20 Ikan Hias Air Tawar Paling Populer Dipelihara

Memelihara ikan hias air tawar merupakan salah satu hobi yang cukup disukai oleh banyak orang di Indonesia. Pasalnya, memelihara ikan hias air tawar tidak hanya memiliki banyak manfaat sebagai salah satu penghias rumah, tetapi kebutuhan air tawar juga sangat mudah didapatkan. Inilah alasan mengapa ikan hias air tawar cukup banyak disukai untuk dipelihara di dalam aquarium atau kolam rumah.


Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Populer Dipelihara

Berbicara tentan ikan hias air tawar, pastinya kamu sudah tahu jenis-jenis ikan hias air tawar yang cukup banyak dan cukup populer dipelihara di Indonesia. Untuk itulah, di sini ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang direkomendasikan untuk dipelihara, baik di aquarium maupun di kolam-kolam kecil:

1. Ikan Mas Koki (Ikan Goldfish)

Bagi para pecinta ikan hias, ikan mas koki atau ikan goldfish ini sudah jelas tidak asing lagi. Umumnya, ciri khas ikan mas koki atau ikan goldfish adalah memiliki ekor yang panjang dan perut yang besar. Ikan mas koki atau ikan goldfish juga tergolong ikan omnivora, ia bisa memakan hewan-hewan kecil seperti cacing kecil dan juga tumbuhan seperti lumut.

2. Ikan Komet

Ikan komet merupakan jenis ikan mas koki (ikan goldfish) yang paling tua. Perbedaannya adalah jika ikan mas koki memiliki bentuk yang membulat karena perutnya besar, maka ikan komet berbentuk lansing dan lonjong. Ikan komet menjadi ikan hias air tawar yang banyak diminati, salah satu keindahannya adalah ekor dan siripnya yang bisa begitu panjang, bahkan melebihi tubuhnya sendiri.

3. Ikan Koi

Pada umumnya, ikan koi lebih cocok dipelihara di dalam kolam-kolam kecil daripada di dalam aquarium. Ikan koi juga tergolong ikan omnivora yang dapat memakan tumbuhan dan hewan-hewan kecil, seperti lumut dan cacing kecil. Ikan koi lebih suka hidup berkelompok dengan kawan-kawannya, sehingga memelihara mereka dan melihat warna-warni ikan di dalam kolam menjadi hobi yang disukai.

4. Ikan Molly

Ikan molly juga merupakan ikan hias air tawar yang banyak dipelihara, terutama karena harganya yang relevan murah. Meskipun ikan molly juga tergolong omnivora, namun ikan ini lebih cenderung memakan tumbuhan seperti lumut. Umumnya, ukuran panjang tubuhnya sekitar 6 sampai 15 cm. Molly betina memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada molly jantan. Sedangkan molly jantan memiliki ciri khas pada sirip atas dan sirip bawah yang lebih panjang. Ikan molly merupakan ikan yang sangat mudah beternak.

5. Ikan Balon

Ikan balon merupakan jenis dari ikan molly sebagaimana di atas. Namun, bedanya adalah ikan ini memiliki perut yang besar seperti balon. Ikan balon betina lebih besar dan lebih gemuk daripada ikan balon jantan, sedangkan balon jantan memiliki sirip atas dan sirip bawah yang lebih panjang.

6. Ikan Kipas (Ikan Guppy)

Selain ikan molly dan ikan balon (molly balon), ikan kipas juga merupakan ikan yang sangat mudah beternak. Ikan kipas betina memiliki ukuran yang lebih besar daripada ikan kipas jantas. Sedangkan ikan kipas jantan memiliki ekor dan sirip yang lebih indah dan panjang daripada ikan kipas betina.

7. Ikan Manfish

Ikan manfish juga menjadi ikan hias air tawar yang cukup populer dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki ciri khas yang cukup unik, tubuhnya berbentuk tips dengan dihiasi ekor dan sirip yang melebar seperti layar. Ikan manfish juga tergolong ikan omnivora, ia bisa memakan tumbuhan seperti lumut dan hewan-hewan kecil.

8. Ikan Platy

Ikan platy memiliki banyak ragam warna, mulai dari kuning, orange, putih. Ikan hias air tawar ini bisa tumbuh hingga mencapai 7 cm atau 2,8 inci. Biasanya, ikan platy dapat dicampur dengan ikan molly dan ikan kipas. Juga termasuk kategori ikan hias yang dengan mudah berkembangbiak.

9. Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup indah dengan variasi warna yang berbeda-beda, biru, merah, hitam, kuning, putih, orange, hijau, dan sebagainya. Ikan cupang ini biasanya menyendiri dan dikenal juga sebagai ikan petarung, ikan ini akan langsung bertarung apabila bertemu dengan ikan cupang lainnya yang dianggap menganggu wilayah kekuasaannya. Ia adalah jenis ikan predator yang akan memangsa hewan-hewan kecil seperti belatung, cacing kecil, nyamuk, lalat, bahkan memangsa anak-anak ikan hias lainnya.

10. Ikan Arwana

Ikan arwana juga merupakan salah satu jenis ikan hias yang biasa dipelihara di dalam aquarium rumah atau kantor. Ikan predator ini memiliki sisik-sisik yang mengkilap  dan variasi warna yang berbeda-beda tergantung jenis spesiesnya. Selain itu, ikan arwana merupakan ikan yang terbilang cukup besar sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar, ia bisa mencapai panjang sekitar 39 inci atau 91 cm.

11. Ikan Louhan

Ikan louhan juga menjadi salah satu ikan hias air tawar yang banyak dipelihara di dalam aquarium sebagai hiasan rumah. Ciri khas ikan louhan ini adalah memiliki bundukan tepat di atas kepalanya. Selain warnanya yang indah, sisik-sisiknya memiliki corak dan motif tertentu yang menambah warna indah di tubuhnya. Ikan louhan juga merupakan salah satu ikan hias predator yang lebarnya bisa mencapai renggang 5 jari manusia.

12. Ikan Oscar (Ikan Astronotus)

Ikan oscar atau juga disebut dengan nama ikan astronotus merupakan salah satu ikan hias air tawar yang banyak dipelihara di Indonesia. Ikan oscar juga memiliki corak warna sisik yang berbeda-beda tergantung spesiesnya. Ikan ini merupakan ikan omnivora yang juga memakan tumbuhan dan hewan kecil seperti lalat, ikan kecil, capung, dan lain sebagainya.

13. Ikan Lemon (Ikan Cichlid)

Ikan Lemon atau dikenal juga dengan nama ikan cichlid, merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang juga banyak diperjualbelikan di pasaran untuk dipelihara. Ikan ini tidak hanya cocok dipelihara di dalam aquarium, tetapi juga di dalam kolam-kolam kecil. Umumnya, ikan siklid ini berukaran sekitar 12 cm dan merupakan ikan omnivora yang memakan tumbuhan dan serangga kecil.

14. Ikan Pelangi (Rainbowfish)

Ikan pelangi atau juga dikenal dengan sebutan rainblowfish merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki warna tubuh yang indah dan menarik. Ikan pelangi ini juga digolongkan ke dalam ikan omvinora yang dapat memakan tumbuhan dan hewan-hewan kecil.

15. Ikan Diskus

Ikan discus juga sangat cocok dipelihara di dalam aquarium rumah. Bentuk tubuhnya yang gepeng dan tipis memang terlihat ia hidup di air laut, tetapi jangan salah bahwa ikan ini hidup di dalam air tawar. Ikan ini memang begitu cantik, tetapi ia butuh penyesuaian lingkungan agar tetap bertahan hidup dan merasa nyaman. Ikan diskus juga tergolong ikan hias air tawar yang bersifat omnivora dalam pakannya.

16. Ikan Black Ghost

Sesuai dengan namanya yang berarti hantu hitam, ikan black ghost memiliki corak warna berwarna hitam dan menjadi salah satu ikan hias air tawar yang tak kalah disukai. Ikan black ghost merupakan salah satu ikan karnivora yang biasa memangsa hewan-hewan dan serangga kecil, seperti capung, lalat, ikan-ikan kecil, cacing, dan lainnya.

17. Ikan Botia

Salah satu ikan hias yang juga laku di pasaran ikan hias adalah ikan botia. Ikan hias air tawar ini merupakan ikan biasanya hidup secara berkelompok dengan kawan-kawannya, serta banyak dijumpai di hulu-hulu sungai di daerah Kalimantan dan Sumatera. Ikan botia juga termasuk jenis ikan tawar yang bersifat omnivora dalam hal pakannya.

18. Ikan Pembersih Kaca

Sebenarnya,ikan pembersih kaca sangat banyak ditemukan di dalam sungai-sungai. Sebagaimana namanya, ikan pembersih kaca dapat memakan lumut dan kotoran yang menempel di dalam aquarium. Itulah mengapa ikan ini sering mengendap-endap di bawah atau di samping kaca aquarium.

19. Ikan Zebra

Pada umumnya, ikan zebra memang terlihat berwarna belang hitam dan putih seperti zebra, tetapi ada juga ikan zebra yang berwarna-warni. Yang jelas, ikan hias air tawar ini memiliki ciri khas bercorak seperti garis pada tubuhnya. Ikan zebra juga termasuk iklan omvinora yang biasa memakan lumut dan hewan-hewan kecil.

20. Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra ini merupakan ikan yang imut dan mungil, ada banyak warna yang menghiasi tubuhnya, sehingga ikan ini sangat disukai banyak pecinta ikan hias. Ikan neon tetra merupakan ikan omnivora, ia biasa memakan hewan-hewan kecil seperti jentik-jentik dan cacing kecil, dan juga lumut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url