Cara Mematikan Link Aktif di Komentar Blog

Cara Mematikan Link Aktif di Komentar Blog

Cara Mematikan Link Aktif di Komentar Blog - Link aktif yang tertanam di dalam komentar blog merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh para spammer demi meraup keuntungan pribadi. Sekilas, komentar tersebut terlihat seperti kata-kata biasa. Namun, setelah diteliti lagi, ternyata ada warna berbeda di dalam teks yang berisi link. Apabila teks itu diklik, maka akan mengarah ke halaman blog tertentu.

Memberikan komentar dengan menanamkan link aktif merupakan salah satu upaya spam. Di dunia blogging, ini merupakan hal yang biasa ditemui. Tujuannya adalah untuk mendapatkan backlink dan meningkatkan trafik serta pengunjung pada link blog yang ditanamkan.

Bagi para spammer, menanamkan link aktif di komentar blog adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Spammer hanya perlu menambah beberapa kode dan link yang ditentukan di dalam komentar. Coba baca artikel berikut ini: Cara Mudah Membuat Link Aktif di Komentar Blog.


Dampak Buruk Link Aktif di Komentar Blog

Secara umum, sebuah blog yang memuat banyak komenar berisi link aktif akan memberi dampak buruk bagi blog itu sendiri, di antaranya:

1. Merugikan Pemilik Blog, Menguntungkan Pemberi Komentar

Komentar blog yang berisi link-link aktif akan mengarah pada halaman blog tertentu apabila diklik. Ini jelas memberikan keuntungan bagi pemberi komentar. Ia secara leluasa dapat melakukan spam, mempromosikan blog atau produk miliknya, bahkan sampai menanamkan link-link yang berbahaya.

Yang jelas, komentar berisi link sangat menguntungkan si spammer atau pemberi komentar. Tak hanya itu, pemilik blog juga akan dirugikan karena tindakan yang tak layak ini. Adapun kerugian yang didapat pemilik blog dapat dilanjutkan pada sub topik di bawah.

2. Menurunkan Reputasi Blog di Mata Search Engine

Dampak buruk link aktif di komentar blog dapat menurunkan reputasinya di Search Engine. Algoritma Search Engine dapat menganggap blog itu sebagai sarang spammer. Tentu saja hal ini dapat memberi penurunan trafik dan SEO blog di Search Engine secara perlahan dan pasti. Dengan menurunnya trafik, ini dapat pula menyebabkan penurunan pengunjung blog.

3. Menurunkan Reputasi Blog di Mata Pengunjung

Sebuah blog yang mengizinkan pengunjungnya untuk memberi komentar berisi link aktif pasti diincar oleh para spammer. Bagi para spammer, blog seperti ini adalah tempat untuk mendapatkan backlink. Selain itu, para spammer tidak akan membaca tulisan dan artikel blog karena memang tujuannya adalah menanamkan link promosi di komentar.

Namun, bagi pengguna blog cukup memahami konsep SEO, banyaknya link aktif di komentar blog menunjukkan bahwa pemilik blog tidak profesional dalam mengelola blognya. Mereka menilai bahwa pemilik blog tidak memahami konsep dasar SEO blog. Alasan-alasan ini tentu sudah cukup memberi penilaian terhadap dampak buruk link aktif di komentar blog di mata pengunjungnya.

Saya sendiri sudah pernah menjelaskan pengertian, macam-macam, motif, dan dampak buruk sebuah blog yang banyak berisi komentar spam. Salah satu jenis komentar spam adalah komentar berisi link aktif yang mengarah pada blog tertentu apabila diklik. Silahkah pelajari selengkapnya: Apa itu Komentar Spam? Bagaimana Mengatasi Komentar Spam?.


Cara Menghapus dan Mematikan Link Aktif di Komentar Blog

Dengan menimbang bahaya dan dampak buruknya, pemilik blog seharusnya tidak memberi ruang bagi para spammer. Caranya adalah dengan menghapus setiap komentar berbau spam dan mematikan link aktif yang muncul di dalamnya. Ini adalah langkah yang harus dijaga untuk tetap mempertahankan kualitas SEO blog.

Adapun cara untuk mematikan link aktif yang tertanam di dalam komentar blog adalah sebagai berikut:

1. Mematikan Link Aktif Dengan JavaScript

  • Login ke dashboard Blogger
  • Klik “Tema” – “Edit HTML”.
  • Letakkan kode JavaScript di bawah ini, tepat di atas kode </body> atau &gt;&lt;/body&gt;
  • Klik “Save” untuk menyimpan template blog yang telah diedit.

Berdasarkan pengujian, kode JavaScript di bawah ini support untuk beberapa jenis template, baik template responsive maupun template AMP. Adapun kode yang dimaksud adalah:

Mematikan Link Aktif Saja, Teks Tetap Ada

<script> //<![CDATA[
content = document.getElementById('comments').getElementsByTagName('p');
for (var i = 0; i < content.length; i++)
{ if (content[i].innerHTML.indexOf('</a>') !== -1)
{content[i].innerHTML = content[i].innerHTML.replace(/<a[^>]*>|<\/a>/g, "");}}
//]]> </script>

Kode JavaScript ini berfungsi untuk mematikan link aktif di komentar blog dan tetap menampilkan teksnya. Artinya, teks yang seharusnya berisi link di dalam komentar akan didisable, sehingga tidak dapat mengarah ke halaman blog tertentu ketika diklik.

Mematikan Link Aktif dan Mengganti Seluruh Teks Komentar

<script> //<![CDATA[
var content = document.getElementById('comments').getElementsByTagName('p');
for (var i = 0; i < content.length; i++)
{ if (content[i].innerHTML.indexOf('</a>') !== -1)
{ content[i].innerHTML = 'Maaf, komentar ini tidak diizinkan karena terdeteksi link aktif di dalamnya. Baca ketentuan blog ini lebih lanjut: <b><a href="https://www.pelangiblog.com" target="_blank">Pelangiblog</a></b>'; }}
//]]> </script>

Kode JavaScript ini berfungsi untuk mengganti seluruh teks komentar dengan teks dan link yang baru apabila terdeteksi link aktif di dalamnya. Apabila si spammer memberi komentar berisi link aktif, maka komentar tersebut akan berubah menjadi teks dan link yang telah ditentukan di dalam kode.

2. Mematikan Link Aktif Dengan jQuery

  • Login ke dashboard Blogger
  • Klik “Tema” – “Edit HTML”.
  • Letakkan kode jQuery di bawah nanti, tepat di atas kode </body> atau &gt;&lt;/body&gt;
  • Klik “Save” untuk menyimpan template blog yang telah diedit.

Berdasarkan pengujian, kode jQuery di bawah ini hanya support template responsive saja, dan tidak bekerja pada template AMP. Adapun kode jQuery untuk mematikan link aktif yang dimaksud adalah:

Mematikan Link Aktif, Teks Tetap Ada

<script type='text/javascript' > //<![CDATA[
$(function(){$('#comments p').find('a').contents().unwrap();});
//]]> </script>

Fungsi kode jQuery ini sama seperti kode JavaScript pertama di atas, mematikan link aktif tetapi teks tetap ada.

Mematikan Link Aktif dan Mengganti Link

<script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function()
{ jQuery("#comments p a").attr("href",
"https://www.pelangiblog.com/");
}); </script>

Fungsi kode jQuery ini tidak hanya mematikan link aktif yang tersembunyi, tetapi juga mengganti link aktif dengan link baru yang telah ditentukan sendiri oleh pemilik blog. Dengan demikian, link aktif tersebut sudah tidak lagi berfungsi karena telah tergantikan dengan link baru.

Demikian artikel tentang cara menghapus dan mematikan link aktif di komentar blog. Semoga dapat membantu untuk mencegah upaya para spammer, terima kasih.