Apa itu Komentar Spam ? Bagaimana Mengatasinya ?

Apa itu komentar spam ? Sebenarnya, para blogger mengartikan komentar spam dengan banyak versi...

Apa itu komentar spam ?

Sebenarnya, para blogger mengartikan komentar spam dengan banyak versi. Yang jelas, komentar spam adalah komentar yang dideteksi oleh sistem mederasi atau proteksi komentar pada sebuah situs sebagai komentar yang tidak sesuai dan tidak relevan. Blog Spam atau komentar spam menjadi masalah besar bagi para blogger. Setiap situs yang menampilkan jenis tautan halaman atau menggunakan teks hyperlink dalam isinya dapat dengan mudah menjadi sasaran blog spammer.


Apa saja kategori komentar spam ?

1.  Komentar yang berisi sebuah link
Mungkin ini sering kita temui di beberapa komentar blog kita, orang lain menanamkan sebuah link di komentar kita dengan tujuan menarik kita untuk berkunjung ke link tersebut.

2.  Komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel
Misalnya artikel kita menjelaskan tentang kesehatan, sebuah komentar dengan kata-kata “Saya ingin menawarkan anda sebuah produk dan.......”, maka komentar seperti ini bisa dideteksi sebagai komentar spam.

3.  Komentar terlalu singkat
Misalnya sebuah komentar di blog kita “pertamanya” atau “bagus” atau “suka deh”. Jika kita mendapati komentar-komentar singkat lebih baik kita menghapusnya karena ini demi kebaikan blog dan tulisan kita.

4.  Memberi banyak komentar dengan kata-kata yang sama
Misalnya seseorang memberi sebuah komentar pada kolom komentar blog kita dengan kata “Makasih gan” sebanyak 4 kali, maka itu juga termasuk komentar spam.

5.  Komentar panjang dengan berulang-ulang
Komentar ini biasanya dilakukan oleh para blog/web spammer dengan menggunakan robots sehingga banyak komentar yang sama di berbagai situs, atau komentar dengan cara copy paste dan menempatkannya di berbagai situs. Tentu hal ini akan menjadi masalah bagi blog kita di mesin pencari.


Apa tujuannya komentar spam ?

Sebenarnya ada banyak kemungkinan tujuan pembuat komentar spam. Misalnya komentar dengan berisi link, jelas tujuannya adalah menarik orang lain untuk mengunjungi situs ink tersebut dan meningkatkan pagerank atau untuk mempromosikan produk, jasa, dan kerjasama online. Sedangkan tujuan lainnya mungkin ini cuma sebagai bentuk jejak dan hal iseng belaka.


Apakah komentar spam membahayakan blog ?

Komentar spam merupakan sebuah masalah dari berbagai masalah tentang SEO. Ini bisa menjadi suatu hal yang membahayakan bagi blog. Adapun bahaya dari masalah ini adalah sebegai berikut :

1.   Pagerank SEO bisa turun
Ini dikarenakan komentar spam adalah hal yang dianggap buruk oleh mesin pencari. Salah satu alasannya adalah si pemberi komentar melakukan cara untuk meningkatkan pagerank situsnya dengan cara yang tidak disukai mesin pencari, jika kita tidak menghapus komentar tersebut maka mesin pencari juga menganggap bahwa blog kita juga melakukan hal yang curang yang tidak disukai mesin pencari. Dan mesin pencari mungkin mulai mengabaikan keberadaan blog kita.

2.   Penalti Google
Ini adalah bentuk akhir dari penyelesaian masalah tentang spam bagi mesin pencari terutama Google. Jika blog kita menjadi sarang komentar spam, Google mungkin akan menjatuhkan hukumannya dengan menghapus keberadaan blog kita di mesin pencari sehingga blog kita tidak bisa lagi diakses oleh pengunjung. Baca Alasan Google menghapus Web dan Blog di Search Engine

3.   Komentar spam meninggalkan kesan buruk pada blog
Setiap posting dengan banyak komentar memang terlihat bahwa banyak pengunjung yang datang. Namun, ini dapat merusak reputasi blog dan memberikan kesan yang buruk di mata blogger lain apa lagi di mata mesin pencari.

Jadi, berkomentarlah dengan baik jika Anda ingin meninggalkan komentar, baca juga aturan berkomentar : 5 Aturan Dan Kriteria Komentar Blog Yang Baik, Sopan, Dan Ramah.

Bagaimana cara mengatasi komentar spam ?

1.   Aktifkan moderasi komentar spam
Bagi para blogger, cara utama adalah mengaktifkan proteksi yang mendeteksi komentar spam yang masuk. Setiap komentar yang masuk akan kita saring yang kita moderasi terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya. Pada blogspot, kita bisa melakukannya dengan cara masuk aku blog – dashboad – setelan – pos dan komentar – klik “selalu” pada moderasi komentar seperti gambar di bawah ini :


2.   Hapuslah komentar yang dianggap komentar spam
Setelah kita mengaktifkan moderasi komentar, setiap komentar akan menunggu untuk dipublikasikan. Kita akan mendapati beberapa komentar untuk dimoderasi saat membuka akun blog kita. Hapuslah komentar yang kita anggap spam seperti kategori komentar spam di atas. 
Atau kita bisa melihatnya di kolom komentar spam saat sistem blog mendeteksi sebuah komentar spam, lalu hapus komentar yang dianggap spam oleh sistem blog.

3.   Gunakan pengguna ID untuk para pengomentar
Jangan biarkan orang tidak dikenal (anonymous) mengomentari blog kita, kita bisa mengatur pada setting komentar hanya pengguna email/ID terdaftar yang bisa mengomentari artikel kita. Caranya : masuk aku blog – dashboad – setelan – pos dan komentar – siapa yang dapat mengomentari ? – pengguna terdaftar, seperti gambar berikut :


4.   Aktifkan Verifikasi kata
Aktifkan verifikasi kata pada setiap orang yang mau memberi komentar. Caranya : masuk aku blog – dashboad – setelan – pos dan komentar – verifikasi kata – ya. Seperti gambar berikut :


5.    Gunakan rel=”nofollow”
Kita bisa menggunakan rel=”nofollow” pada setiap komentar. Tetapi biasanya untuk blogspot atribut ini sudah secara otomatis menjadi atribut default.







Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Apa itu Komentar Spam ? Bagaimana Mengatasinya ?
Apa itu Komentar Spam ? Bagaimana Mengatasinya ?
https://3.bp.blogspot.com/-tu-KAhJFgEs/Uv32Ne5YlyI/AAAAAAAAAL8/sAiSW7K0cBo/s1600/moderasi.png
https://3.bp.blogspot.com/-tu-KAhJFgEs/Uv32Ne5YlyI/AAAAAAAAAL8/sAiSW7K0cBo/s72-c/moderasi.png
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2014/02/apa-itu-komentar-spam-bagaimana.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2014/02/apa-itu-komentar-spam-bagaimana.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy