Cara Optimasi Post Blog (Gambar, Meta Deskripsi, Tag H1 H2 H3 H4, dan Link)

Cara Optimasi Post Blog (Gambar, Meta Deskripsi, Tag H1 H2 H3 H4, dan Link) - Mengembangkan blog bukanlah semudah seperti yang diangan-angankan. Persaingan blog online dari masa ke masa semkain sengit, setiap blogger berupaya semaksimal mungkin untuk memaksimatkan blog di search engines. Blog-blog baru datang mencuat dan blog-blog lama tetap bertahan dan begitu seterusnya.

Nah, salah satu tutorial dasar yang sekiranya perlu untuk diketahui, khususnya bagi para pemula, adalah cara mengoptimalkan setiap post agar lebih dikenal seacrh engine. Untuk itulah di sini ada tutorial bagaimana cara mengoptimalkan post blog baik gambar, meta deskripsi, heading tags (h1, h2, h3, dan h4) dan link. Ini merupakan tutorial dasar yang harus dilakukan oleh setiap blogger, khususnya pemula.


Cara Optimasi Gambar di Post Blog

Gambar merupakan sesuatu yang bisa membantu setiap post memperoleh klik dari pengunjung di search engine. Pasalnya, banyak pula pengakses internet yang mencari informasi melalui gambar, jadi tentu saja ini akan sangat berguna. Nah, sebagai pengguna blogger atau blogspot, cara untuk mengoptimalkan gambar post bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pastikan gambar sudah diupload di post pengeditan
  2. Klik gambar, lalu klik tanda gerigi
  3. Pada kolom Alt Teks, isi dengan kalimat sesuai judul atau tema post
  4. Isi juga kolom Title Teks dengan kalimat serupa
  5. Pilih ukuran gambar yang akan ditampilkan di post blog, misalnya "x-large".


Cara Optimasi Pada Menu Post Settings di Blog

Pastikan setelah kamu membuat atau mengedit post, kamu akan melihat menu sebelah kiri yang menunjukkan menu pengaturan post yang akan kamu publikasi. Pastinya, menu pengaturan tersebut pun bisa berguna untuk membatu post lebih cepat terindek di search engine.

1. Pastikan Setiap Post Memiliki Label

Salah satu fungsi label di sini adalah memberitahu informasi kepada pengunjung tentang tema tertentu dalam blog, jadi sudah seharusnya untuk dicantumkan label di setiap post. Caranya adalah pilih label di opsi "Labels", jika belum ada silahkan tulis pada kolomnya.

2. Pastikan Pula Untuk Mengisi Lokasi

Mengisi kolom lokasi pada menu post settings ini bisa saja membantu menarget pengunjung. Selain itu, jika lokasi tertampilkan di posting blog maka akan memberitahu pengunjung pula lokasi tempat post blog itu dipublikasikan.

3. Pastikan Mengisi Search Description di Post Blog

Seacrh Description ini berfngsi untuk menampilkan deskripsi post di search engine. Jadi, pastikan untuk mengisi kolom search description dengan kalimat yang sesuatu dengan keyword di setiap post.

Namun, jika di post blog tidak tampil opsi search description, maka caranya adalah :

  1. Kembali ke dashboard blog
  2. Klik Settings
  3. Scroll ke bawah dan temukan opsi "Meta Tags"
  4. Klik "Enable seacrh description" (sampai terlihat berwarna hijau, bukan abu-abu)
  5. Isi kolom "Search Description" dengan deskripsi blog (bukan deskripsi post blog)


Cara Optimasi Heading Tags (H1, H2, H3, dan H4) di Post Blog

Bisa dikatakan bahwa search engine merupakan robot pencarian dengan dibekali algoritma online yang cukup sensitif dengan meta tags pada blog. Nah, cara optimasi heading tags (H1, H2, H3, dan H4) di post blog bisa dilakukan sebagai berikut ini : 

1. Cara Optimasi Tag H1

Tag H1 adalah judul utama dalam setiap blog dengan atribut "Major Heading", biasanya template yang digunakan di setiap blog sudah disetting oleh pembuat template sedemikian rupa. Pastikan mengisi Tag H1 dengan sekitar 7 kata menarik yang sesuai dengan tema dan keyword post blog

2. Cara Optimasi Tag H2, H3, dan H4

Jika tag h1 adalah judul utama, maka tag h2 adalah sub judul dari tag h1 di post blog, tag h3 adalah sub judul dari tag h2, dan tag h4 adalalh sub judul dari tag h3. Pastikan mengisi tag-tag judul tersebut dengan kata-kata sesuai keyword post blog agar lebih mudah diperhatikan search engine. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan di posting blog sudah ada sub-sub judul lalu block sub judul itu
  2. Klik menu atas post pengeditan blog dan pilih "Paragraph"
  3. Pilih "Heading" untuk tag h2
  4. Pilih "Subheading" untuk tag h3
  5. Pilih "Minor Heading" untuk tag h4


Cara Optimasi Link di Post Blog

Dalam hal ini, link terbagi menjadi 2 yaitu 

  • Link internal yang merujuk pada link di blog sendiri 
  • Link eksternal yang merujuk pada blog lain.

Nah, jika kamu mencantumkan link eksternal maka pastikan link tersebut dipakai dengan atribut nofollow. Mengapa ? karena link eksternal yang ada di blog merupakan titik merah bagi search engine :

  1. Centang "Open this link in a new window"
  2. Centang "Add 'rel=nofollow' attribute"
  3. Klik "Apply"


Nah, untuk membuat tutorial di atas lebih jelas, silahkan lihat tutorial videonya di bawah ini :

Tanggapan :