10 Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

10 Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

10 Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog – Salah satu langkah yang diperlukan untuk meningkatkan SEO blog di mesin pencari adalah optimasi kecepatan akses blog. Kecepatan blog ditentukan berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk memuat seluruh halaman blog. Biasanya, ini diukur dalam hitungan detik dan memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna dan peringkat mesin pencari.


Kecepatan Blog Mempengaruhi Kualitas SEO

Sebuah blog dengan akses cepat ternyata dapat mempengaruhi kualitas SEO dan reputasi blog. Ketika halaman blog dapat diakses dan dimuat dengan cepat, maka pengunjung blog lebih cenderung untuk mengakses dengan mudah dan menjelajahi halaman blog tersebut. Begitu pula sebaliknya, sebuah blog dengan akses yang lambat dapat menyebabkan kekecewaan setiap pengunjung yang mampir dan pergi begitu saja.

Perlu diketahui bahwa algoritma mesin pencari menilai pengalaman dan kenyamanan pengguna (pengunjung) dalam berinteraksi dengan blog. Sebuah blog dengan akses cepat berarti telah menerapkan nilai-nilai yang ditetapkan oleh mesin pencari. Alhasil, ini dapat meningkatkan kualitas SEO blog di mesin pencari.

Selain itu, kecepatan blog juga dapat mempengaruhi penghasilan blog, terutama penghasilan dari iklan. Semakin blog dapat diakses dengan cepat, maka semakin cepat pula iklan dapat tampil. Sehingga, ini dapat meningkatkan peluang pengunjung untuk mengklik iklan di dalam blog.


10 Situs Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

Nah, untuk mengukur kecepatan blog, pengguna dapat memanfaatkan tool-tool online gratis yang memberi layanan untuk mengukur tingkat kecepatan akses blog. Di antara tool-tool gratis tersebut adalah:

1. Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

Google Page Insight merupakan tool gratis untuk mengukur kecepatan blog yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Dengan menggunakan tool gratis ini, Google akan menganalisis berapa detik halaman blog dapat dimuat ketika pengunjung mengaksesnya.

Google PageSpeed Insights menggunakan banyak metriks untuk menganalisis dan menyajikan hasil pengukuran akses blog, terutama user experience. Sebagai hasil analisis, Google PageSpeed Insights menyajikan data seberapa cepat suatu blog dapat dimuat dalam hitungan detik, baik melalui desktop maupun mobile. Selain itu, Google PageSpeed Insights juga menyajikan data mengenai Core Web Vitals pada blog tersebut.

2. GTmetrix

GTmetrix - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

Berbicara tentang tool gratis untuk mengukur kecepatan blog, GTmetrix merupakan salah satu tool yang banyak digunakan oleh para blogger. Bahkan, tool ini juga dijadikan sebagai acuan oleh para penyedia template blogger premium untuk memberi informasi kecepatan template yang disediakan.

GTmetrix adalah tool gratis yang dikembangkan oleh perusahaan Carbon60, Kanada, Amerika Utara. Tool gratis ini juga memberikan fitur-fitur lain dalam mengukur kecepatan blog, seperti mengukur halaman blog dengan tetap mengaktifkan adblock plus, mematikan iklan-iklan, memilih lokasi server pengukuran, dan lainnya.

Namun, untuk mendapatkan fitur-fitur dalam pengukuran GTmetrix, pengguna diharuskan untuk membuat akun (gratis) dan login. Hasil data yang disajikan GTmetrix juga terbilang cukup detail, mulai dari permorma halaman, struktur halaman, Core Web Vitals, dan lainnya.

3. Pingdom Website Speed Test

Pingdom - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

Pingdom Website Speed Test adalah tool gratis untuk mengukur kecepatan blog yang dikembangkan oleh perusahaan SolarWinds, Texas, United States. Pengguna hanya perlu memasukkan halaman URL blog dan memilih lokasi server pengukuran halaman blog.

Pingdom Website Speed Test menyajikan banyak data dari hasil pengukuran, seperti performa blog dan saran untuk meningkatkannya, besar ukuran halaman dalam KBps, waktu muatan halaman, dan request halaman. 

4. GiftOfSpeed

GiftOfSpeed - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

GiftOfSpeed merupakan salah satu tool yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan blog. GiftOfSpeed juga menawarkan lokasi server pengukuran dan jenis device (Desktop dan Mobile). Selain itu, GiftOfSpeed juga memberikan layanan optimasi lain, seperti Gzip/Brotli Compression Test, PNG Compressor, Base64 Encoder, Caching Test, JavaScript Compressor, CSS Sprites Generator, CSS Optimization Test, Image Optimization Test, Broken Link Checker, dan lainnya.

5. Dotcom-Tools

Dotcom-Tools - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

Dotcom-Tools merupakan produk online yang dikembang oleh perusahaan Dotcom-Monitor, Minneapolis, United States. Dalam perjalanannya, perusahaan ini sudah berkembang sejak tahun 1998 dan telah memiliki banyak pelanggan dari seluruh dunia.

Dotcom-Tools sendiri memiliki banyak produk, di antaranya Website Speed Test, Web Server Test, Traceroute Test, DNS test, FTP Server Test, Email Server Test, Streaming Media Test, DNSBL Test, dan Ping Test. Terkait dengan topik ini, Dotcom-Tools bisa menjadi referensi untuk mengukur kecepatan blog secara gratis.

6. KeyCDN Website Speed Test

KeyCDN Website Speed Test - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

KeyCDN website Speed Test merupakan tool gratis untuk mengukur kecepatan blog yang dikembangkan oleh perusahaan Proinity, Switzerland, Eropa. Dengan menggunakan KeyCDN Website Speed Test, pengguna dapat memonitoring dan mengetahui kecepatan blog berdasarkan ukuran, waktu, dan request.

KeyCDN Website Speed Test menyajikan banyak data dan ukurannya yang mempengaruhi kecepatan akses blog, seperti JavaScript, CSS, gambar, HTML, dan lainnya. Dengan ini, pengguna dapat mengetahui performa halaman blog dan langkah solusi yang harus dilakukan.

7. Domsignal

Domsignal - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

Domsignal merupakan situs web yang menyediakan berbagai macam tool gratis untuk kebutuhan SEO blog. Dilihat dari bidang produknya, Domsignal terfokus pada 4 bidang, yaitu optimasi performa blog, analisis keamanan blog, metriks SEO, dan tool-tool produktivitas.

Secara umum, Domsignal memiliki puluhan tool gratis yang bisa dimanfaatkan oleh setiap pengguna untuk kebutuhan SEO blog, di antaranya adalah Broken Link Checker, Whois Hosting, DNS Record Lookup, Website Performance Audit, TLS Scanner, HTTP Headers Checker, Secure Header Test, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan tool-tool gatis yang disediakan Domsignal, pengguna tidak hanya dapat mengetahui seberapa cepat akses blog, tetapi juga memonitoring kinerja SEO blog. Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu memasukkan halaman URL blog dan memiliki spesifikasi tool yang diinginkan.

8. Uptrends

Uptrends - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

Upstrens merupakan salah satu tool online untuk mengukur kecepatan blog secara gratis. Tool gratis ini dikembangkan oleh perusahaan ITRS Group. Tool upstrens menawarkan penggunanya untuk dapat melakukan pengukuran blog berdasarkan lokasi server pengukuran dan device (desktop dan mobile).

Selain tool gratis untuk mengukur kecepatan blog, Uptrends memiliki banyak produk lain untuk kebutuhan SEO blog, seperti DNS Checker, ping test, CDN performance check, dan lainnya. Produk-produk ini dapat dilihat di menu footer di situs resminya.

9. DebugBear

DebugBear - Tool Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Blog

Meskipun tidak terlihat seperti sebuah tool jika dilihat namanya, tetapi situs DebugBear merupakan salah satu tool gratis yang bisa digunakan untuk mengukur kecepatan akses blog. DebugBear memberikan hasil yang cukup detail setelah melakukan pengukuran halaman URL blog, mulai dari skor pengguna, skor lab, tampilan metriks halaman, dan lain sebagainya.

10. Cloudinary, Website Image Analysis Tool

Cloudinary, Website Image Analysis Tool

Salah satu penyebab turunnya kecepatan blog adalah gambar-gambar blog yang tidak dioptimasi oleh penggunanya. Dengan menggunakan Claudinary, pengguna dapat mengetahui mana saja gambar yang memiliki ukuran yang mempengaruhi kecepatan blog. Sesuai dengan produknya, Claudinary dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk mengukur ukuran gambar yang mempengaruhi kecepatan blog.


Kesimpulan

Tool-tool gratis untuk mengukur kecepatan blog yang telah disebutkan di atas dapat menjadi referensi dan solusi untuk meningkatkan kualitas SEO blog. Ini sangatlah penting karena akses lambat pada blog bisa menjadi masalah di mesin pencari dan pengunjung. Selain itu, sebuah blog dengan akses cepat dapat juga mempengaruhi penghasilan, terutama iklan Google Adsense.

Untuk itulah, kecepatan halaman blog memang harus diperhatikan demi meningkatkan reputasi SEO blog, baik di mesin pencari maupun di mata pengunjung. Situs tool gratis di atas dapat menjadi media bantu untuk meningkatkan mengetahui dan menemukan sumber yang mempengaruhi kecepatan blog.