Kegagalan Diri Berarti Kegagalan Bisnis Anda

Tidak ada manusia yang bisa mengetahui apa rencana Tuhan kepada hamban-Nya. Bahkan apa yang sudah manusia rencanakan dengan rapi, terkadang gagal sebelum ia menggapainya. Manusia memang berkewajiban untuk melakukan usaha, tetapi hanya Tuhan yang mampu menentukan hasil akhir dari usaha mereka. Sebaik apapun rencana manusia, belum tentu berakhir seperti yang mereka harapkan, hanya Tuhan yang mengetahui hasil akhir dari rencana itu.

Di sini, saya ingin berbicara tentang kegagalan dalam sebuah bisnis. Anda tentu pernah mengalami kegagalan atas apa yang sudah Anda rencanakan dengan rapi dan matang. Ini sangat disayangkan jika Anda telah berjuang dengan keras untuk menumbuhkan sebuah bisnis dan akhirnya harus hancur tanpa belum bisa meraih keberhasilannya. Nah, mungkin Anda memiliki pertanyaan dalam diri Anda, mengapa ini terjadi ? Apa kesalahan dari rencana bisnis saya ? Apakah saya memang tidak layak untuk mendapatkan keutungan ? dan beribu-ribu pertayaan datang memutari kepala Anda. Tentu saja, jawabannya sangat dalam karena banyak factor internal dan external yang mempengaruhinya. 


Anda adalah pelaku bisnis

Mari kita mengerucutkan akar permasalahan ini pada faktor internal dalam diri Anda sebagai pelaku bisnis. Tetapi, saya menggaris bawahi bahwa topik yang akan kita bicarakan ini tidak berhubungan dengan campur tangan Tuhan. Kita sebagai manusia adalah pelaku bisnis, dan kita tidak tahu apa yang Tuhan rencanakan untuk bisnis kita, berhasil atau gagal. Point utama dalam topik ini adalah usaha Anda. Tanpa usaha dan kerja keras Anda, bisnis tidak akan berjalan sesuai dengan bayangan. Jadi, Anda memegang peran penting sebagai subjek utama bagi perkembangan bisnis Anda.


Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras

Anda adalah subjek yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang kegagalan karena diluar sana banyak orang sukses yang berhasil membangun bisnis setelah mengalami beberapa kali kegagalan. Tidak ada jalan pintas untuk menuju puncak, Anda harus bekerja keras dan menghadapi beberapa hambatan dan kesulitan sebelum mencapai puncak. Jika Anda gagal lalu menyerah, maka jalan Anda akan terputus sampai di sana.


Jangan menyerah dan melepaskan tangan Anda

Hambatan akan selalu datang, rintangan akan selalu menghadang, dan kesulitan akan selalu menemani jalan Anda, tetapi Anda tidak boleh menyerah. Anda tahu petani padi ? Mereka bekerja keras di tengah terik matahari untuk menggarap ladang. Mereka tanpa lelah mencangkul tanah yang luas. Mereka mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya untuk merawat lading dan padi selama berbulan-bulan hanya untuk panen sehari. Entah berapa banyak tetes keringat yang menetes dari tubuh mereka karena kepanasan. Bahkan jika mereka gagal panen, mereka akan menanam lagi untuk mendapatkan hasil panen yang baik pada musim berikutnya. Jika mereka menyerah, maka mereka tentu tidak akan bisa memanen padi pada musim panen berikutnya. Anda juga bisa menjadi seperti petani yang bekerja keras untuk mendapatkan panen. Anda harus tetap tegar dan teguh dalam menghadapi kegagalan bisnis. Anda harus bangkit dan belajar dari kegagalan Anda.


Kegagalan adalah langkah awal dari keberhasilan

Kalimat tersebut sering terdengar bahkan ketika Anda masih bersekolah di sekolah dasar, bukan ?. Ya, ini memang benar, kegagalan bukan jalan terakhir untuk bisnis Anda, tetapi langkah awal yang harus Anda tempuh untuk mengembangkan bisnis dan mencapai keberhasilan. Anda harus belajar dari kegagalan dan mengevaluasi sekaligus merevisi langkah selanjutnya.


Jika diri Anda gagal, maka bisnis Anda pun gagal

Menyerah karena kegagalan sama saja menghentikan jalan untuk berbisnis. Keberhasilan dalam bisnis Anda bisa saja menjadi sebuah kemudahan yang didapatkan dalam waktu sekejab, tetapi mempertahankannya adalah hal yang sangat sulit dan membutuhkan mental yang kuat. Kesuksesan bisnis adalah sebuah perjalanan panjang yang harus dipertahankan. Anda bisa membaca kisah dari orang-orang yang telah sukses dalam waktu yang panjang. Satu ciri nyata dari orang sukses adalah bangkit setelah kegagalan. Mulailah dari diri Anda dan bangkitlah, ulurkan dangan Anda, dan percayalah bahwa Anda bisa melakukanya.