Cara Melakukan Track Blog di Google Analytics

Google Analytics merupakan salah satu tools online yang bisa dimanfaatkan untuk merayapi semua hal yang terkait interaksi online, seperti merayapi banyaknya pengunjung, dari mana saka pengunjung yang mampir, device yang paling banyak digunakan pengunjung, beberapa kata kunci (keywords) paling banyak dicari di blogmu, dan lain sebagainya.

Artinya, dengan memanfaatkan fasilitas Google Analytics yang serba gratis, maka kamu bisa mengetahui banyak informasi penting tentang blogmu di mesin pencari, sehingga tentu saja kamu bisa melakukan opmitasi serta memaksimalkan kinerja blogmu di mesin pencari.

Dan perlu dicatat juga bahwa Google Analytics tidak hanya digunakan untuk blog saja, tetapi juga untuk situs yang berbau bisnis online, seperti merayapi setiap video youtube, merayapi klik pada Google Adsense, dan juga banyak lagi.

Ya, memang tools tracking online atau perayapan blog tidak hanya Google Analytics, misalnya seperti histats, tetapi keuntungan merayapi blog dengan Google Analytics adalah tanpa disertai dengan kode script yang mungkin bisa melambatkan akses halaman blog. Kamu hanya perlu memasukkan kode Tracking ID di blogmu dari Google Analytics.


Cara Melakukan Track Blog di Google Analytics

Untuk itulah, tentu saja sebagai seorang blogger, saya sangat menyarankan serta merekomendasikan untuk melacak dan melakukan tracking blog melalui Google Analytics, berikut caranya yang telah diringkas menjadi 3 langkah :


Langkah Pertama : Buatlah Properti di Google Analytics

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun Google Analytics. Jika kamu sudah mempunyai akun Google, maka kamu hanya perlu masuk, lalu membuat property :

  1. Masuk ke halaman Google Analytics
  2. Klik menu "Admin"
  3. Pilih dan klik "Create Property"
  4. Masukkan nama property yang diinginkan pada kolom "Property Name"
  5. Pilih negara dan waktunya pada daftar "Reporting Time Zone"
  6. Pilih jenis mata uang negara di daftar "Currency"
  7. Klik "Show Advanced Options"
  8. Centang "Create a Universal Analytics Property"
  9. Masukkan URL blogmu pada kolom "Website URL"
  10. Centang "Create a Universal Analytics Property Only"
  11. Klik "Next"


Langkah Kedua : Mencari dan Copy Kode Tracking ID

Jika sudah melakukan langkah pertama di atas, maka kamu perlu menemukan kode Tracking ID lalu mengcopynya :

  1. Kembali pada halaman Admin (seperti halaman pada poin ke 3 di atas)
  2. Jika kamu membuat lebih dari satu property, maka klik icon segitiga di bawah menu "Create Property" lalu pilih nama property yang ingin cari kode Tracking IDnya. Tetapi, jika kamu baru saja membuat satu property, maka skip pon ini dan langsung saja pada poin ketiga di bawah
  3. Klik "Property Settings"
  4. Copy kode di bawah menu "Tracking ID"


Langkah Ketiga : Paste Kode Tracking ID ke Halaman Setting Blog

Jika kamu sudah mendapatkan kode Tracking ID dari Google Analytics, maka kamu perlu membuka akun blogmu :

  1. Masuk ke dashboarb blog
  2. Klik menu "Settings"
  3. Klik "Google Analytics Property ID"
  4. Paste kode Tracking ID yang sudah dicopy
  5. Klik "Save"


Jika ketiga langkah di atas sudah dilakukan, makan kamu bisa melihat informasi dan hasil perayapan dan pelacakan terkait blogmu di menu utama Google Analytics. Dan untuk mengetahui lebih jelas tentang ketiga langkah di atas serta bagaimana cara menganti-ganti property, silahkan tonton video tutorialnya di bawah ini :


Tanggapan :