Apa itu Sidebar Blog? Apa Manfaat Sidebar Blog?

Apa itu Sidebar Blog? Apa Manfaat Sidebar Blog?

Apa itu Sidebar Blog? Apa Manfaat Sidebar Blog? - Dalam beberapa kesempatan online, baik browsing atau membaca sebuah artikelblog, kita pasti pernah membaca istilah "sidebar blog". Dalam sebuah halaman blog, sidebar blog adalah area kecil yang terletak di sisi kanan atau sisi kiri konten utama. Meskipun ukurannya kecil, sidebar blog ternyata dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pemilik blog dan pembaca.


Mengenal Apa itu Sidebar Blog

Sidebar blog adalah area kecil (kolom vertikal) yang menampilkan informasi tambahan yang relevan dengan konten utama. Area kecil (kolom vertikal) ini terletak di sisi kiri atau kanan halaman. Jika kamu melihat ada sebuah informasi dalam halaman yang terletak disebelah kiri atau kanan, baik berupa posting-posting populer, posting terbaru, media sosial, maka area itulah yang disebut dengan sidebar blog.

Namun, jangan salah bahwa banyak pemilik blog yang tidak menampilkan sidebar di halaman blog mereka. Ada pula yang menampilkannya di sisi kanan saja, sisi kiri saja, atau sisi kanan dan sisi kiri. Ada pula yang menampilkan sidebar hanya di halaman artikel, tetapi sidebar tidak ditampilkan di halaman utama blog. Itu semua tergantung template yang digunakan.


Fungsi dan Manfaat Sidebar Blog

Sidebar blog memiliki beberapa fungsi penting dalam pengembangan blog. Sidebar blog biasanya menampilkan widget-widget blog yang berfungsi memberitahu informasi mengenai blog agar meningkatkan keterlibatan pengunjung pada blog tersebut.

Nah, karena sidebar blog berisi widget-widget tambahan, maka manfaatnya juga sama dengan widget-widget tersebut. Saya sudah menjelaskan tentang pengertian, fungsi, dan manfaat widget pada posting sebelumnya, baca lebih lanjut mengenai widget: Apa itu Widget: Pengertian, Contoh, dan Fungsi.


Komponen Umum dalam Sidebar Blog

Sidebar blog dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemilik blog, tetapi ada beberapa komponen (widget) umum yang sering ditemukan di dalamnya:

  • Popular Posts: Ini adalah widget yang ditampilkan untuk menunjukkan artikel-artikel blog yang paling sering dikunjungi, baik berdasarkan tahun, bulan, atau mingguan.
  • Recent Posts: Ini adalah widget yang ditampilkan untuk menunjukkan artikel-artikel terbaru yang baru saja dipublikasikan.
  • Tags dan Labels: Widget ini menampilkan label dan tag artikel. Tags dan labels sendiri berfungsi memudahkan pengujung dalam menelusuri konten berdasarkan topik atau minat tertentu.
  • Iklan: Ini adalah widget tambahan dengan memasukkan semcam kode iklan agar iklan dapat tampil di sidebar blog. Posisi pletakan iklan di sidebar blog merupakan posisi strategis yang membantu pemilik blog mendapatkan tambahan penghasilan dari blog.
  • Arsip Bulanan: Widget arsip bulanan memungkinkan pengunjung untuk menemukan artikel yang telah terlewati berdasarkan bulan dan tahun.
  • Kotom Pencarian: Widget kolom pencarian memungkinkan pengunjung untuk mencari artikel atau topik tertentu di blog melalui sebuah kata kunci yang dimasukkan.

Pastinya, masih banyak sekali komponen sidebar blog yang dapat ditampilkan. Demikian di atas, hanyalah sebagian contoh saja.


Tips Membangun Sidebar Blog yang Efektif

Untuk membangun sidebar blog yang efektif, pemilik blog perlu mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya:

1. Pastikan Pengunjung Dapat Membaca Teks Sidebar Dengan Jelas

Pastikan teks dari widget yang ditampilkan dapat mudah terbaca dan terlihat dengan jelas. Gunakan ukuran font dan kontras warna yang sesuai agar pembaca tidak kesulitan membaca informasi di sidebar.

2. Jangan Berlebihan Memasang Widget di Sidebar Blog

Jangan terlalu membanjiri sidebar dengan memasang terlalu banyak widget. Demikian pula, hindari memasang widget-widget yang tidak perlu di sidebar blog. Selain membuat bingung pengunjung, memasang widget berlebihan (atau widget yang tidak diperlukan) dapat membebani kcepatan loading blog. Jika kecepatan loading blog lambat, pengunjung akan mudah menutup halaman blog dan pergi. Ini tentu dapat mempengaruhi peningkatan trafik blog dan juga mempengaruhi penghasilan.

3. Sesuailkan Widget dengan Ukuran Sidebar Blog

Pastikan pula untuk menempatkan widget dengan mengatur sesuai ukuran sidebar. Misalnya, ukuran panjang sidebar adalah 300px, maka selayaknya widget yang ditampikan panjangnya tidak melebihi 300px. Jika tidak, tampilan blog akan menjadi amburadul. Kamu juga bisa memasang widget-widget yang bersifat responsive bisa sesuai dengan ukuran sidebar.


Cara Memasang Widget di Sidebar Blogger

Pada link (paling atas) mengenai pengertian widget di atas, saya sudah menjelaskan lebih detail tentang cara memasang widget di blog. Namun, pada posting ini saya akan megulanginya lagi. Berikut cara paling mudah memasang widget di sidebar blog:

  1. Login ke akun Blogger.
  2. Klik “Layout” atau “Tata Letak”.
  3. Pilih area sidebar, lalu klik “Add a Gadget” atau “Tambahkan Gadget”.
  4. Pilih jenis widget sesuai selera, lalu klik “Save” untuk menyimpan.

Apabila kamu ingin memasang widget dengan bentuk kode (seperti JavaScript atau HTML), misalnya untuk menambahkan widget iklan, tombol like dan follow media sosial, maka silahkan pilih “HTML/JavaScript” lalu letakkan kode itu kolom “Content” (Konten).


Mengoptimalkan SEO Melalui Sidebar Blog

Selain memberikan manfaat bagi pengunjung, optimasi sidebar blog dengan tepat juga dapat meningkatkan trafik dan peringkat SEO. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan SEO melalui sidebar blog:

1. Gunakan Link Internal di Sidebar Blog

Link internal adalah link yang mengarah pada blog itu sendiri. Link internal sangat berpengaruh baik bagi perkembangan trafik blog di Search Engine (Mesin Pencari). Semakin banyak pengunjung yang mengklik link internal, peluang trafik blog akan semakin meningkat. Google Search Engine sendiri menganggap itu sebagai hasil keterlibatan pengunjung dengan blog, sehingga dapat meningkatkan trafik blog.

Jadi, pastikan untuk menambah widget di sidebar blog dengan link-link internal, seperti popular posts, recent posts, feature posts, dan lainnya. Selain itu, pastikan pula link-link internal tersebut beratribut “dofollow” dengan "tag H1". Ini akan lebih dapat mengikat ketertarikan algoritma Google Search Engine.

2. Hindari Memasang Widget Berisi Link Eksternal di Sidebar Blog

Link eksternal adalah link yang mengarah ke blog lain. Blog yang memiliki banyak link eksternal memiliki reputasi buruk di mata Google Search Engine. Jika link eksternal tampil di halaman blog (seperti di sidebar, navigasi menu, artikel, atau footer), maka akan semakin berpeluang besar diklik oleh pengunjung.

Ini akan menurunkan peringkat blog di mata Google Search Engine. Jika memang mengharuskan mencantumkan link eksternal, seperti link ke media sosial, maka pastikan link-link tersebut diatur dengan atribut “nofollow”.

3. Hindari Memasang Widget Yang Tidak Diperlukan di Sidebar Blog

Memasang widget di halaman blog (di sidebar blog dalam bahasan ini) pasti akan menambah berat loading blog. Perlu diketahui juga bahwa Google Search Engine sangat menyukai blog dengan akses cepat. Ini menunjukkan blog tersebut benar-benar mengutamakan kenyamanan pengunjung.

Jadi, untuk meningkatkan SEO melalui sidebar blog, pastikan tidak memasang widget terlalu banyak dan memasang widget yang diperlukan saja. Tips SEO sidebar ini sangatlah membantu dalam meningkatkan trafik blog.

4. Jangan Memasang Widget Arsip di Sidebar Blog

Meskipun link-link arsip adalah link internal, tetapi URL halaman arsip di Google Search Engine ternyata menjadi duplikat sampah yang diindeks. Bisa dikatakan juga bahwa URL halaman arsip adalah URL sampah yang telah diindeks. Banyaknya duplikast URL arsip akan secara perlahan menggeser peringat halaman artikel asli. Inilah alasan mengapa banyak blogger memblokir indeks URL arsip di Google Search Engine.

5. Jangan Berlebihan Menampilkan Iklan di Sidebar Blog

Menghasilkan uang melalui blog merupakan harapan para blogger pada umumnya. Ingat, hakekat blogging bukan tentang meperoleh penghasilan banyak, tetapi memberikan informasi dan kenyamanan pada pengguna.

Pemasangan iklan terlalu banyak (terutama di sidebar blog pada bahasan ini) akan berpengaruh buruk pada loading blog. Blog akan semakin lambat diakses, sedangkan akses lambat akan berpengaruh buruk pada reputasi blog di Google Search Engine.


Kesimpulan

Sidebar blog adalah komponen penting dalam desain sebuah blog dan dapat memberikan manfaat bagi pemilik blog serta pengunjung. Dengan menyajikan informasi tambahan, elemen interaktif, dan navigasi yang mudah sidebar blog dapat meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengunjung. Demikian kesimpulan dalam artkel mengenai apa itu sidebar blog? apa manfaat sidebar blog?, semoga membantu.