Download Proposal Kegiatan Perlombaan HUT RI (Doc)

Bulan Agustus merupakan bulan penuh sejarah bagi segenap Bangsa Indonesia, di mana tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 silam, Bangsa Indonesia telah merayakan hari kemerdekaan dan terlepas dari tangan para penjajah negeri ini. Tentu saja para leluhur dan nenek moyang kita telah merasakan pahitnya penderitaan oleh para penjajah yang tak berperikemanusian dan tak berperikeadilan.

Selanjutnya, kemerdekaan Bangsa Indonesia bukanlah sesuatu yang mudah untuk dicapai, butuh begitu banyak perngorbanan dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para leluhur dan para pahlawan demi generasi Bangsa Indonesia. Untuk itulah, sebagai generasi yang menjunjung tinggi pengorbanan dan perjuangan para pahlawan, tentu kita semua hendaklah mengenang seberapa besar jasa-jasa mereka untuk generasi bangsa saat ini, serta meneruskan cita-cita luhur demi menumbuhkembangkan Bangsa Indonesia.


Kegiatan Perlombaan Agustus Sebagai Bentuk Pengenang Jasa Para Pahlawan

Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari paling bersejarah bagi Bangsa Indonesia, yaitu hari kelahiran sekaligus hari kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan dan meneruskan cita-cita luhur mereka adalah menyambut bulan paling bersejarah ini dengan senyuman dan penuh harapan.

Terkait dengan demikian itu, ada banyak cara yang harus dilakukan sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan, misalnya pelaksanaan upacara bendera merah putih, pengiriman doa kepada para pahlawan dan leluhur yang sudah mendahului dalam acara tahlilan atau semacamnya, pengadaan perlombaan di Bulan Agustus, pengadaan acara karnaval di beberapa kampung, sekolah, madrasah, dan diniyah islamiyah.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengenang pahitnya pengorbanan para leluhur serta besarnya penrjuangan para pahlawan yang telah dilakukan demi melepas Bangsa Indonesia dari tangan para penjajah


Unsur-Unsur Dalam Proposal Kegiatan Perlombaan HUT RI

Nah, terkait dengan tema pada posting kali ini yaitu tentang proposal pengajuan dana untuk kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tentu saja ada beberapa hal yang perlu untuk dicatat dalam pembuatannya. 

Proposal tersebut harus berisi informasi secara detail mengenai progam kerja yang akan dilaksanakan, sehingga pihak penerima proposal dapat mengetahui secara pasti progam kerja tersebut. Dengan demikian, hal itu akan menggugah pikiran mereka untuk mau mendukung progam kerja tersebut dengan mendistribusikan sebagaian dana kepada pihak pengaju proposal.

Adapun unsur-unsur pembuatan proposal dalam kegiatan perlombaan HUT RI di antaranya adalah sebagaimana berikut :

  1. Latar Belakang
  2. Nama Kegiatan
  3. Tujuan Kegiatan
  4. Dasar Kegiatan
  5. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  6. Penyelenggara Kegiatan
  7. Peserta Kegiatan
  8. Susunan Kegiatan Perlombaan
  9. Jadwal Kegiatan Perlombaan
  10. Susunan Kepanitiaan
  11. Rencana Anggaran Biaya
  12. Penutup

Demikian itu merupakan unsur-unsur penting dalam pemberi informasi kepada pihak penerima proposal atas detail kegiatan yang akan diselenggarakan (secara umumnya). Dengan membaca setiap detail informasi yang disampaikan di dalam proposal tersebut, pihak penerima proposal akan berasumsi bahwa itu adalah kegiatan yang penting yang harus diselenggarakan.


Download Proposal Perlombaan Peringatan HUT RI

Selanjutnya, Pelangi Blog akan membagikan contoh proposal pengajuan dana untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dan perlu dicatat bahwa contoh proposal ini bersifat umum dalam instansi atau organisasi kecil seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), organisasi karang taruna desa, dn semacamnya. 

Berikut contoh proposal kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati HUT RI :

Format File Doc (Microsoft Word)
Ukuran Kertas F4
Ukuran File 231 Kb
Link Download Proposal Perlombaan HUT RI
Format File Doc (Microsoft Word)
Ukuran Kertas F4
Ukuran File 237 Kb
Link Download Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)

Demikian contoh proposal kegiatan perlombaan 17 Agustus dalam rangka memperingati HUT RI, semoga bermanfaat dan dapat dmanfaatkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url