Apa itu Widget ? Bagaimana Menampilkan Widget ?

Apa itu Widget ?

Widget merupakan sebuah aplikasi yang di pasang pada web atau blog dengan menggunakan beberapa kode. Widget biasanya bisa berupa gambar, flash, video, dan lainnya. Kita pun bisa mendapatkan banyak widget menarik yang telah disediakan oleh setiap situs, atau kita bisa menyebutnya widget bawaan. Kita pun bisa mendapatkannya dari beberapa situs penyedia widget berbayar atau situs penyedia widget gratisan.


Seperti apa contoh widget ?

Kita pun bisa melihat banyak widget di beberapa sidebar web atau blog, biasanya bisa berupa jam waktu, tanggal, video, penampilan jumlah visitor, penampilan peringkat pagerank, dan lain-lain. Jika kita melihat banyak gadget di suatu situs, itu adalah contoh dari widget. Secara umum mengenai dunia internet, widget dan gadget hampir sama, tetapi biasanya widget lebih sering ditujukan pada kode-kode HTML atau CSS yang dipasang di sidebar situs.


Apa fungsi widget ?

Adapun fungsi widget sebenarnya sangat banyak yang diantaranya adalah memberikan informasi kepada pengunjung tentang situs tersebut, memberikan hiasan pada blog agar terlihat lebih menarik dan indah, dan lainnya. Fungsi widget hampir sama dengan fungsi sedebar karena widget memang diletkkan di berbagai sidebar web atau blog, silahkan pelajari selengkapanya di Apa itu sidebar blog ? Apa manfaat sidebar ?


Bagaimana cara menampilkan widget ?

Dini mungkin saya hanya akan mencontohkan cara menampilkan widget pada blogspot, karena saya sendiri seorang pengguna blogspot. Adapun cara menampilkan widget di blogspot adalah sebagai berikut :

1.  Masuklah pada aku blog kamu
2.  Masuk dashboard blog
3.  Klik “Layout” atau “Tata letak”
4.  Di setiap kolom gadget, klik “Add gadget” atau “Tambahkan gadget” 
5. Lalu akan muncul tap baru, kita bisa memilih beberapa tampilan gadget pada menu “Other gadget” atau “Gadget lainnya”. Atau jika kita mengambil widget/gadget dari situs widget gratisan yang sudah menyediakan kodenya, silahkan klik “Dasar-dasar” pilih “HTML/Java script” lalu masukkan kodenya dan klik “Save” atau “Simpan” seperti gambar di bawah ini :