Cara Mengetahui Pengunjung Blog di Histats

Cara Mengetahui Pengunjung Blog Dengan Histats

Cara Mengetahui Pengunjung Blog Dengan Histats - Dalam perkembangan teknologi internet saat ini, persaingan blogging semakin berat. Teknologi internet telah membuka lebar pintu penghasilan bagi para blogger. Blogging telah menjadi salah satu media yang cukup efektif dalam memperoleh tambahan penghasilan online, baik dari iklan, affiliate, jasa, penjualan produk, dan lainnya.

Demi memenuhi tuntutan untuk bertahan dalam persaingan blogging, melakukan tracking dan monitoring blog menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan trafik blog sebagai hasil dalam mesin pencari.

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses tidak hanya tentang menulis konten yang bagus, tetapi juga mengaplikasikan strategi dan trik tertentu. Strategi dan trik yang dimaksud di sini adalah memahami bagaimana blog tumbuh dan berinteraksi dengan pengunjungnya. Inilah mengapa proses tracking dan monitoring blog menjadi sangat penting.

Salah satu tool analisis blog yang bisa digunakan adalah Histats. Histats adalah salah satu platform tracking dan monitoring blog yang banyak digunakan oleh para blogger, terutama di Indonesia. Untuk itulah, di sini saya akan mengulas sedikit mengenai apa itu histas, apa kegunaan dan fungsinya, apa kekurangan Histats, dan bagaimana cara menggunakan Histats.


Apa itu Histats?

Histats adalah situs tool gratis untuk menganalisa blog dan memungkinkan penggunanya dapat memperoleh data-data penting tentang performa blog mereka. Dengan menggunakan Histats, pengguna memungkinkan untuk melacak data pengunjung, baik lalu lintas, aktivitas pengunjung, kinerja kata kunci, dan banyak masih lagi.

Histats bisa menjadi salah satu opsi penting dalam strategi pemasaran digital. Tool tracking ini memberikan informasi berharga yang dapat membantu pengguna untuk lebih mengoptimalkan blog mereka. Dengan memahami data yang dihasilkan melalui tracking Histats, pengguna dapat mengidentifikasi dan menentukan langkah tepat yang harus dilakukan.

Sampai saat ini, Histats masih digunakan oleh banyak blogger untuk memonitoring data blog. Hal ini dikarenakan banyak sekali kelebihan dan manfaat yang didapat dalam menggunakan Histats. Untuk kelebihan dan manfaat Histats bagi pengembangan blog, bisa disimak pada poin berikutnya.


Bagaimana Cara Daftar dan Menggunakan Histats?

Histats adalah situs tool yang memberikan pelayanan bagi setiap pengguna untuk dapat mengakses data dan hasil interaksi pengunjung blog. Untuk menggunakan layanan Histats, maka setiap pengguna diharuskan untuk daftar dan membuat akun Histats terlebih dahulu.

1. Cara Daftar di Histats

Untuk daftar dan membuat akun Histats, terlebih dahulu harus disiapkan email. Setelah itu, mengunjungi situs resmi Histats dan mengisi formulir pendaftaran. Berikut ini langkah-langkah dalam mendaftar akun Histats:

  • Kunjungi situs Histats (silahkan dibrowsing sendiri).
  • Klik menu “Register” di halaman utama Histats.
  • Masukkan email dan konfirmasi ulang email (keduanya harus sama).
  • Atur dan masukkan password dan konfirmasi ulang passwordnya (keduanya harus sama).
  • Isi nama depan dan nama belakang (isi terserah).
  • Centang kolom “I have read and agree Publisher Agreement Terms”.
  • Masukkan kode captcha sesuai gambar pada kolom yang tersedia.
  • Klik “Register” untuk daftar akun Histats.
  • Buka akun email yang telah dimasukkan di atas untuk melakukan konfirmasi pendaftaran akun Histats.

2. Cara Setting Pereferensi Widget Histats

Jika sudah melakukan registrasi dan konfirmasi registrasi via email, maka pengguna sudah dapat login ke akun Histats sesuai email dan password yang telah dimasukkan pada formulir pendaftaran. Langkah selanjutnya adalah mengatur tampilan widget histats dan mendapatkan kode:

  • Login ke akun Histats sesuai email dan password
  • Klik “Add Wesite” pada halaman utama.
  • Masukkan URL blog di kolom “URL Site”.
  • Pilih bahasa blog pada opsi “Language”.
  • Pilih kategori dan topik blog (terserah) pada opsi “Category”.
  • Pilih “Indonesia” pada opsi “Country”.
  • Pilih “Asia/Jakarta” pada opsi “Time Zone”.
  • Masukkan judul blog pada kolom “Title”.
  • Masukkan deskripsi blog pada kolom “Description”.
  • Kolom “Page views start value” dan “Visitors start value” bisa dibiarkan angka 0.
  • Pilih “Site stats are Visible to Everyone” dagar widget dapat dilihat oleh setiap pengunjung, atau juga bisa sebaliknya.
  • Masukkan kode captcha sesuai gambar di samping kolom kode.
  • Klik “Continue”.

3. Cara Mendapatkan Kode Script Widget Histats

Setelah mengatur pereferensi widget Histats berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah mendapatkan kode script widget Histats:

  • Klik menu “Control Panel” di pojok atas bagian kanan.
  • Klik URL blog yang telah dilist di halaman itu.
  • Klik “Counter Code”.
  • Klik “Add New Counter”.
  • Pilih macam-macam pereferensi tampilan widget Histats sesuai keinginan.
  • Pada kolom “Create New Tracking Counter”, silahkan centang mana saja informasi yang akan ditampilkan pada widget Histats.
  • Klik “Save”.
  • Klik kode Counter ID yang berisikan angka yang menunjukkan ID widget.
  • Copy kode pada kolom “Standard”.

Pada poin terakhir ini, jika template blog pengguna tidak menggunakan JavaScript, maka bisa memilih “No JavaScript”.

Baca juga: Apa itu Widget: Pengertian, Contoh, dan Fungsi.

4. Paste Kode Script Histats di Widget Blog

Jika sudah mencopy kode script dari Histats, maka langkah selanjutnya adalah meletakkan kode tersebut di widget blog:

  • Buka dashboard blogger
  • Klik “Tata Letak” atau “Layout”.
  • Klik “Add a Gadget” lalu pilih “HTML/JavaScript”.
  • Klik “Save”.

Posisi peletakan widget Histats yang paling strategis adalah di sidebar dan footer. Kedua area ini memungkinkan pengunjung dapat melihat dengan jelas widget Histats yang tampil. Berikut ini adalah gambar tampilan widget Histats pada umumnya:

Cara Daftar dan Menggunakan Histats

Nah, untuk lebih jelas mengenai cara mengetahui pengunjung blog di Histats, bisa dilihat tutorialnya pada video berikut:


Apa Saja Keunggulan dan Kelebihan Histats?

Ada banyak keunggulan dan kelebihan yang akan didapat oleh setiap pengguna dalam memonitoring blog dengan Histats, di antaranya adalah:

1. Histats Dapat Digunakan Secara Gratis dan Mudah

Sebagaimana yang telah saya ulas, Histats adalah tool gratis untuk melacak informasi dan data blog. Selain gratis tanpa berbayar, web tool ini juga mudah untuk digunakan tanpa ribet.

2. Histats Memiliki Banyak Fitur Tracking Blog

Kelebihan Histats yang paling banyak disukai adalah tool ini memiliki banyak fitur tracking dan monitorng blog. Di antara fitur-fitur Histats yang bisa dinikmati adalah:

  • Melacak Trafik Blog: Pengguna bisa mengetahui pelacakan trafik blog dengan mudah, baik jumlah total pengunjung, jumlah pengunjung yang sedang online, perbedaan jumlah visitor hari ini dan hari-hari sebelumnya, statistik trafik, dan lain sebagainya.
  • Melacak Sumber Trafik Pengunjung Blog: Histats juga menyajikan data tentang sumber trafik yang didapat dalam blog, seperti sumber rujukan dari blog lain, sumber trafik blog dari mesin pencari, dan lainnya.
  • Melacak Konten Blog yang Dikunjungi: Histats memberkan informasi pada pengguna tentang artikel dan konten yang telah dikunjungi, baik berdasarkan tag, URL, maupun judul blog.
  • Analisis Blog: Tak hanya melakukan pelacakan, Histats juga memberikan data analisis dari berbagi macam elemen, seperti analisis keyword blog, pengunjung dari berbagai negara, alamat IP, browser, bahasa pengunjung, jenis device, geolokasi, dan lainnya. Pelajari tentang Cara Mengetahui Kota dan Negara Pengunjung Blog di Histats.

3. Histats Support Dengan Berbagai Macam Platform Blog

Selain kelebihan di atas, Histats juga support dengan banyak platform blog, seperti wordpress, blogger, joomla, dan lain sebagainya. Selain itu, Histats juga support dengan template yang mendukung JavaScript atau Non JavaScript.

4. Histats Memiliki Banyak Tampilan Widget Keren

Histats juga memungkinkan pengguna untuk memilih dan memilah tampilan widget secara leluasa. Ada banyak tampilan keren Histats yang tersedia di dalamnya, bahkan tampilan “Hidden Tracker” untuk menyembunyikan widget Histats dari pengunjung.

Baca lebih lanjut: Cara Menyembunyikan Widget Histats (Hidden Tracker).

5. Histats Bisa Digunakan Untuk Banyak Domain Dalam 1 Akun

Pengguna Histats juga dapat menambahkan banyak situs dan domain berbeda dalam satu akun. Dengan demikian, pengguna tidak lagi perlu membuat akun Histats lain untuk domain berbeda.


Apa Saja Kekurangan Histats?

Selain keunggulan dan kelebihan, Histats juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui. Di antara kekurangan Histats sebagai tool tracking blog adalah:

1. Histats Menghitung Trafik Non Human

Data dan informasi tracking dari Histats tidak murni 100% human (manusia) sepenuhnya. Tool ini ternyata menghitung trafik yang berasal dari sistem robot atau non human. Sebagai salah satu contoh, misalnya pengguna menganalisis blog di tool SEO online, seperti SmallSeoTools, Gtmetrix, Google Page Insight, dan lainnya, Histats masih menghitung trafik dari sana. Jadi, bisa dipastikan bahwa data hasil tracking Histats tidaklah murni real human.

2. Widget Histats Membebani Loading Blog

Perlu diketahui bahwa semua script dari situs tracking online akan mempengaruhi loading blog, termasuk Google Analytics sendiri. Histats pun demikian, kode script yang dipasang di blog pasti akan mempengaruhi kecepatan loading blog. Namun, kekurangan ini adalah kekurangan yang wajar pada setiap tool tracking.


Kesimpulan

Dengan menimbang kelebihan dan kekurangan Histats, saya rasa Histats masih sangat layak untuk digunakan. Ya, mengingat banyaknya fitur tracking dan analisis data blog yang diberikan oleh Histats pada penggunanya. Inilah alasan mengapa sampai saat ini masih banyak blogger yang memanfaatkan jasa gratis Histats.

Demikian artikel tentang cara mengetahui pengunjung blog di Histats. Semoga dapat menambah wawasan tentang apa itu Histats dan cara menggunakannya, terima kasih.