Mari Belajar Dari Seekor Semut

Tahukah kamu semut ?. Mereka adalah kawanan hewan kecil yang rukun dan saling bekerja sama. Ada...


Tahukah kamu semut ?. Mereka adalah kawanan hewan kecil yang rukun dan saling bekerja sama. Ada beberapa hal yang harus kita contoh dari kawanan semut :

1.  Mereka saling bekerja sama dan membantu
Semut adalah hewan yang bekerja dalam kelompok, dan mencari makan bersama. Kita mungkin pernah dan beberapa kali melihat kawanan semut yang menggotong sebuah makanan besar. Mereka tidak menggotong makanan dengan dirinya sendiri, mereka melakukannya dengan bekerja sama dan gotong-royong. Mengangkat makanan itu bersama-sama dan membawanya ke dalam lubang sarang mereka. Bahkan saat seekor semut merasa terganggu dan terancam, maka semut yang lain pun ikut berpartisipasi membantu. Hendaklah kita bisa mengambil pelajaran terhadap semut. Istilah semut mungkin sangat cocok jika dikaitkan dengan sebuah peribahasa “ringan sama dijinjing, berat sama dipikul”.

2.  Solidaritas yang tinggi
Apakah kamu pernah melihat semut hitam kecil ?. Saat semut satu bertemu dengan semut lainnya, terlihat seolah mereka berjabat tangan dan saling menyapa. Ikatan persaudaraan mereka sangat kuat. Tidak seperti hewan lainnya, tidak pernah sesama jenis semut saling berebut atau saling bertarung karena makanan atau pasangan. Mereka hidup dalam jumlah ratusan bahkan ribuan, tetapi tidak pernah ada konflik internal di dalam kawanan mereka. Mereka hidup bersama dengan rukun dan tidak pernah ada kecurangan.

3.  Optimis dan semangat bekerja
Kawanan semut selalu bersemangat dalam bekerja dan mengumpulkan makanan. Sejauh manapun makanan itu berada, mereka tetap masih mencarinya dalam sebuah kawanan. Berbeda dengan hewan lainnya, meskipun mereka sudah kenyang tetapi mereka masih terus bekerja dan mengumpulkan makanan, mereka tidak bermalas-malasan dan berhenti bekerja.

4.  Ideologi yang sama
Jumlah kawanan semut sangat banyak, meskipun demikian mereka memiliki ideologi yang sama. Mereka bekerja dan mengumpulkan makanan sebanyak mungkin untuk  persiapan di musim yang akan datang. Mereka juga setia bekerja demi induk mereka, mereka tidak pernah protes apalagi melawan. Mereka bergerak dan bekerja dengan giat karena prinsip kekelompokan. Tidak ada seekor semut dari kawanan semut yang menyeleweng dan bekerja karena dirinya sendiri. Saat mereka mencium makanan, maka mereka akan menyerbu dan membawa makanan itu ke dalam lubang sarang mereka.

5.  Pantang menyerah
Saat kawanan semut sedang menyerang seekor serangga yang lebih besar, mereka akan terus menyerang dan menggigit sampai serangga itu mati. Meskipun banyak yang terluka, tetapi mereka masih terus menyerang dan melumpuhkan serangga itu. Pernahkah kamu digigit seekor semut ?. Saat kita digigit seekor semut, semut itu akan terus menggigit meskipun kita sudah mengusirnya. Naluri mereka untuk bertahan adalah semangat yang harus kita contoh.

6.   Pemberani dan gigih
Semut merupakan salah satu hewan yang tergolong pemberani, dilihat dari tubuh mereka yang kecil. Semut akan melakukan apapun untuk mendapatkan makanan meski makanan itu berada di sarang serang yang besar. Terkadang mereka juga berani menantang dan menyerang serangga yang lebih besar daripada mereka. Semut bahkan tidak takut melakukan sesuatu demi apa yang mereka kehendaki meskipun itu harus dibayar dengan nyawa mereka.

Nah, dari beberapa uraian di atas maka banyak hal positif yang bisa kita contoh dari seekor semut terutama pada bagian nomor satu. Itu adalah hal penting yang manusia sendiri belum bisa melakukannya secara 100%. Bahkan jika dibanding kehidupan semut, kehidupan manusia masaih tertinggal jauh. Semut bisa saling bekerja sama dan membantu satu sama lain, mereka memiliki solidatiritas yang tinggi terhadap sesama jenis, dan lain sebagainya. Tapi mengapa manusia tidak bisa seperti mereka, padahal manusia memiliki akal untuk berpikir sedangkan mereka tidak ??? Ini akan menjadi PR bagi kita, para manusia.




Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Mari Belajar Dari Seekor Semut
Mari Belajar Dari Seekor Semut
http://4.bp.blogspot.com/-hyvUrbRKfZQ/Ut6wvIjte3I/AAAAAAAAADI/qAzicJQWprU/s1600/394px-Love_Heart_symbol.svg.png
http://4.bp.blogspot.com/-hyvUrbRKfZQ/Ut6wvIjte3I/AAAAAAAAADI/qAzicJQWprU/s72-c/394px-Love_Heart_symbol.svg.png
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2014/01/mari-belajar-dari-seekor-semut.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2014/01/mari-belajar-dari-seekor-semut.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy