Review Star-Clicks, Scam atau Terpercaya ?

Star-Clicks merupakan salah satu situs PTC (Paid to Click) yang berpusat di Botanic Avenue, Belfast, Northern Ireland yang sudah dibangun sejak tahun 2008. Artinya, jika kamu ikut bergabung dengan situs PTC ini, setiap kali kamu mengklik iklan, maka kamu akan dibayar dan bisa dicairkan ke rekening bank. Di Indonesia, memang situs PTC ini kurang dikenal, tetapi cukup dikenal di negara-negara lain.


Review Star-Clicks, Scam atau Terpercaya ?

Berapa Nilai Iklan Star-Click Per Klik ?

Dan dibandingkan dengan situs PTC (Paid to Click) lainnya, memang situs Star-Clicks ini memberikan nilai yang cukup tinggi. Jika rata-rata situs-situs PTC lainnya memberikan nilai sebesar 0,001 $, maka star-click berani memberikan nilai 0,01 $ per klik atau sekitar Rp. 140.


Berapa Minimal Withdraw dan Apa Saja Metode Pembayaran di Star-Clicks ?

Bisa dikatakan bahwa star-clicks membatasi pembayaran yang akan dicairkan ke rekening bank, yaitu minimal 50 $. Adapun metode pembayaran dan withdrawnya bisa dilakukan dengan rekening Paypal, Wire Tranfer, dan Western Union. Ya, ini sangatlah wajar karena nilai withdrawnya cukup tinggi.


Bagaimana Cara Daftar di Star-Clicks ?

Cara daftarnya memang sangatlah mudah, kamu hanya butuh mengisi beberapa formulir pendaftaran dan membuat akun dengan username dan password yang kamu tentukan sendiri. Dan setelah itu, kamu bisa melakukan klik iklan berbayar di setiap harinya.


Apa Saja Jenis Akun di Star-Clicks ?

Star-clicks adalah situs PTC yang saat ini masih fokus pada pengklikan iklan saja, tidak ada survey, memainkan game online, dan lainnya. Ya, memang cukup berbeda dengan situs-situs PTC lainnya. Selain itu, ada hal penting juga yang perlu diketahui mengenai situs PTC satu ini, star-clicks menyediakan pengguna dengan 3 opsi akun, perbedaan ketiganya bisa dilihat pada gambar di atas :

Apa Saja Jenis Akun di Star-Clicks ?

1. Akun Silver

Akun silver ini diperuntukkan pada setiap member yang baru saja daftar di star-clicks. Dalam hal ini, member akan memperoleh 10 iklan setiap hari dengan nilai klik sebesar 0,01 per klik. Jadi, setiap harinya, member akan dibayar sebesar 0,1 jika telah menyelesaikan 10 klik pada iklan yang tersedia.

2. Akun Gold

Menurut tawaran star-clicks seperti pada gambar di atas, akun gold akan menghasilkan uang sebesar 5 $ - 6 $ per hari dan memperoleh fitus HTML Code yang bisa dipasang di blog atau website. Selain itu, setiap member baru yang ingin upgrade dari akun silver ke akun gold maka star-clicks memberikan promo. Jadi, setiap member akan dikenakan pembayaran sekitar 19,95 $ (untuk saat ini).

3. Akun Platinum

Adapun upgrade akun platinum sampai saat ini masih tersedia hanya di negara-negara terbatas dan Indonesia bukan salah satunya. Untuk itu tidak perlu saya jelaskan, kamu bisa lihat sendiri fitur-fiturnya pada gambar di atas.


Apakah Star-Clicks Scam atau Terpercaya ?

Ini mungkin menjadi poin paling penting dalam review star-clicks di sini, karena saya yakin yang dibutuhkan adalah mengetahui apakah situs PTC ini memang bisa benar-benar dipercaya atau memang scam. Sejujurnya, saya sendiri tidak bisa menjawabnya dengan tepat, namun poin-poin berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan apakah kamu akan memutuskan untuk bergabung atau mengurungkan untuk bergabung :

1. Jangan Terkecoh Dengan Tawaran Upgrade Akun Gold 5 $ Per Hari

Cobalah lihat promo akun gold pada gambar di atas, siapapun peminat PTC pun pasti akan tergiur. Sayangnya, ketika akun sudah diupgrade menjadi akun gold, iklan yang tersedia setiap harinya hanya sekitar 70 - 140 iklan. Jika di rata-rata per bulan, member akun gold hanya akan memperoleh sekitar 30 $ per bulan, bisa kurang bisa lebih.

2. Upgrade Akun Gold Hanya Berlaku Selama 1 Bulan

Memang penghasilan 30 $ per bulan dari star-click bisa dinilai cukup tinggi. Namun, pada gambar upgrade tersebut tidak dijelaskan bahwa upgrade akun gold hanya terbatas selama 1 bulan saja, meskipun demikian itu sudah dijelaskan di blog star-clicks sendiri, namun member lebih cenderung melihat gambar daripada membaca. Seharusnya pada gambar upgrade tersebut dijelaskan pula bahwa upgrade hanya berlaku 1 bulan.

Selanjutnya, kamu mungkin akan mendapatkan promo upgrade sebagai member pertama dengan nilai 19,95 $ (saat ini), namun kamu harus melakukan upgrade lagi bulan depan untuk mempertahankan akun goldmu yaitu sebesar 29,95 $ (untuk saat ini), bisa dengan tranfer uang atau sisa saldo di star-clicks.

Saya sendiri memang sudah pernah upgrade ke akun gold, sayangnya 1 bulan hanya memperoleh 35 $. Untuk melakukan upgrade lagi, saya harus mengurangi 29,95 $ dari saldo, jadi bisa dikatakan bahwa penghasilan bersih saya di star-clicks per bulan adalah sekitar 5 $. Sedangkan untuk mempertahankan akun gold dan memperoleh pembayaran pertama, setidaknya harus memiliki saldo 80 $. Jadi, perkiraan, untuk mendapatkan saldo sebesar 80 $ setidaknya kamu harus bekerja selama 10 bulan.

3. Fitur HTML Code Tidak Bekerja

Jika kamu bertanya, "star-clicks mempunyai fitur HTML Code yang bisa dipasang di blog, jadi dari HTML Code itu bisa menambah penghasilan 5 $ per hari ?". Menurut pengalaman, saya sendiri sudah mencobanya di blogspot, wix, weebly, dan di blog ini (domain berbayar). Untuk mengetesnya, saya mengklik iklan star-clicks sendiri di device yang berbeda dalam hari yang berbeda pula, tetapi hasilnya nihil. Ini hanya pengalaman saya, mungkin dalam kasus ini saya memang kurang beruntung dan tentu saja cukup kecewa di sini.

4. Banyak Member Yang Komplain Gagal Upgrade

Di beberapa review dan tutorial, baik youtube, forum, maupun blog, banyak yang menjelaskan bahwa upgrade ke akun gold berjalan tanpa kendala apapun, termasuk pengalaman saya sendiri. Namun, banyak sekali member yang komplain (baik di situs star-clicks sendiri, youtube, forum, dan lainnya). Mereka komplain setelah mentransfer uang sebesar 19,95 $, ternyata akun tidak berubah menjadi gold dan iklan yang tersedia masih 10 iklan. Jika kamu tidak percaya, cobalah membaca komentar mantan member star-cliks baik di situs star-clicks sendiri, youtube, forum, dan blog-blog online.

5. Respon Pihak Star-Clicks Mengecewakan

Para member star-clicks yang melakukan komplain juga menjelaskan bahwa mereka telah menghubungi admin support, tetapi tak memperoleh respon dan balasan. Sedangkan pengalaman saya sendiri, saya pernah komplain karena fitur HTML Code tidak bekerja dengan semestinya, mereka membalas email saya lebih dari 1 bulan setelah saya komplain dan itu pun tidak menjelaskan solusi mengenai fitur HTML Code.

Adapun masalah withdraw ke rekening bank, banyak tutorial (baik di youtube, blog, dan forum) menjelaskan bahwa pihak star-clicks benar-benar membayar member, tentu dibuktikan pula dengan bukti screenshot pembayarannya. Saya sendiri tidak tahu, apakah ada beberapa member yang pernah tidak dibayar atau semacamnya, karena saya yang sudah merasa kecewa sudah meninggalkan star-clicks dan mengiklaskan uang upgrade, waktu, dan tenaga untuk mengklik iklan.

Saya berharap bahwa posting ini bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk bergabung ke star-clicks. Dan terlepas dari pernyataan "star-clicks scam atau legit", saya kira kamu hanya akan membuang waktu jika bergabung di situs PTC ini. Ini kesimpulan yang bisa saya jelaskan, terima kasih.