaman yang serba canggih ini, kamu tentu saja dapat membuat video sesuai keinginan dengan sangat mudah. Ya, kamu dapat merekam sebuah kegiatan dan aktivitas sehari-hari dengan kamera perekam atau merekam dengan smartphonemu. Lalu, kamu bisa mengedit hasil video itu, memberi beberapa animasi dan efek, tulisan, gambar, mengabung antara video satu dengan lainnya, dan lain-lain. Tentunya kamu memerlukan software editor video, baik berupa adobe premiere, corel video studio, camtasia, dan lain sebagainya.

Dan sebagai langkah terakhir, kamu mungkin bisa menyetel berapa kualitas video yang kamu butuhkan, misalnya dengan kualitas 720p60 atau 1080p60 untuk ukuran video youtube (angka 60 tersebut menunjukkan kualitas berdasarkan framerate) atau kualitas video lainnya yang kamu inginkan.

Namun, sayangnya sebagai hasil akhir video, kamu pasti menemui ukuran file video sangat besar. Katakanlah misalnya video berdurasi sekitar 15 menit dengan kualitas 720p60 bisa mencapai ukuran sekitar 700 - 900 Mb. Ya, cukup besar tentunya dan jika kamu hendak mengupload video itu ke youtube, pasti membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama, apalagi kamu menguploadnya menggunakan kuota data smartphone, pasti akan menyita banyak sekali data internetmu.

Tetapi, ada beberapa software lain yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran file video yang sudah kamu buat. Yang jelas kualitasnya pasti berkurang, tetapi jangan khawatir. Artinya, kualitas videonya hanya berkurang sangat sedikit seolah terlihat tidak berkurang sama sekali.

Nah, adapun software-software yang bisa membantumu untuk mengecilkan ukuran file video sehingga terlihat tidak mengurangi kualitas videonya adalah sebagai berikut ini :

1. Format Factory
Dengan menggunakan software format factory, kamu bisa mengubah eksistensi video yang sudah kamu buat, baik diubah menjadi bentuk .MP4, .MKV, .AVI, .3GP, dan lainnya. Tak hanya dikhususkan untuk mengubah bentuk, ukuran, dan format video saja, kamu pun bisa memilih menu lain untuk mengubah menjadi audio, gambar, dukumen, dan lainnya. Dan perlu diketahui juga, format factory ini adalah salah satu software yang bisa digunakan secara free alias gratis.

Nah, adapun cara mengecilkan ukuran file video dengan menggunakan format factory bisa disimak pada tutorial video di bawah ini :


2. VLC Media Player
Sesuai dengan namanya, sebenarnya VLC ini adalah salah satu software media player atau software untuk memutar video dan audio. Namun uniknya, ternyata di dalam software ini juga disediakan fitur untuk mengecilkan atau mengconvert ukuran file video menjadi lebih kecil lagi. Selain itu, software ini disediakan secara gratis alias free. Untuk tutorialnya, kamu bisa menonton video di bawah ini sampai habis :


3. Handbrake
Berbeda lagi dengan dua jenis software di atas, handbrake adalah salah satu software yang lebih dikhususkan untuk menconvert video. Di sini, kamu bisa menyetel kualitas video yang kamu inginkan dengan lebih banyak menu pilihannya, baik untuk ukuran berdasarkan keinginan, ukuran video web seperti youtube, vimeo, dan lainnya. Handbrake ini juga adalah salah satu software yang bisa dimanfaatkan secara free alias gratis. Dan adapun tutorial untuk mengecilkan atau mengconvert ukuran file video, bisa ditonton video tutorialnya di bawah ini :


Tanggapan :