Fungsi dan Cara Membuat Moderasi Komentar Blog

PelangiBlog.Com - Moderasi komentar adalah sebuah sistem di blog yang berfungsi untuk menyaring komentar-komentar yang masuk dari pengunjung sebelum diterbitkan. Komentar-komentar yang didapatkan di blog Anda akan secara otomatis masuk ke halaman moderasi komentar blogger. 

Dengan menggunakan moderasi komentar tersebut, Anda bisa melihat banyaknya komentar yang masuk dan memutuskan untuk mempublikasikan atau menghapus komentar tersebut. Moderasi komentar bukan hanya bisa dilakukan di blogger saja, tetapi juga di beberapa blog seperti wordpress, joomla, dan lainnya tergantung dari pemilik blog, diaktifkan atau dinonaktifkan.


Apa Fungsi Moderasi Komentar Blog ?

Moderasi komentar sangatlah penting bagi kesehatan blog Anda di Seacrh Engine karena banyaknya spammer yang meninggalkan komentar-komentar yang tidak relevan. Anda bisa mengetahui leih lanjut tentang apa itu komentar spam di Apa itu Komentar Spam ? Bagaimana Cara Mengatasinya ?.

Nah, berikut fungsi moderasi komentar blog :
  1. Komentar yang masuk akan disaring terlebih dahulu sebelum diterbitkan, keputusan untuk menerbitkan atau menghapus komentar ada di tangan Anda
  2. Mencegah upaya para spammer komentar
  3. Agar blog Anda terbebas dari komentar spam

Untuk itu, publikasikanlah komentar yang baik dan hapus komentar yang tidak relevan, sesuai dengan aturan berkomentar blog secara umumnya, baca lebih lengkap 5 Aturan Dan Kriteria Komentar Blog Yang Baik, Sopan, Dan Ramah.


Nah, Bagaimana Membuat/Mengaktifkan Moderasi Komentar Blog ?

1. Login ke akun blogger
2. Masuk Dashboard
3. Klik “Setelan
4. Lalu Klik “Pos dan Komentar”
5. Pada pilihan Moderasi Komentar, klik “Selalu
6. Simpan setelan


Bagaimana Cara Mengetahui Masuknya Komentar Blog Ketika Moderasi Komentar Diaktifkan ?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa komentar yang masuk akan secara otomatis berada di halaman moderasi komentar, langkahnya mengetahuinya sebagai berikut :

1. Login ke akun blogger
2. Masuk Dashboard
3. Klik “Komentar
4. Klik “Menunggu moderasi