Download Kitab Nadhom Aqidatul Awam (PDF)

Download Kitab Nadhom Aqidatul Awam (PDF)

Download Kitab Nadhom Aqidatul Awam (PDF) - Kitab nadhom ini disusun ke dalam bentuk bait-bait nadhom oleh Sayyid Ahmad Al-Marzuki (sekitar 1205 - 1281 H), yang telah diajarkan dari mimpi bertemu dengan Rasulullah SAW, bait-bait nadhom yang dihafalkan dari mimpi tersebut kemudian ditulis dan disusun menjadi sebuah kitab nadhom.

Baca selengkapnya : Sejarah dan Asal Usul Kitab Nadhom Aqidatul Awam.

Kitab ini merupakan salah satu kitab kecil yang di dalamnya mengajarkan tentang nilai-nilai dasar aqidah, tauhid, dan keimanan yang harus tetap dijaga oleh setiap umat Rasulullah SAW. Di antara topik dalam kitab nadhom meliputi : 

  1. Pembukaan (muqaddimah), 
  2. Pengenalan sifat-sifat wajib bagi Allah SWT
  3. Pengenalan sifat jaiz bagi Allah SWT, 
  4. Pengenalan sifat wajib bagi nabi dan rasul
  5. Pengenalan sifat yang mustahil bagi Allah SWT dan rasul-Nya
  6. Pengenalan 25 nabi yang wajib diketahui
  7. Pengenalan malaikat dan sifat-sifatnya
  8. Pengenalan kitab-kitab yang telah diturunkan Allah SWT
  9. Pengenalan hari akhir atau hari kiamat
  10. Pengenalan lebih dekat tentang keluarga Nabi Muhammad SAW
  11. Penjelasan singkat tentang isra' mi'raj
  12. Penutup

Kitab Nadhom Aqidatul Awam terdiri dari 57 bait yang telah diselesaikan pada tanggal 10 Syawal 1218 Hijriyah atau sekitar Hari Senin, 23 Januari 1804 Masehi. 

Dan sebagaimana yang sudah disinggung sedikit di atas, maka tentu saja kitab ini sangatlah cocok dipelajari serta diajarkan kepada semua muslim, khususnya kepada anak-anak, baik tingkat SD-MI maupun SMP-MTS, untuk memberikan penguatan terhadap pondasi keimanan di hati mereka. Karena hingga sampai saat ini pun, kitab ini masih dikaji di banyak pondok pesantren, madrasah diniyah, dan TPQ.


Download Kitab Nadhom Aqidatul Awam (PDF) dan Terjemah Indonesia

Adapun Kitab Nadhom Aqidatul Awam ini sudah disediakan gratis untuk diunduh secara online. Sedangkan file yang disediakan berformat PDF yang hanya disusun dalam Bahasa Arabnya saja. Adapun terjemahnya bisa diakses online pada link blog yang akan dicantumkan di bawah nanti.

Namun, sangat perlu sekali untuk dicatat bahwa Kitab Nadhom Aqidatul Awam yang berupa kitab nadhom dan syair, maka untuk mempelajarinya memerlukan guru ahli agar dapat memudahkan pemahaman dalam mengkajinya, meskipun terjemah Indonesianya sudah tersedia.

Tentu saja dengan harapan kepada Allah SWT, semoga dengan ini dapat memberikan manfaat secara umum, memperoleh berkah limpahan ilmu-ilmu Sayyid Ahmad Al-Marzuki, dan dipermudah menuju dalam kebaikan dalam lingkaran aqidah dan syariat agama Islam.

Langsung saja, untuk link download Kitab Nadhom Aqidatul Awam (PDF) dan terjemah Bahasa Indonesia bisa diakses pada link yang tersedia pada tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama kitab Nadhom Aqidatul Awam
Tema kitab Aqidah dan tauhid
Penyusun Sayyid Ahmad Al-Marzuqi
Format file PDF
Ukuran file 181 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Kitab Nadhom Aqidatul Awam
Terjemah Indonesia online Kitab Nadhom Aqidatul Awam