Cara Mengetahui Pengunjung Blog Dengan Histats


Apa itu Histats ?

Histats.com adalah salah satu situs website yang memberikan fasilitas bagi member atau anggota untuk memonitor aktifitas para pengunjung di blog Anda. Anda bisa memantau berapa pengunjung yang mengunjungi blog Anda dalam sehari, seminggu, sebulan, bahkan setahun, atau lebih.


Apa keuntungan menggunakan Histats ?

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, keuntungan menggunakan Histats adalah dapat memonitor aktifitas para pengunjung di blog Anda, yang sebagai berikut :

1.   Vis. Today
Memungkin Anda mengetahui berapa jumlah pengunjung yang mengungjungi blog Anda pada hari ini.

2.   Visits
Memungkinkan Anda mengetahui berapa jumlah semua pengunjung yang mengunjungi blog Anda selama Anda menggunakan fasilitas Histats.

3.   Page today
Memungkinkan Anda melihat berapa jumlah halaman blog Anda yang dibuka oleh para pengunjung.

4.   Pages
Memungkinkan Anda mengetahui berapa jumlah semua halaman blog Anda yang dibuka oleh para pengunjung sejak Anda menggunakan fasilitas Histats.

5.   Online
Memungkinkan Anda mengetahui berapa jumlah pengunjung blog Anda yang saat ini sedang online dan membuka halaman blog Anda.

6.   Mengetahui statistik pengunjung setiap harinya
Anda juga bisa membandingkan berapa jumlah pengunjung blog Anda pada setiap hari, minggu, bulan, bahkan tahun. Anda bisa melihat statistik pengunjung blog Anda setiap harinya dengan masuk ke dalam akun Histats Anda. Seperti gambar di bawah ini :


7.   Mengetahui trafik statistik pengunjung
Anda juga bisa mengetahui bagaimana trafik jumlah pengunjung Anda selama ini.


Bagaimana cara menggunakan Histats ?

Sebenarnya sangat mudah untuk menggunakan Histats, Anda hanya harus mendaftar sebagai akun Histats, lalu memasukkan URL blog Anda. Anda bisa meminta kode script dan memasang sebagai widget blog sehingga Anda bisa mengetahui langsung jumlah pengunjung melalui blog Anda sendiri. Anda juga bisa tidak harus memasukkan kode script itu pada widget blog Anda. Tetapi jika Anda ingin mengetahui terkait pengunjung blog, Anda harus login dulu ke dalam akun Histats Anda.


Bagaimana cara mendaftar sebagai anggota Histats ?

Cukup mudah mendaftar menjadi member Histats, ikuti beberapa langkah berikut :
1.   Kunjungi Histats.com

2.   Masukkan URL blog Anda lalu klik “Register”

3.   Setelah itu akan muncul halaman baru, isilah semua tentang identitas blog Anda pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu klik “Register”, seperti gambar di bawah ini :


Catatan : 
Untuk mengatur waktu, Silahkan pilih “7 – 10:18 pm” lalu pilih “Asia/Jakarta”. Ini karena Anda mungkin pengguna blog dari Indonesia.

4.   Setelah register berhasil, silahkan masuk pada email Anda yang telah Anda daftarkan tadi. Anda akan mendapat email dari pihak Histats, lalu klik link konfirmasi anggota.


Bagaimana cara mendapat kode script Histats ?

1.   Setelah Anda berhasil melakukan pendaftaran, silahkan masuk ke dalam akun Histats Anda.

2.   Klik “Control Panel” lalu klik “Add Website” seperti gambar di bawah ini :


3.   Setelah itu akan muncul halaman baru, isilah semua yang terkait dengan blog Anda pda kolom yang tersedia. Setelah semua selesai klik “Continou”.

4.   Setelah selesai, Anda akan kembali ke “Control Panel” lalu klik alamat blog Anda.

5.   Pada halaman statistik blog Anda, silahkan klik “Counter Code” seperti gambar di bawah ini :


6.   Lalu klik “Add Counter”. Nah, disana Anda akan memilih berbagai jenis counter yang akan ditampilkan di blog Anda. Centang semua kotak, lalu klik “Save” seperti gambar di bawah ini :


7.   Copy kode yang ada di dalam kolom seperti gambar di bawah ini :


8.   Masukkan kode yang telah di copy pada widget blog Anda. Baca lebih lanjut tentang cara memasukkan kode : Apa itu Widget ? Bagaimana Menampilkan Widget ?

Catatan :
Biasanya setelah Anda memasang kode tersebut diblog Anda, mungkin butuh waktu sekitar 1 hari agar pihak Histats bisa menganalisis pengunjung blog Anda, jadi tunggu dan bersabarlah.

Baca juga tutorial terkait :
Cara Menyembunyikan Widget Histats Agar Tidak Tampak (Hidden tracker)
Cara Mengetahui Negara Asal Pengunjung Blog Dengan Feedjit
Cara Mengetahui Bendera Pengunjung Blog Dengan Flag Counter
Mengapa Statistik Google Analytics dan Histats Berbeda ?
Cara Mengetahui Kota Dan Negara Pengunjung Blog Di Histats