7 Cara Mencegah Komentar Spam di Blog

7 Cara Mencegah Komentar Spam di Blog

7 Cara Mencegah Komentar Spam di Blog – Komentar spam merupakan komentar yang isinya tidak relevan dan terkesan mengganggu, baik bagi pemilik blog maupun pengunjung blog. Komentar spam biasanya diluncurkan oleh para spammer yang tidak bertanggung jawab dan mementingkan kepentingan pribadi.

Secara teknis umum, komentar spam sama sekali tidak memberi nilai tambah dan manfaat terhadap isi konten. Selain mengganggu, komnetar spam bisa jadi mengurangi reputasi blog bahkan menurunkannya. Jadi, sudah sepatutnya pemilik blog melakukan tindakan untuk mencegah komentar spam yang muncul.

Dalam beberapa posting sebelumnya, saya sudah menjelaskan cukup lebar tentang pengertian, macam-macam komentar spam, juga cara mengatasinya. Kamu bisa mengunjunginya di Apa Itu Komentar Spam? Bagaimana Mengatasinya?.


Tujuan Spammer Memberi Komentar Spam

Dalam dunia blogging, komentar spam selalu menjadi sisi buruk yang datang dalam usaha untuk mengembangkan blog. Tujuan umum dari para spammer adalah backlink ngawur atau promosi situs web, produk, dan bisnis mereka dengan meninggalkan komentar di blog orang lain.

Nah, mengingat tujuan munculnya komentar spam yang tidak bernilai ini, maka pemilik blog perlu sekali untuk melakukan tindakan pencegahan. Dengan mencegah komentar spam yang masuk di kolom komentar ini akan mengurangi sedikit usaha para spammer.


Tips Mencegah Komentar Spam di Blog

Nah, pada posting ini saya berniat untuk memperbaruhi posting pada link di atas guna untuk memberikan tips dalam mencegah komentar spam yang ditinggalkan di kolom komentar blog. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah komentar spam yang datang di blog:

1. Mengaktifkan Moderasi Komentar Blog

Tips pertama untuk mencegah komentar spam adalah dengan mengaktifkan moderasi komentar. Moderasi komentar merupakan sistem untuk menyaring setiap komentar yang datang di blog. Dengan demikian, kamu bisa memilih mana saja komentar yang pantas untuk diterbitkan dan mana komentar yang pantas untuk dihapus.

Di platform Blogger, cara untuk mengaktifkan moderasi komentar sebagai upaya pencegahan komentar spam adalah:

  • Masuk akun Blogger
  • Klik menu “Settings”
  • Scroll ke bawah sampai pada opsi “Comments”.
  • Klik “Comment moderation”
  • Pilih “Always”
  • Klik “Save”.

2. Gunakan Pengguna ID Terdaftar

Tips kedua untuk mencegah komentar spam adalah membatasi setiap pemberi komentar dengan hanya pengguna ID terdaftar saja yang bisa memberi komentar. Fitur pengguna ID terdaftar memungkinkan pengguna anonymous untuk tidak bisa meninggalkan komentar. Apabila kamu membolehkan pengguna anonymous untuk memberi komentar, maka akan memperbesar peluang datangnya komentar-komentar spam.

Di platform Blogger, mengaktifkan pengguna ID terdaftar berarti hanya membolehkan pengguna yang memiliki akun Google untuk memberi komentar. Tips ini memang tidak memberi solusi mutlaq, tapi setidaknya bisa mencegah komentar spam.

  • Masuk akun Blogger
  • Klik menu “Settings”
  • Scroll ke bawah sampai pada opsi “Comments”.
  • Klik “Who can comment?”
  • Pilih “Users with Google Accounts”
  • Klik “Save”.

3. Mengaktifkan Kode Captcha di Komentar Blog

Untuk mencegah komentar spam dari para spammer, kamu juga dapat mengaktifkan kode captcha. Kode Captcha akan muncul pada setiap komentar yang akan dikirimkan pada pemilik blog. Cara untuk mengaktifkan kode captcha di platform Blogger dapat dilihat sebagai berikut:

  • Masuk akun Blogger
  • Klik menu “Settings”
  • Scroll ke bawah sampai pada opsi “Comments”.
  • Klik “Comment location”
  • Pilih “Full Page”
  • Centang “Reader comment captcha”.

Kode verifikasi komentar memang tidak menjamin dalam hal ini, tetapi ini bisa juga sedikit membantu untuk mencegah komentar spam. Sayangnya, fitur ini memiliki kelemahan yaitu pengunjung enggan untuk memberi komentar karena dinilai cukup repot.

Baca selengkapnya: Apa itu CAPTCHA? Apa Manfaatnya?.

4. Berilah Pesan Peringatan di Setiap Komentar Blog

Tips selanjutnya untuk mencegah komentar spam adalah memberi pesan peringatan di setiap kolom komentar blog. Pesan peringatan ini dapat dibuat dengan memberikan pernyataan konsekuensi bahwa setiap bentuk komentar spam akan dihapus.

Pesan peringatan memang tidak menjamin dapat menghentikan para spammer untuk memberi komentar spam, tetapi dapat menjadi salah satu tips pencegahan. Dengan memberikan pesan peringatan, kamu berhak untuk menghapus komentar tersebut karena memang sudah menjadi konsekuensi. 

  • Masuk akun Blogger
  • Klik menu “Settings”
  • Scroll ke bawah sampai pada opsi “Comments”.
  • Klik “Comment form message”
  • Tulis pesan peringatan sesuai kebutuhan pada kolom yang tersedia
  • Klik “Save”.

5. Menghapus Setiap Komentar Spam di Blog

Tips kelima ini dapat dikatakan sebagai tips untuk mencegah sekaligus solusi dalam mengatasi setiap komentar spam yang masuk. Kamu perlu menghapus semua komentar yang terindikasi sebagai spam dan menurutmu tidak pantas untuk dipublikasikan. Sayangnya, cara ini bisa dibilang cukup merepotkan karena harus dilakukan secara manual dan berkala.

6. Disable Kolom Komentar di Blog

Untuk dapat mencegah dan mengatasi munculnya komentar spam, kamu dapat disable kolom komentar. Biasanya cara ini digunakan di banyak situs web besar, seperti situs game, situs manga, dan situs anime, situs-situs tersebut sangat diminati oleh pengunjung. 

Alasan mengapa kolom komentar memang sengaja didisable adalah karena banyaknya komentar yang masuk karena tingginya trafik. Dengan banyaknya komentar yang masuk, tentu saja pemilik situs web atau blog akan kerepotan untuk membalasnya. Sehingga, opsi yang cukup tepat adalah mendisable kolom komentar.

Di platform Blogger, cara untuk mendisable dan tidak menampilkan kolom komentar blog adalah sebagai berikut:

  • Masuk akun Blogger
  • Klik menu “Settings”
  • Scroll ke bawah sampai pada opsi “Comments”.
  • Klik “Comment location”
  • Pilih “Hide”
  • Klik “Save”.

Namun, jika kamu ingin tetap menjaga komunikasi aktif dengan pengunjung, saya rasa ini adalah opsi yang tidak tepat untuk dilakukan. Kamu bisa tetap menampilkan dan mengizinkan pengunjung untuk memberi komentar.

7. Mematikan Link Aktif Pada Komentar Blog

Tips pertama sampai keempat di atas memang cukup andil dalam mencegah komentar spam yang masuk. Namun, meskipun sudah melakukan keempat tips tersebut, tetapi upaya para spammer tidak terhenti di sana.

Salah satu cara umum yang digunakan untuk mengelabuhi adalah dengan menanamkan link aktif di dalam komentar. Jika kamu tidak teliti, kamu mungkin menyangka bahwa komentar seperti ini adalah komentar biasa, padahal ada link aktif terselubung di dalamnya.

Cara otomatis untuk mengatasi masalah komentar yang berisi link aktif adalah dengan menerapkan beberapa kode script untuk mematikan link aktif. Kode yang dimaksud ini berfungsi untuk mematikan dan mengganti teks yang tertanami sebuah link aktif.

Pada poin ini, saya sudah membahasnya dalam posting yang berbeda, silahkan baca : Cara Mematikan Link Aktif di Komentar Blog.


Kesimpulan

Komentar spam memang tidak bisa dianggap remeh karena bisa menjadi masalah yang cukup serius. Pasalnya, sebuah blog dengan sarang komentar spam dapat menurunkan reputasi dan trafik blog tersebut. Untuk itulah, pemilik blog perlu melakukan tindak pencegahan dalam mengatasinya.

Tujuh tips yang telah dijelaskan di atas adalah langkah-langkah untuk mencegah komentar spam dapat muncul di blog. Mencegah komentar spam dapat membuat sebuah blog menjadi sehat dan segar dari upaya spammer.