Download Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna' (PDF)

Download Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna' dan Terjemah Indonesia

Download Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna' (PDF) - Salah satu kitab kuning yang dikaji di beberapa pondok pesantren untuk santri kalangan dasar dan menengah adalah Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna', meskipun kitab ini termasuk jarang dikaji dibanding beberapa kitab kuning lainnya.

Kitab ini tidak hanya dikaji di pondok-pondok pesantren saja, tetapi terkadang juga dikaji di beberapa madrasah diniyah dan taman pendidikan Al-Qur'an sebagai pengajian tambahan untuk para santri. Saya sendiri secara pribadi telah mengaji kitab ini pada saat masih menginjak di MI (Madrasah Ibtidaiyah) dalam pengajian tambahan di sebuah TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an), meskipun pada waktu itu saya hanya "ngaji kuping" karena belum mengenal makna pesantren. Namun, setelah beberapa tahun selanjutnya, saya berhasil mengkhatamkan kitab ini di sebuah pondok pesantren dalam pengajiannya.

Nah, berkenaan dengan topik spesial inilah, maka rasanya cukup penting untuk sharing mengenai file Kitab Washoya Al-Aba' lil Abna' serta terjemah Bahasa Indonesianya agar dapat memberikan manfaat dan maslahah bagi banyak orang secara online. Untuk itulah dibuatlah posting dengan judul Download Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna' dan Terjemah Indonesia


Review Singkat Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna'

Kitab Washoya Al-Aba' lil Abna' merupakan salah satu karya Syekh Muhammad Syakir yang merupakan salah satu ulama' berbangsa Iskandary yang sudah cukup populer di kalangan para santri pondok pesantren.

Kitab Washoya Al-Aba' lil Abna' banyak diawali dalam setiap paragraf dengan kalimat "ya bunayya" (wahai anak kecilku). Kitab ini merupakan kitab nasehat dari seorang guru kepada santri atau muridnya yang mana sang guru di sini berposisi sebagai seorang ayah. Untuk itulah kitab ini dinamakan Kitab Washoya Al-Aba' lil Abna' yang artinya wasiat-wasiat dari para ayah (para guru) kepada anak-anaknya (santri-santrinya).

Kitab Washoya Al-Aba' lil Abna' terdiri dari 20 bab atau pelajaran yang di dalamnya mengajarkan tentang nasehat-nasehat akhlaq, baik akhlaq kepada sesama makhluk maupun akhlaq kepada Sang Pencipta, yang sangat cocok untuk diajarkan kepada para santri tingkat dasar dan menengah.

Adapun nasehat-nasehat akhlaq yang disampaikan di dalam kitab ini di antaranya mencakup : Pertama, akhlaq kepada sesama makhluk misalnya adab dan tata krama kepada guru, orangtua, dan teman-teman, akhlaq dalam belajar, berolahraga dan berjalan, makan dan minum, dan sebagainya. Kedua, akhlaq kepada Sang Pencipta, misalnya bertaqwa, hak kepada Rasulullah SAW, ikhlas karena Allah SWT, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengetahui setiap bab dalam file download yang nanti akan disediakan secara gratis.

Dan yang unik dalam Kitab Washoya Al-Aba' lil Abna' ini, Syekh Muhammad Syakir sebagai penulis kitab seolah memberikan pendekatan subjektif kepada para pengkaji kitab sebagai seorang penutut ilmu dengan jalan tafakkur, merenung, dan mengintropeksi diri.


Download Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna' (PDF) dan Terjemah Bahasa Indonesia

Dengan mengharapkan rahmat dan ampunan Allah SWT yang sangatlah luas rahmat dan ampunan-Nya, maka file kitab ini dan terjemah Bahasa Indonesianya dibagikan secara gratis untuk umum, yang salah satunya sebagai bahan pembelajaran. Adapun informasi mengenai link download kitab (foemat PDF) dan terjemah Bahasa Indonesianya bisa dilihat pada tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama kitab Washoya Al-Aba' lil Abna'
Tema kitab Akhlaq
Penyusun Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandary
Format file PDF
Ukuran file 421 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Kitab Washoya Al-Aba' lil Abna'
Terjemah Indonesia online Kitab Washoya Al-Aba' lil Abna'

Demikian Download Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna' (PDF), semoga dapat memberikan manfaat serta maslahah secara luas dalam khalayak umum, terkhusus memberikan manfaat tersendiri bagi penyusun file serta terjemahnya.

Wallahu a'lam bis showab.