Cara Memperbarui Artikel Lama Menjadi Artikel Baru

Blogger merupakan situs yang diberdayakan oleh perusahaan online besar di dunia yaitu Google. Dengan mengakses dan membuat akun blogger, setiap pengguna akan dapat membuat blog secara gratis yang biasa diembel-embeli pada akhirnya dengan .blogspot.

Dengan demikian kita pun tahu bahwa blogger atau blgspot merupakan wadah untuk membuat blog secara gratis dari beberapa plaftform penyedia blog gratis lainnya seperti wordpress dan lainnya. Salah satu keuntungan menggunakan blogger adalah kita dapat memperoleh kapasitas penyimpanan yang cukup besar (untuk saaat ini masih 15 Gb), yang pastinya mampu menyimpan banyak sekali gambar dan tulisan.

Selain itu juga, tidak ada batas berapa besar dan banyak pengunjung yang bisa mengakses setiap halaman, ini berbeda dengan wordpress berbayar dengan batas bandwitdh pada hostingnya. Artinya, jika kita membeli hosting 2 Gb untuk wordpress, maka besar halaman yang bisa diakses setiap pengunjung adalah harus kurang dari 2 Gb, selebihnya halaman akan terjadi error karena banyaknya pengakses. Namun, blogger atau blogspot tidak demikian, tanpa batas seberapa banyak pengunjung yang mengakses.

Pihak blogger sendiri juga memfasilitasi bagi setiap pengguna blogspot untuk mengupgrade domain, misalnya menjadi .com, .net, .us, dan lainnya. Demikian di atas merupakan beberapa keuntungan menggunakan plaftform blogger. Tetapi kelemahannya adalah pada masalah SEO yang perlu sedikit mengotak-atik kode HTMLnya.


Cara Memperbarui Artikel Lama Menjadi Artikel Baru di Blogspot

Berbicara tentang blogspot, pastinya akan sangat panjang lebar dalam posting. Untuk itulah di sini akan kita kerucutkan pada tutorial dasar dalam menggunakan flatform blogger yaitu cara memperbarui posting yang sudah lama menjadi posting yang paling baru.

Tentu saja bagi pemula dalam menggunakan blogspot, demikian itu merupakan sebuah permasalahan yang bisa ditemui. Artinya di sini kita memiliki posting yang sudah cukup lama dan kita ingin menerbitkan posting itu menjadi posting yang terbaru, misalnya tema dalam posting yang berkesesuaian dengan keadaan. Nah, caranya bisa disimak lebih lanjut seperti di bawah :

  1. Masuk ke dalam akun blogger
  2. Klik "Posts"
  3. Pilih posting yang ingin diterbitkan kembali, lalu klik judul posting itu
  4. Pada menu sebelah kanan, klik "Publised on" atau "Dipublikasikan pada"
  5. Atur tanggal, bulan, dan tahun sesuai keinginan
  6. Terakhir, klik "Publish" atau "Terbitkan"


Demikian tutorial untuk mempublikasikan kembali artikel yang sudah lama menjadi artikel yang terbaru. Namun, yang perlu dicatat di sini adalah link artikel itu akan tetap sama meskipun tanggal, bulan, dan tahun telah berubah karena sudah diperbarui. Itu karena link bersifat permanen, kamu hanya bisa mengatur dan mengganti link pada awal penerbitan posting saja.

Dan untuk tutorial berupa videonya, bisa dilihat pada video di bawah ini :

Tanggapan :