Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar di Blog

Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar di Blog

Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar di Blog - Di era digital pada saat ini, persaingan blogging semakin ketat dan padat. Banyak sekali pengguna blog yang melakukan usaha tertentu untuk tetap bertahan dan mengembangkan blog mereka agar memperoleh trafik di mesin pencari.

Salah satu cara yang dilakukan adalah menanam backlink di banyak situs web atau blog lain. Harapannya adalah agar banyak pengunjung yang datang dari backlink-backlink yang telah ditanamkan tersebut. Sayangnya, di antara mereka melakukan trik penanaman backlink yang salah dan terbilang merugikan pemilik blog lain.

Di antara trik menanam backlink yang tidak tepat adalah mengirimkan komentar-komentar spam. Terkait komentar spam, saya sendiri sudah menjelaskan cukup panjang mengenai pengertian dan kerugiannya, silahkan baca: Apa itu Komentar Spam? Bagaimana Mengatasinya?.

Nah, salah satu upaya untuk mencegah adanya komentar spam yang secara tidak sengaja dipublikasikan adalah dengan menyetel mederasi komentar di blog.


Apa itu Moderasi Komentar di Blog?

Fitur moderasi komentar di blog adalah fitur untuk menahan setiap komentar yang dikirim oleh pengunjung blog. Dengan mengaktifkan moderasi komentar, setiap komentar akan tertahan di halaman komentar akun Blogger. Dengan demikian, pengguna dapat memeriksa, meneliti, dan memutuskan mana saja komentar yang layak untuk dipublikasikan, serta mana saja komentar yang layak untuk dihapus.


Apa Manfaat Mengaktifkan Moderasi Komentar di Blog?

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, fitur moderasi komentar memungkinkan pengguna untuk menyaring setiap komentar yang masuk sebelum dipublikasikan. Sehingga, manfaat mengaktifkan moderasi komentar di blog adalah untuk mencegah komentar spam dan semacamnya agar tidak terpublikasikan.

Dengan adanya sistem moderasi komentar ini, pengguna blog dapat menghapus semua komentar yang terindikasi spam, tidak sopan, tidak senonoh, dan lain sebagainya. Sehingga, komentar-komentar yang dipublikasikan adalah komentar-komentar sehat yang memberi nilai tambah terhadap isi artikel blog.


Bagaimana Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar di Blog?

Setiap platform penyedia blog pasti menyediakan fitur atau sistem moderasi komentar di dalamnya, termasuk platform Blogger. Sistem moderasi komentar dapat diakses dan disetel di dalam halaman pengaturan akun blog. Adapun cara untuk mengaktifkan moderasi komentar di blog adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke dalam Dashboard Blogger
  2. Klik menu “Settings”
  3. Scroll ke bawah sampai pada opsi “Comments”
  4. Klik “Comment moderation”
  5. Pilih “Always”
  6. Klik “Save”.
  7. Klik “Email moderation requests to”
  8. Masukkan alamat emailmu.

Setelah tersimpan, maka secara otomatis, setiap komentar yang masuk akan tertahan untuk direview dan disaring oleh pengguna blog. Pengguna dapat menentukan apakah komentar-komentar tersebut disetujui untuk dipublikasikan atau tidak. Demikian pula, setiap komentar yang masih tertahan tidak akan muncul di artikel.

Nah, coba perhatikan opsi terakhir (opsi kedelapan). Kamu bisa memasukkan email yang berbeda dengan akun Bloggermu. Email tersebut digunakan untuk mendapatkan notifikasi atas setiap komentar yang masuk.


Di mana Menemukan Komentar Yang Ditahan?

Untuk saat ini, platform Blogger tidak memiliki fitur notifikasi di dalam akun atas setiap komentar yang masuk. Fungsi email tersebut (pada opsi kedelapan di atas) adalah untuk menerima notifikasi via email setiap komentar yang masuk.

Nah, untuk mengetahui banyaknya komentar yang masuk, kamu dapat mengetahuinya di menu “Comments”. Caranya adalah seperti di bawah ini:

  1. Masuk ke dalam Dashboard Blogger
  2. Klik menu “Comments”
  3. Pilih “Awaiting Moderation”

Setiap komentar masuk yang tertahan ada di dalam halaman tersebut. Pengguna dapat menentukan dan memutuskan mana saja komentar yang layak untuk dipublikasikan atau dihapus.


Apakah Moderasi Komentar Sangat Efektif Mengatasi Komentar Spam?

Mengaktifkan moderasi komentar di blog tidak dapat sepenuhnya mengatasi komentar spam. Pasalnya, komentar-komentar spam (termasuk komentar berisi link) masih dapat masuk. Namun, dengan mengaktifkan moderasi koemntar, pengguna dapat mengantisipasi dan menghapus komentar yang dinilai spam. Artinya, mengaktifkan moderasi komentar spam dapat membantu mencegah komentar spam.

Coba baca artikel berikut ini:
7 Cara Mencegah Komentar Spam di Blog.
Cara Mematikan Link Aktif di Komentar Blog.


Kesimpulan

Moderasi komentar di blog dapat membantu pengguna untuk mencegah komentar spam dan sejenisnya terpublikasikan secara otomatis. Dengan mengaktifkan moderasi komentar, pengguna dapat menyaring setiap komentar yang dikirim oleh pengunjung, baik mempublikasikan atau menghapus komentar tersebut. Hal ini sangatlah penting untuk menerapkan blog dalam kondisi sehat dan terbebas dari komentar spam.