Cara Mengetahui Negara Pengunjung Blog di Histats

Cara Mengetahui Negara Pengunjung Blog di Histats - Dalam upaya mengembangkan sebuah blog, pemilik blog sudah selayaknya mengamati dan menganalisis aktivitas pengunjung. Ini dilakukan agar pemilik blog dapat memutuskan langkah selanjutnya yang harus ditentukan.

Proses analisis sebuah blog memiliki peran penting demi meningkatkan kinerja SEO blog. Melalui proses ini, pemilik blog dapat mengetahui dengan detail apa saja kata kunci, halaman blog yang diminati, sumber trafik blog, jenis device, dan lainya.

Nah, berbicara tentang proses analisis data blog di Search Engine, internet telah menunjukkan banyak situs web yang menyediakan tool gratis untuk menganalisis data dan informasi blog di Search Engine. Di antara situs-situs web tersebut adalah Google Analytics, Semrush, Aherfs, Histats, dan lainnya.


Histats Sebagai Tool Analisis Data Blog di Search Engine

Pada pertemuan ini, saya ingin membahas lebih spesifik mengenai salah satu situs web penyedia tool analisis blog, yaitu Histats. Sebagaimana yang telah dikenal publik online, Histats merupakan salah satu tool analisis data blog yang banyak dimanfaatkan oleh para blogger.

Histats memiliki banyak fitur menarik yang dapat dimanfaatkan, seperti data pengunjung online, data jumlah pengunjung, data keyword blog, data lokasi pengunjung dari berbagai negara, data halaman yang dikunjungi, data alamat IP pengunjung, dan lain-lainya.

Saya sendiri telah mengupas lebih detail mengenai fitur-fitur, kelebihan, kekurangan, dan cara mendaftar akun Histats. Silahkan kunjungi link berikut ini: Cara Mengetahui Pengunjung Blog di Histats.


Fitur Geolokasi di Histats

Fitur Geolokasi di Histats merupakan fitur yang menampilkan data dan informasi pengunjung dari berbagai negara di seluruh dunia. Dengan melihat data dalam fitur geolokasi, pemilik blog dapat mengetahui negara pengunjung mana saja yang mampir.

Selain itu, pemilik blog dapat mengetahui berapa jumlah negara pengunjung dalam kurun waktu tertentu. Ia bisa mengatur waktu secara leluasa untuk menampilkan banyaknya negara pengunjung yang mampir, baik berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun. Selain negara pengunjung mana saja, fitur geolokasi juga menampilkan kota pengunjung dari suatu negara.

Dengan demikian, pemilik blog juga dapat mengetahui informasi negara pengunjung dan kota mana saja yang lebih dominan dan lebih banyak mampir di blog. Tentunya, ini adalah fitur yang menarik dan cukup membantu untuk menganalisis blog.


Cara Mengetahui Negara Pengunjung di Histats

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk mengetahui negara pengunjung, pemilik blog perlu membuka halaman fitur geolokasi di akun Histats. Berikut ini cara mengetahui kota dan negara pengunjung blog di Histats:

  1. Login ke akun Histats.
  2. Klik “Control Panel” (di pojok kanan atas).
  3. Pada menu kategori “Visitors”, klik “Geolocation”.
  4. Klik “Country” untuk melihat informasi negara pengunjung blog, atau klik “City” untuk mengetahui informasi kota pengunjung blog. Untuk memperjelas, lihat gambar di bawah ini :

Cara Mengetahui Negara Pengunjung Blog di Histats

Namun, perlu diperhatikan, jangan terlalu bangga dan bersuka cinta karena melihat banyaknya pengunjung dari berbagai macam negara dan kotanya di Histats. Ada banyak kemungkinan sistem bot (robot) yang merayapi halaman blog. Hasil parayapan ini bukanlah hasil yang bersumber dari pencaian human (manusia) dan bukan termasuk hasil organik.

Meskipun bukan hasil pencarian organik dan termasuk rayapan robot, Histats ternyata masih menghitung dalam data analisisnya. Sedangkan bagi Google Search Engine, perayapan sistem bot (robot) dianggap sebagai perayapan sampah dan spam, ini tidak akan membantu menaikkan trafik blog di Search Engine.

Dalam kasus seperti ini, saya sudah membahasnya secara singkat: Mengapa Statistik Blogger, Google Analytics, dan Histats Berbeda?.

Demikian artikel penjelasan tentang cara mengetahui negara pengunjung blog di Histats. Semoga dapat menjadikan wacana dan wawasan dalam menambah pengetahuan online.