6 Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Semut

Semut merupakan hewan kecil yang selalu bekerja berkelompok pada umumnya, meskipun ada beberapa jenis semut yang penyendiri. Mereka adalah kawanan hewan kecil yang rukun, saling bekerja sama, dan saling membantu yang bisa kita ambil pelajaran dari kehidupan mereka.

1.  Semut Saling Bekerja Sama dan Saling Membantu

Semut adalah hewan yang bekerja dalam kelompok, dan mencari makan bersama. Kita mungkin pernah dan beberapa kali melihat kawanan semut yang menggotong sebuah makanan besar. Mereka tidak menggotong makanan dengan dirinya sendiri, mereka melakukannya dengan bekerja sama dan gotong-royong. Mengangkat makanan itu bersama-sama dan membawanya ke dalam lubang sarang mereka. Bahkan saat seekor semut merasa terganggu dan terancam, maka semut yang lain pun ikut berpartisipasi membantu. Hendaklah kita bisa mengambil pelajaran terhadap semut. Istilah semut mungkin sangat cocok jika dikaitkan dengan sebuah peribahasa “ringan sama dijinjing, berat sama dipikul”.

2.  Semut Memiliki Solidaritas Yang Tinggi Pada Sesama

Apakah kamu pernah melihat semut hitam kecil ?. Saat semut satu bertemu dengan semut lainnya, terlihat seolah mereka berjabat tangan dan saling menyapa. Ikatan persaudaraan mereka sangat kuat. Tidak seperti hewan lainnya, tidak pernah sesama jenis semut saling berebut atau saling bertarung karena makanan atau pasangan. Mereka hidup dalam jumlah ratusan bahkan ribuan, tetapi tidak pernah ada konflik internal di dalam kawanan mereka. Mereka hidup bersama dengan rukun dan tidak pernah ada kecurangan.

3.  Semut Selalu Optimis dan Semangat Bekerja

Kawanan semut selalu bersemangat dalam bekerja dan mengumpulkan makanan. Sejauh manapun makanan itu berada, mereka tetap masih mencarinya dalam sebuah kawanan. Berbeda dengan hewan lainnya, meskipun mereka sudah kenyang tetapi mereka masih terus bekerja dan mengumpulkan makanan, mereka tidak bermalas-malasan dan berhenti bekerja.

4.  Semut Memiliki Ideologi Sama

Jumlah kawanan semut sangat banyak, meskipun demikian mereka memiliki ideologi yang sama. Mereka bekerja dan mengumpulkan makanan sebanyak mungkin untuk  persiapan di musim yang akan datang. Mereka juga setia bekerja demi induk mereka, mereka tidak pernah protes apalagi melawan. Mereka bergerak dan bekerja dengan giat karena prinsip kekelompokan. Tidak ada seekor semut dari kawanan semut yang menyeleweng dan bekerja karena dirinya sendiri. Saat mereka mencium makanan, maka mereka akan menyerbu dan membawa makanan itu ke dalam lubang sarang mereka.

5.  Semut Tak Kenal Menyerah

Saat kawanan semut sedang menyerang seekor serangga yang lebih besar, mereka akan terus menyerang dan menggigit sampai serangga itu mati. Meskipun banyak yang terluka, tetapi mereka masih terus menyerang dan melumpuhkan serangga itu. Pernahkah kamu digigit seekor semut ?. Saat kita digigit seekor semut, semut itu akan terus menggigit meskipun kita sudah mengusirnya. Naluri mereka untuk bertahan adalah semangat yang harus kita contoh.

6.   Semut Pemberani dan Gigih

Semut merupakan salah satu hewan yang tergolong pemberani, dilihat dari tubuh mereka yang kecil. Semut akan melakukan apapun untuk mendapatkan makanan meski makanan itu berada di sarang serang yang besar. Terkadang mereka juga berani menantang dan menyerang serangga yang lebih besar daripada mereka. Semut bahkan tidak takut melakukan sesuatu demi apa yang mereka kehendaki meskipun itu harus dibayar dengan nyawa mereka.

Nah, dari beberapa uraian di atas maka banyak hal positif yang bisa kita contoh dari seekor semut terutama pada bagian nomor satu. Itu adalah hal penting yang manusia sendiri belum bisa melakukannya secara 100%. Bahkan jika dibanding kehidupan semut, kehidupan manusia masaih tertinggal jauh. Semut bisa saling bekerja sama dan membantu satu sama lain, mereka memiliki solidatiritas yang tinggi terhadap sesama jenis, dan lain sebagainya. Tapi mengapa manusia tidak bisa seperti mereka, padahal manusia memiliki akal untuk berpikir sedangkan mereka tidak ??? Ini akan menjadi PR bagi kita, para manusia.