Download Kitab Wasiatul Musthofa (PDF)

Download Kitab Wasiatul Musthofa dan Terjemah Indonesia

Download Kitab Wasiatul Musthofa (PDF) - Dalam dunia pesantren, kitab-kitab kuning klasik merupakan media pembelajaran agama islam yang digunakan menggali, mengkaji, serta memahami agama islam secara mendalam. Pasalnya, buku dan kitab-kitab yang akrab dikenal oleh para santri dengan istilah "kitab kuning" merupakan tulisan agama secara ilmiah yang dituangkan dalam bentuk tulisan secara ikhlas oleh para ulama' dan para muallif demi menghidupkan syiar-syiar agama islam. Inilah adalah salah satu alasan mengapa para kyai lebih cenderung mengambil sumber kajian dari kitab-kitab kuning klasik dalam memberikan pengajaran mengenai agama islam.


Review Singkat Kitab Wasiatul Musthofa

Berkaitan dengan tema posting yaitu download kitab wasiatul musthofa dan terjemah Indonesia, serta ulasan singkat di atas, maka salah satu kitab yang sudah cukup dikenal oleh santri-santri pondok pesantren adalah Kitab Wasiatul Musthofa. Kitab Wasiatul Musthofa merupakan salah satu kitab klasik kecil dan sederhana yang memang sudah sering dikaji di pondok-pondok pesantren dan madrasah diniyah bagi santri-santri tingkat awal dan menengah, bahkan santri-santri menengah ke atas. 

Kitab ini disusun oleh Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy-Sya’rani Al-Anshari Asy-Syafi’i Asy-Syadzili Al-Mishri, atau lebih akrab dikenal dengan nama Syekh Abdul Wahab Asy-Sya'rani. Kitab Wasiatul Musthofa berisi tentang wasiat dan pesan-pesan akhlaqiyah dari Nabi Muhammad SAW kepada Sahabat Ali bin Abi Thalib ra, di mana setiap wasiat diawali dengan kalimat "Ya Ali" atau "Wahai Ali".

Dari sini, tentu saja kitab ini sangatlah cocok serta sesuai untuk dikaji oleh para santri sebagai penguat pondasi akhlaq, adab, dan tata krama baik berhubungan dengan Allah SWT maupun sesama makhluk-Nya. Adapun nilai-nilai akhlaq yang terkandung di dalam kitab ini di antaranya adalah :

  • ancaman terhadap perkara haram dan syubhat
  • adab dan fadhilah berwudlu
  • penjelasan singkat tentang puasa
  • keutamaan bershodaqoh
  • penjelasan tentang doa, istighfar, dan dzikir-dzikir
  • keutamaan jujur dan adab berteman
  • keutamaan taubat, menjaga lisan, malu, dan mencela dunia
  • tanda-tanda kebaikan dan tanda-tanda syirik, 
  • penjelasan mengenai doa-doa dan berbagai macam kebaikan lainnya.

Namun, perlu dicatat dan diketahui juga bahwa jika diihat dari segi matan hadits atau lafadz haditsnya, maka isi dari wasiat di dalam Kitab Wasiatul Musthofa sudah banyak perubahan, penambahan, dan pengurangan dari lafadz hadits aslinya. Tetapi hal ini tidaklah pantas dijadikan alasan untuk menghilangkan kebaikan dalam mengkaji kitab ini, mengingat nilai-nilai kebaikan dan akhlaq yang dikandung dalam kitab itu. Selain itu juga, Syekh Abdul Wahab Asy-Sya'rani yang merupakan muallif kitab ini merupakan salah satu waliyullah besar di masanya.

Nah, dengan demikian jika seorang ustad hendak mengkaji dan mengajarkan Kitab Wasiatul Musthofa ini, maka penting juga untuk menjelaskan mengenai perubahan wasiat dari matan hadits aslinya, karena mau tidak mau, kemurnian hadits adalah hal yang sangat penting untuk tetap dijaga sebagai bentuk kehati-hatian dan adab dalam menyampaikan hadits sendiri.


Download Kitab Wasiatul Musthofa(PDF) dan Terjemah Bahasa Indonesia

Akhirnya, sampailah pada topik utama yaitu download kitab wasiatul musthofa (PDF) dan terjemah Indonesia, yang telah disugihkan pada tabel di bawah ini beserta informasi mengenai filenya :

File Keterangan
Nama kitab Wasiatul Musthofa
Tema kitab Akhlaq
Penyusun Syekh Abdul Wahab Asy-Sya'rani
Format file PDF
Ukuran file 200 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Kitab Wasiatul Musthofa
Terjemah Indonesia online Kitab Wasiatul Musthofa

Demikian download kitab wasiatul musthofa (PDF), semoga dapat memberikan manfaat secara umum, terima kasih.