Apa itu Widget: Pengertian, Contoh, dan Fungsi

Apa itu Widget: Pengertian, Contoh, dan Fungsi

Apa itu Widget: Pengertian, Contoh, dan Fungsi - Dalam dunia internet, kita mungkin sering membaca dan mendengar istilah “widget”. Ini adalah istilah yang tak lagi asing dan biasa ditemukan di beberapa artikel web. Nah, pada artikel ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai pengertian widget secara umum. Kemudian akan saya jelaskan pula mengenai fungsi dan manfaat widget dalam suatu web atau aplikasi.


Apa itu Widget?

Widget merupakan elemen kecil tambahan yang dapat ditempatkan dan dipasang di dalam halaman sebuah web atau aplikasi tertentu. Dalam praktiknya, widget biasanya dipasang sebagai alat tambahan di sidebar, header, footer, atau area lain dalam halaman web atau aplikasi. Widget juga tampil secara terpisah meskipun berada dalam satu layar atau halaman.

Widget dapat menampilkan berbagai jenis konten, seperti teks, gambar, video, formulir, dan URL. Dalam sebuah web dan aplikasi, pengguna dapat menampilkan widget dengan menggunakan berbagai macam pengkodingan, seperti kode CSS, HTML, JavaScript, Non JavaScript, Java, dan lainnya.


Apa Saja Jenis dan Contoh Widget?

Selanjutnya, agar lebih dapat memahami tentang istilah widget, maka di sini saya akan memberikan jenis dan contoh widget yang bisa ditemui dalam banyak kasus:

Jenis dan Contoh Widget Di Halaman Web dan Aplikasi

Ada banyak jenis dan contoh widget yang bisa ditemui di halaman suatu web atau aplikasi smartphone, di antaranya adalah:

  • Widget Search: Widget ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung melakukan pencarian di dalam web atau aplikasi tersebut.
  • Widget Kalender: Widget ini berfungsi untuk menampilkan waktu (hari, tanggal, bulan, dan tahun) pada halaman web atau aplikasi.
  • Widget Teks: Widget ini berfungsi untuk menampilkan teks yang dapat diatur oleh penggunanya sedemikian rupa.
  • Widget Popular Posts: Widget ini berfungsi untuk menampikkan artikel-artikel yang paling banyak dikunjungi dalam waktu tertentu, baik seminggu, sebulan, atau all time. Baca selengkapnya: Cara Menampilkan Popular Posts di Blog.
  • Widget Contact Form: Widget ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk menghubungi dan mengirim pesan pada pemilik web atau aplikasi.
  • Widget Live Chat: Widget ini berfungsi agar pengunjung bisa secra langsung melakukan chat secara online kepada pemilik web atau aplikasi.
  • Widget Media Sosial: Widget ini berfungsi untuk menghubungkan pengunjung dengan akun media sosial pemilik web atau aplikasi, baik facebook, youtube, twitter, tik tok, instagram, pinterest, dan lainnnya.
  • Widget Menu: Widget ini berfungsi untuk menyajikan menu, topik, dan kategori tertentu dalam sebuah web atau aplikasi.

Saya rasa jenis dan contoh widget yang telah disebutkan sudah mewakili, meskipun masih banyak sekali jenis dan contoh widget lainnya.

Jenis dan Contoh Widget Di Halaman Layar Smartphone

Tanpa disandari, sebenarnya halaman layar smartphone yang kita gunakan sehari-hari tertampilkan berbagai macam jenis dan contoh widget:

  • Widget Penelusuran: Widget ini berfungsi agar pengguna smartphone dapat melakukan browsing dan penelusuran dengan lebih mudah. Biasanya, para developer smartphone telah mengatur penelusuran Google sebagai widget default penelusuran. Hal ini dikarenakan Google merupakan Search Engine paling besar di seluruh penjuru dunia.
  • Widget Kalender: Widget ini berfungsi untuk menampilkan hari, tanggal, bulan, dan tahun di halaman uatama layar smartphone.
  • Widget Jam: Widget ini berfungsi untuk menampilkan waktu (jam) di halaman utama layar smartphone.
  • Widget Cuaca: Wdget ini berfungsi untuk memberitahu pengguna smartphone akan cuaca saat ini dan prediksi cuaca ke depannya.
  • Widget Aplikasi Smartphone: Widget ini berfungsi menampilkan berbagai macam aplikasi yang telah diinstall di dalam smartphone.


Apa Manfaat dan Fungsi Widget?

Secara umum, ada banyak fungsi dan manfaat widget dalam sebuah web atau aplikasi. Adapun fungsi dan manfaat widget yang bisa ditemui, di antaranya:

1. Widget Memberi Nilai Performa Lebih Menarik

Dengan memasang beberapa widget yang dibutuhkan dalam sebuah web atau aplikasi, maka itu akan memberikan tampilan dan performa lebih menarik. Performa sebuah web dan aplikasi akan menjadi lebih visual, berwarna, dan bervariasi. Performa web atau palikasi dengan nilai visual tinggi terbukti lebih disukai oleh pengunjung atau penggunanya.

2. Widget Dapat Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Fungsi widget sebenarnya adalah sebagai media user interface, yaitu memberikan hubungan baik antara pengguna dan sistem. Widget yang ditampilkan di halaman web atau aplikasi akan memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Tak hanya itu, pengunjung web atau pengguna aplikasi akan kenyamanan. Dengan demikian, widget dapat meningkatkan pengalaman pengunjung web atau penguna aplikasi.

3. Widget Dapat Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Melanjutkan manfaat dan fungsi widget pada poin kedua, kenyamanan yang dirasa oleh pengunjung web atau pengguna aplikasi akan meningkatkan keterlibatan dan interaksi mereka. Akhirnya, fungsi user interface ini akan menghasilkan proses interaktif antara pengguna dan sistem. Misalnya, widget live chat atau widget berita terkini, dapat meningkatkan keterlibatan pengunjung dengan memfasilitasi interaksi langsung dan memberikan konten yang relevan dan menarik.

4. Widget Dapat Meningkatkan Trafik, Konversi, dan Penjualan

Widget dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan minat dan ketertarikan pengunjung atau pengguna. Minat dan ketertarikan ini akan berdampak baik bagi sistem itu sendiri. Misalnya dalam sebuah web, navigasi widget yang telah diatur secara profesional telah terbukti dapat mempengaruhi trafik web, konversi pemasaran, dan nilai penjualan.


Bagaimana Cara Menampilkan Widget di Blogger?

Ulasan singkat di atas adalah ulasan umum mengenai widget. Pada topik ini, saya ingin mengulas widget dengan mengerucutkan pembahasan pada platform Blogger. Ini karena saya sendiri menggunakan platform blogger untuk menulis artikel ini. Ada 2 cara agar pengguna blogger dapat menampilkan widget di blog mereka:

1. Menambah dan Mengedit Widget di Halaman Layout (Tata Letak)

Cara paling sederhana dan mudah untuk menampilkan widget di akun Blogger adalah dengan menambah, mengedit, atau menggantinya di halaman layout (tata letak):

  • Masuk ke dashboard blogger.
  • Klik menu ”Layout” (Tata Letak)
  • Klik “Add a Gadget” (Tambahkan Gadget)
  • Pilih widget yang ingin ditampilkan sesuai kebutuhan.

Ada banyak jenis widget yang telah disediakan oleh platform Blogger, mulai dari teks, labels, popular posts, pencarian, dan lainnya. Namun, apabila ingin menambahkan sebuah widget dengan bentuk kode, maka bisa dipilih “HTML/JavaScript”.

2. Melakukan Editing Kode HTML di Template Blogger

Untuk menampilkan, menambah, atau mengganti widget di akun Blogger, maka cara kedua adalah dengan melakukan editing kode HTML di template blogger:

  • Masuk ke dashboard blogger.
  • Pilih menu “Theme” (Tema).
  • Klik tanda segitiga terbalik di samping “Costumize” (Sesuaikan), lalu klik “Edit HTML”.
  • Silahkan lakukan pengeditan dan pengkodingan kode HTML.

Ini adalah cara menampilkan widget yang digunakan oleh para profesional yang betul-betul memahami pengkodingan (kode HTML). Namun, bagi para pengguna biasa, cara pertama saya kira lebih tepat dan lebih mudah, meskipun tidak bisa seleluasa cara kedua ini.


Kesimpulan

Widget merupakan sebuah elemen tambahan yang bsia dipasang atau ditempatkan sesuai kebutuhan. Fungsi utama widget adalah mengutamakan kenyamanan dan kepentingan pengguna. Jadi, hindari menampilkan widget yang tidak perlu atau menampilkan widget secara berlebihan. Ini akan dapat merusak mood pengguna untuk berinteraksi dengan sistem.

Demikian artikel tentang apa itu widget: pengertian, contoh, dan fungsi, semoga dapat menyuguhkan informasi bermanfaat tentang apa itu widget dan apa fungsi widget, terima kasih.