Mengapa Statistik Blogger, Google Analytics, dan Histats Berbeda?

Mengapa Statistik Blogger, Google Analytics, dan Histats Berbeda?

Mengapa Statistik Blogger, Google Analytics, dan Histats Berbeda? – Sebagai pengguna plafform Blogger, memantau hasil pelacakan dan aktivitas pengunjung di blog sangatlah diperlukan. Ini adalah salah satu upaya untuk tetap dapat memperhankan posisi peringkat blog di Search Engine. Selain itu, memantau dan menganalisis hasil pelacakan dan aktivitas pengunjung menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan trafik dan posisi blog.

Untuk mengetahui hasil pelacakan blog, platform Blogger sendiri telah menyajikan informasi mengenai statistik aktivitas pengunjung blog. Pemilik blog juga bisa memanfaatkan jasa tracking dari situs web tertentu, baik berbayar maupun gratisan. Di antara situs web penyedia tracking blog gratis adalah Google Analytics dan Histats.

Untuk itulah, pada artikel singkat kali ini, saya akan mengulas mengenai perbedaan data statistik, hasil tracking dari Blogger, Google Analytics, dan Histats dalam sebuah blog. Ulasan ketiganya bisa disimak lebih lanjut dalam sub-sub topik di bawah ini.


Perbedaan Blogger, Google Analytics, dan Histasts

Sebelum mengulas mengenai pertanyaan mengapa statistik Blogger, Google Analytics, dan Histats berbeda?, terlebih dahulu mari kita bicara mengenai ketiga plaftform tersebut.

1. Platform Blogger

Blogger merupakan salah satu platform online yang mendukung penggunanya untuk membuat sebuah blog secara gratis, baik untuk personal, bisnis, organisasi, dan lainnya. Platform merupakan salah satu platform yang telah dikembangkan oleh perusahaan Google. Perlu diketahui juga bahwa banyak pengembang blog di seluruh dunia yang menggunakan platform Blogger, termasuk di Indonesia.

Nah, karena Blogger adalah platform penyedia layanan blogging, ia juga memberikan informasi mengenai data dan statistik blog, mulai dari banyaknya halaman yang dikunjungi, jumlah pengunjung dalam setiap halaman, sumber trafik blog, jenis device yang digunakan pengujung, kata kunci, dan lainnya.

Untuk mengetahui data dan statistik blog di Blogger, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagaimana berikut:

  • Masuk akun Blogger
  • Klik menu “Stats”.
  • Scroll ke bawah, klik “More about this blog”.

2. Platform Google Analytics

Meskipun sama-sama dikembangkan oleh perusahaan Google, platform Google Analytics hanya dikhususkan dalam melakukan tracking, analisis, dan pengumpulan data dari aktivitas pengunjung blog. Meskipun penggunakan platform ini gratis, penggunanya dapat menikmati banyak fitur mengenai analisis data blog, mulai dari kunjungan berdasarkan judul halaman, real time data pengunjung, pengunjung online dalam 30 menit terakhir, sumber trafik blog dari mesin pencari, data perangkat pengunjung, dan lainnya.

Selain itu, Google Analytics juga memungkinkan untuk melakukan import data dari akun Google lain, baik Google Ads, Google Adsense, Google Search Console, Google Tag Manager, dan lainnya. Untuk bisa membuat akun Google Analytics, silahkan baca : Cara Melakukan Tracking Blog di Google Analytics.

3. Platform Histats

Histats memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Google Analytics dalam hal melakukan tracking dan analisis data pengunjung blog. Saya sudah mengulas mengenai fungsi, fitur, dan cara menggunakan Histats dalam posting lain, baca : Cara Mengetahui Pengunjung Blog di Histats.


Perbedaan Data Statistik Blogger, Google Analytics, dan Histasts

Meskipun ketiganya sama-sama memberikan laporan data analisis blog, namun dalam proses pelacakan dan pengumpulan data, ada perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan ini bisa menjadi pertimbangan untuk menyimpulkan mana yang lebih baik untuk digunakan:

1. Hasil Pencarian Organik Human dan Sistem Robot

Baik Blogger, Google Analytics, dan Histasts, ketiganya memang menghitung data hasil pencarian organik dan human (manusia). Namun, ada perbedaan data yang terhitung dalam analisis Blogger, Google Analytics, dan Histasts dari hasil pencarian sistem robot (non human).

  • Blogger: Menghitung semua sumber yang merayapi halaman blog, baik organik, non organik, human,dan robot.
  • Histats: Sama seperti Blogger, namun lebih baik.
  • Google Analytics: Lebih menyaring sumber trafik dari sistem robot dan non human, kecuali dnegan trik-trik tertentu untuk mengakalinya.

Sebagai contoh, ketika pemilik blog menggunakan script auto refresh, Blogger dan Histats masih menghitungnya sebagai data trafik, sedangkan Google Analitycs tidak. Begitu juga ketika pemilik blog melakukan scanning blog di tool SEO online, Blogger dan Histats masih menghintung sebagai trafik, sedangkan Google Analytics tidak menghitungnya.

2. Tingkat Akurasi Data Analisis yang Dihitung

Berdasarkan poin pertama di atas, tingkat akurasi data yang dihitung dalam analisis Blogger, Google Analytics, dan Histasts adalah sebaga berikut:

  • Blogger: Sangat tidak akurat dan sangat tidak real-time.
  • Histats: Kurang akurat dan kurang real-time.
  • Google Analytics: Cukup akurat dan cukup real-time

Ketiganya adalah produk manusia, tidak ada yang sempurna dalam produk manusia. Dalam beberapa kasus, sebagian pengguna blog banyak mengakali trafik dengan memainkan trik hitam, baik menggunakan VPN, proxy, paid trafik, dan lainnya.

3. Perbedaan Data Jumlah Pengunjung

Jika dilihat dari data analasis jumlah pengunjung, msalnya katakan dalam satu hari, ada perbedaan cukup signifikan.

  • Google Analytics: Misalnya dalam data Google Analytics, dalam satu hari blog mencapai 500 pengunjung,
  • Histats: Data analisis jumlah pengunjung dalam Histats bisa lebih dari 500 pengunjung, bisa 2 kali lipat lebih banyak dari Google Analytics.
  • Blogger: Data analisis jumlah pengujung dalam Blogger bisa mencapai 2 sampai 3 kali lipat lebih banyak dari Histats.

Biasanya, tergantung banyaknya trafik blog. Semakin banyak trafik blog, maka semakin besar selisih dan kelipatan dari ketiganya.

4. Penggunaan Pereferensi dan Fitur Penyajian Data Analisis

Blogger, Google Analytics, dan Histasts juga memiliki pereferensi tampilan dan fitur yang berbeda. Namun, jika dilihat dari penggunaan pereferensi tampilan dan fiturnya, kita akan mendapati perbedaan yang cukup jauh.

  • Blogger: Tampilan dan fiturnya sangat simple, namun kurang detail.
  • Histats: Tampilan dan fiturnya cukup simple, menarik, mudah dipahami, dan cukup detail.
  • Google Analytics: Tampilan dan fiturnya lebih lengkap, lebih menarik, dan lebih detail. Namun cukup rumit digunakan dan lebih susah dipahami bagi pemula.

5. Kecocokan dan Kepercayaan Pengguna

Jika dilihat dari kecocokan penggunanya, berikut mungkin bisa menjadi gambaran umum mengenai perbedaan ketiganya.

  • Blogger: Data statistik blog hanya bisa dinikmati oleh pengguna Blogger, karena ini adalah salah satu fitur dalam platform Blogger. Statistik Blogger boleh digunakan untuk dijadikan acuan bagi pemula.
  • Histats: Cocok digunakan untuk tingkat pemula dan menengah. Pengguna Histats banyak dari pengembang blog tingkat pemula hingga menengah.
  • Google Analytics: Cocok digunakan untuk tingkat pemula, menengah, dan profesional, bahkan sampai ke tahap bisnis. Selain itu, beberapa situs web besar yang bergerak dalam orentasi bisnis dan marketing online, seperti Semrush dan lainnya, merealisasikan import data blog dari Google Analytics untuk mengetahui data blog lebih detail.


Mengapa Data Analisis dan Statistik Blogger, Google Analytics, dan Histasts Berbeda?

Ketiganya, Blogger, Google Analytics, dan Histasts, memiliki algoritma dan sistem perhitungan yang berbeda, baik secara keseluruhan maupun setiap fitur di dalamnya. Inilah alasan mengapa perhitungan data Blogger, Google Analytics, dan Histasts berbeda.

Alhasil, hasil data analisis dan statistik yang disajikan pun juga berbeda. Namun, jika dilihat dari keakuratan data dan kepercayaan pengunanya, Google Analytics lebih unggul dari kedua platform tersebut.


Kesimpulan

Kesimpulan akhir menjawab pertanyaan “Mengapa Statistik Blogger, Google Analytics, dan Histasts Berbeda?” akan menjadi penjelasan sederhana.

Data analisis dan statistik Histats memang  lebih akurat daripada Blogger. Sebagai langkah awal dalam mengembangkan blog, Histats cukup layak untuk dijadikan sebagai rujukan untuk menggali informasi dan data analisis blog, baik dari pengujung, sumber trafik, maupun jenis perangkat.

Namun, saya menyarakan untuk menggunakan Google Analytics, terutama untuk pengembangan blog tingat lanjut. Selain datanya lebih akurat, tingkat kepercayaan dari situs-situs web besar juga sudah terjamin.