Cara Mudah Membuat Link Aktif di Komentar Blog

Cara Mudah Membuat Link Aktif di Komentar Blog

Cara Mudah Membuat Link Aktif di Komentar Blog – Dunia online merupakan dunia yang dipenuhi dengan ajang kompetisi, baik kompetisi promosi bisnis, pemasaran produk, meningkatkan SEO blog, menambah pelanggan dan pengunjung, dan lain-lainnya. Tentu saja ini sudah biasa kita lihat dan kita ketahui.

Untuk tetap bertahan dalam kompetisi dan terus meningkatkan produknya, ada banyak hal yang dapat dilakukan. Di antara para kompetitor, mereka melakukan langkah-langkah sehat untuk tetap bertahan dan terus meningkatkan produk mereka. Dan di antara sebagiannya, mereka melakukan langkah-langkah yang tidak etis.

Berbicara tentang blogging, salah satu langkah tidak etis yang banyak dilakukan oleh para blogger yang hanya mementingkan urusan pribadi adalah menanam backlink dengan membuat link aktif di komentar blog. Langkah ini dinamakan Spam Comment atau komentar spam, baca lebih lanjut: Apa itu Komentar Spam? Bagaimana Mengatasinya?.


Apa itu Link Aktif di Komentar Blog?

Link aktif di komentar blog adalah link URL yang ditanamkan di dalam sebagian teks pada komentar blog. Artinya, seseorang sengaja berkunjung di sebuah blog, lalu ia memberi komentar dengan menyisipkan link URL di sebagian teks komentar itu. Sekilas, komentar seperti ini memang terlihat hanya berupa teks saja, tetapi ada sebuah link URL yang disisipkan.

Dengan membuat link aktif di komentar blog, motif dan tujuannya sudah jelas, yaitu untuk menanamkan backlink, memasarkan produk, mempromosikan bisnis, menambah kunjungan dan pelanggan. Pemberian komentar berisi link aktif di dalamnya adalah cara buruk yang dilakukan oleh para spammer.


Bagaimana Cara Membuat Link Aktif di Komentar Blog?

Membuat link aktif di komentar blog adalah cara yang mudah untuk dilakukan. Si spammer hanya perlu menambahkan beberapa kode di sebagian teks komentar. Berikut ini kode yang diperlukan dalam membuat link di komentar blog:

<b><a href="https://www.AlamatUrlBlog.com/">Teks</a></b>

Penjelasan:

  • Kode <b> … </b> menunjukkan huruf tebal. Jika ingin menggunakan huruf miring bisa ditambah atau diganti menjadi <i> … </i>.
  • Kode <a> … </a> menunjukkan link URL blog.
  • URL blog dan teks bisa diganti sesuai keinginan.

Jika kode di atas diaplikasikan dalam komentar untuk membuat link aktif, maka bisa dicontohkan seperti berikut ini:

Hallo kak, artikelnya sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi publik online. Dengan membaca artikel ini saya lebih mengetahui tentang <b><a href="https://www.pelangiblog.com/">Membuat Link Aktif di Komentar Blog</a></b>, terima kasih.

Apabila komentar seperti contoh di atas diterbitkan, maka secara otomatis teks “Membuat Link Aktif di Komentar Blog” berisi link yang mengarah sesuai dengan alamat URL yang telah ditentukan di dalam kode. Coba perhatikan link aktif di komenar blog pada gambar di bawah ini:

Membuat Link Aktif di Komentar Blog

Demikian itu adalah cara untuk membuat link aktif di komentar blog. Sekiranya, artikel tutorial ini hanya sebagai penambah wawasan, bukan untuk dipraktikkan karena dapat merugikan pemilik blog.


Apa Keuntungan Membuat Link di Komentar Blog?

Ingat, menyisipkan link aktif di dalam komentar blog lebih dominan menguntungkan pemberi komentar (si spammer) dan merugikan pemilik blog. Untuk itulah, tutorial ini selayaknya digunakan dengan bijak. Adapun keuntungan metode spam ini adalah:

1. Mendapatkan Backlink

Pemberi komentar pastinya akan mendapatkan backlink untuk mempromosikan blog, produk, dan bisnisnya. Jenis backlink yang didapat sendiri bisa Dofollow dan Nofollow, tergantung penyetelan komentar oleh pemilik blog.

2. Mendapatkan Kunjungan dan Pelanggan

Ketika pengunjung blog tersebut mengklik teks yang berisi link itu, maka link akan mengarah pada halaman URL yang telah ditentukan. Dari sinilah, pemberi komentar akan memeroleh kunjungan blog atau mendapatkan pelanggan produk apabila mereka tertarik.

3. Meningkatkan Pergerakan Trafik Blog

Dengan memperoleh backlink dan kunjungan, tentu saja blog milik pemberi komentar akan memperoleh tambahan trafik. Algoritman Google Search Engine sendiri menilai metode itu sebagai salah satu sumber trafik.

Metode spammer ini memang bisa menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan trafik blog asalkan tidak berlebihan. Terlebih target komentar adalah situs web dengan trafik tinggi dan forum online besar yang banyak dikunjungi. Namun, jangan salah, komentar spam biasanya hanya berujung pada penghapusan komentar oleh pemilik blog.


Apa Kerugian Membuat Link Aktif di Komentar Blog?

Meskipun pemberi komentar memperoleh keuntungan secara individual, namun ada juga kerugian yang didapat. Artinya, kerugian ini tidak hanya dirasakan oleh pemilik blog, tetapi juga akan dirasakan oleh si pemberi komentar. Adapun kerugian membuat link aktif yang disisipkan di dalam komentar blog di antaranya:

1. Link Aktif di Komentar Akan Dihapus oleh Pemilik Blog

Setiap pengembang situs web dan blog pasti tahu bahwa komentar berisi link aktif merupakan spam yang mengganggu. Mereka menganggap itu adalah tindakan orang-orang yang kurang kerjaan yang hanya mementingkan kepentingan pribadi. Alhasil, membuat link aktif di komentar blog biasanya berujung pada penghapusan komentar atau link aktif yang didisable. Ini artinya, usaha pemberi komentar untuk mendapatkan backlink berujung sia-sia.

2. Meningkatkan Spam Score di Search Engine

Kerugian selanjutnya yang akan didapat oleh pemberi komentar adalah spam score pada blog miliknya semakin meningkat. Link-link yang ditanamkan di dalam komentar di banyak blog akan dianggap sebagai Tonic Links oleh Search Engine. Dengan demikian, membuat link aktif di komentar blog secara berlebihan dapat meningkatkan spam score blog.

3. Menurunkan Kualitas Blog

Memang, membuat link aktif di komentar blog dapat meningkatkan trafik blog jika dilakukan dengan tepat dan tidak sembarangan. Tetapi, apabila dilakukan dengan sembarangan dan terlalu berlebihan, maka nilai spam score akan meningkat. Tingginya nilai sam score blog akan berpengaruh pada turunnya trafik blog di Search Engine.

Selain itu, nilai spam score blog juga dapat menurunkan kualitas blog di mata para pengunjung. Misalnya, seorang pengunjung blog mungkin cenderung mengurungkan niat untuk penawaran kerja sama (baik content placement, backlink, paid review, dan lainnya) ketika ia melihat nilai spam score tersebut.


Bagaimana Cara Mengatasi Link Aktif di Komentar Blog?

Banyaknya link-link aktif di komentar blog pasti akan merugikan pemilik blog karena ini cenderung menurunkan kualitas SEO blog. Untuk itulah, sudah selayaknya pemilik blog menghapus dan menonaktifkan setiap komentar spam yang tersisipi link aktif.

Berkaitan dengan subtopik ini, saya sudah menjelaskan beberapa opsi untuk menghapus dan mematikan link aktif di komentar blog, silahkan kunjungi: Cara Mematikan Link Aktif di Komentar Blog.


Kesimpulan

Terkait dengan tema sesuai judul artikel “Cara Mudah Membuat Link Aktif di Komentar Blog”, maka pembuatannya memang sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyisipkan kode umum untuk memasukkan link di dalam komentar.

Namun, dengan mempertimbangkan kerugian yang akan didapat oleh pemilik blog, sangat disarankan untuk tidak menggunakan metode spam ini. Selain itu juga, membuat link aktif di komentar blog dapat merugikan kualitas SEO blog dari si spammer sendiri.