Manfaat Smartphone Dalam Proses Pembelajaran

Manfaat Smartphone Dalam Proses Pembelajaran

Manfaat Smartphone Dalam Proses Pembelajaran - Manusia adalah makhluk yang dianugerahi oleh Tuhan dengan akal pikiran untuk dapat membedakan dengan makhluk hidup lainnya. Dengan akal itulah, manusia dapat lebih mudah beradaptasi terhadap lingkungan, berpikir dinamis, mengembangkan diri, dan memajukan komunitas.

Sepanjang berjalannya waktu, dinamika pola pikir manusia terus maju dan berkembang. Kemajuan perabadan manusia ini bisa kita rasakan melalui melesatnya teknologi internet dan mobile pada zaman sekarang. Pastinya, banyak hal yang dapat dilakukan secara lebih praktis dan instan melalui smartphone genggam.

Terkait dengan bidang pendidikan saat ini, ternyata smartphone membawa pengaruh begitu besar terhadap pembelajaran anak-anak sekolah, baik itu pengaruh yang baik maupun pengaruh yang buruk. Fakta ini merupakan sesuatu yang tak bisa disanggah dengan alasan apapun, karena kita bukan berbicara mengenai satu atau dua orang.


Manfaat Smartphone Dalam Proses Pembelajaran

Tak bisa dipungkiri lagi, kehadiran teknologi internet dan mobile sangatlah menunjang perkembangan di banyak bidang, khususnya bidang pendidikan. Smartphone tentu mendukung anak-anak sekolah dalam melalui proses pembelajaran, di antaranya :

1. Smartphone Mempermudah Untuk Menggali Informasi dan Pengetahuan

Smartphone merupakan device mobile yang mendukung terhubungnya koneksi internet dan secara praktis dapat dibawa kemana pun pergi. Di internet sendiri terdapat banyak sekali konten-konten pendidikan, baik berupa artikel pendidikan, video pembelajaran, e-book, dan lain sebagainya.

Tentu saja hanya dengan segenggam device mobile kecil, anak-anak sekolah memungkinkan untuk mencari bahan-bahan dan materi-materi pembelajaran, baik di dalam maupun di luar jam pelajaran formal. Dengan demikian, anak-anak sekolah tidak hanya merespon pembelajaran dari pendidik saja, tetapi juga dapat mencari serta mendapatkan pengetahuan dari belajar sendiri.

2. Manfaat Smartphone Sebagai Media Pembelajaran

Dalam kaca mata umum, media pembelajaran bisa diartikan sebagai perantara dan sarana untuk melalui proses belajar mengajar. Artinya, smartphone memang berfungsi sebagai media pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik. 

Dan karena hal inilah, banyak sekolah yang mengizinkan siswa-siswanya untuk membawa smartphone dalam catatan sebagai media untuk belajar, misalnya mengerjakan tugas dan ujian online. Mengapa tidak menggunakan komputer atau laptop saja ?. Jawabannya adalah karena menggunakan smartphone jauh lebih praktis, bahkan tidak semua sekolah memiliki fasilitas komputer lengkap.

Selain itu, manfaat smartphone sebagai media pembelajaran juga bisa dilaksanakan di rumah masing-masing tanpa harus berada di sekolah. Misalnya pelajaran ekstra dengan menggunakan aplikasi zoom, pembelajaran online yang diterapkan pada saat wabah covid-19, les privat online, dan lain sebagainya.

3. Manfaat Smartphone Sebagai Ajang Bakat dan Kreasi

Selain sebagai sarana dan media belajar, smartphone juga bermanfaat untuk menumbuhkembangkan bakat dan kreasi anak-anak sekolah dalam bidang tertentu. Ini jelas cukup penting, pasalnya kita hidup di dalam era internet dan mobile.

Ada banyak cara untuk menyalurkan bakat dan ide kreatif dengan menggunakan segenggam smartphone, misalnya pembuatan vlog, konten-konten video pembelajaran, website dan blog, desain pamflet, desain banner kecil, dan lain sebagainya. Hasil-hasil usaha yang telah dilakukan itu tidak hanya bermanfaat bagi siswa itu sendiri, tetapi juga dapat mengharumkan nama sekolah dalam lalu lintas publik.

4. Smartphone Memberi Kesan Pembelajaran Tidak Monoton

Berbeda dengan zaman dulu, "membaca, menulis, dan mendengar" adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh ayah dan kakek kita. Sayangnya, anak-anak sekolah di era milenial ini lebih cenderung merasa bosan dengan motode tersebut. Ya, anak-anak sekolah di era milenial ini lebih respect pada pembelajaran visual dan aksi. Sehingga, menelisik dari ketiga manfaat di atas, smartphone dapat memberi sedikit warna dalam metode dan model pembelajaran bagi anak-anak sekolah.

5. Manfaat Smartphone Sebagai Hiburan Dalam Kejenuhan

Melanjutkan manfaat smartphone pada poin keempat, menjalani proses pembelajaran yang berlangsung cukup lama, bagi anak-anak sekolah adalah hal yang menjenuhkan dan melelahkan pikiran. Untuk itulah, setiap pendidik dianjurkan melakukan relaxing pada semua peserta didik di dalam kelas, entah bagaimana pun caranya.

Mari kembali pada topik mengenai manfaat smartphone dan proses pembelajaran. Sebenarnya, tanpa disadari, smartphone dapat memberikan sedikit hiburan atas rasa jenuh dan lelahnya pikiran yang dirasa oleh setiap peserta didik.

6. Manfaat Smartphone Sebagai Media Kompetisi Online

Olimpiade merupakan salah satu ajang kompetisi pembelajaran untuk dapat mengukur dan menentukan seberapa jauh lembaga pendidikan sekolah telah menumbuhkembangkan pendidikan pada peserta didiknya. Dengan menyelenggarakan olimpiade, panitia pendidikan dapat mengetahui kualitas pembelajaran antara lembaga sekolah satu dengan lembaga sekolah lainnya.

Saat ini, olimpiade pendidikan dapat diselenggarakan dengan lebih mudah dan praktis melalui media internet. Panitia pendidikan dapat membuat pengumuman pendaftaran dan proses pelaksanaan olimpiade secara online. Dengan demikian, manfaat smartphone dapat dirasakan dalam aktivitas-aktivitas di luar proses pembelajaran formal.

7. Smartphone Mendukung Kegiatan Intra dan Esktra Sekolah

Setiap lembaga pendidikan sekolah pasti memiliki kegiatan-kegiatan intra seperti kegiatan OSIS dan kegiatan-kegiatan ekstra seperti pramuka, band, futsal, voli, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan proses pembelajaran bagi peserta didik secara non formal.

Pada poin ini, manfaat smartphone dapat membantu mendukung kegiatan-kegiatan tersebut. Misalnya, menyampaikan pengumuman kegiatan, komunikasi rapat kerja, pembelian online alat-alat pendukung kegiatan, dan lain sebagainya. Ini menunjukan manfaat smartphone yang secara signifikan dapat mendukung terselenggaranya kegiatan-kegiatan tersebut dengan lebih mudah.

8. Smartphone Membantu Menjalin Hubungan Baik Antara Pendidik dan Peserta Didik

Sebuah komunikasi aktif memainkan peran penting dalam terjalinnya hubungan baik antara satu orang dengan lainnya, begitu pula pendidik dan peserta didik. Dalam hal ini, manfaat smatphone sebagai media komunikasi dapat ditunjukkan pada bagaimana peserta didik bertanya dan menyampaikan pendapat pada pendidiknya, baik tentang materi pelajaran, kegiatan sekolah, permasalahan kelas, dan lainnya, begitu juga sebaliknya.

Dengan terciptanya komunikasi aktif maka akan terjalin hubungan baik antara pendidik dan peserta didik. Hubungan baik antara keduanya adalah suatu yang dirasa sangat penting untuk menciptakan proses pembelajaran dengan lebih harmonis.