7 Cara Mencegah dan Mengatasi Komentar Spam di Blog


PelangiBlog.Com - Komentar spam selalu menjadi sisi buruk yang datang dalam usaha blogging. Tujuan umum dari para spammer adalah memberitahu atau promosi situs maupun bisnis mereka melalui blog Anda agar mereka mendapatkan pengunjung atau pelanggan.

Beberapa posting sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang pengertian, macam-macam komentar spam, juga cara mengatasinya. Anda bisa mengunjunginya di Apa Itu Komentar Spam ? Bagaimana Mengatasinya ?.

Nah, pada posting ini saya berniat untuk memperbaruhi posting pada link di atas guna untuk memberikan tips dan langkah mencegah upaya para spammer di blog Anda. Tentu saja akan menjadi resiko serius di search engine jika blog Anda menjadi sarang spam. Dan berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah komentar spam yang datang di blog :

1. Aktifkan Moderasi Komentar
Moderasi komentar merupakan sistem untuk menyaring setiap komentar yang datang di blog, dengan demikian Anda memungkinkan bisa memilih mana komentar yang pantas untuk diterbitkan dan mana komentar yang pantas untuk dihapus. Pelajari fungsi dan cara mengaktifkannya di Fungsi dan Cara Membuat Moderasi Komentar Blog.

2. Jangan Memperbolehkan Pengguna Anymous di Komentar Blog, Gunakan Pengguna ID Terdaftar
Keuntungan memperbolehkan pengguna anymous di komentar blog adalah blog Anda akan mendapatkan banyak komentar, saya sudah pernah mempraktekkannya. Tetapi, blog Anda tentu akan menjadi sasaran bagi para spammer, jadi lebih baik Anda menggunakan pengguna ID terdaftar untuk pemberi komentar. Anda bisa mengunjungi setelan pada blogger, klik “Pos dan Komentar”, gunakan pengguna ID terdaftar pada “Siapa yang dapat mengmentari”.

3. Matikan Link Aktif Pada Komentar
Meskipun Anda sudah mengaktifkan moderasi, tetapi upaya para spammer tidak terhenti di sana. Salah satu cara umum yang digunakan untuk mengelabuhi Anda adalah dengan memberikan link aktif di komentar. Anda tidak akan menyangkan bahwa ada link aktif terselubung di komentar, dan tentu Anda baru bisa menyadarinya setelah menerbitkan dan melihat komentar tersebut di posting Anda. Tidak perlu khawatir, berikut cara mematikan link aktif pada komentar yang datang :


4. Hapus Setiap Komentar Berisi Link, Jangan Dipublikasikan
Jika Anda membiarkan komentar berisi link, meskipun link tersebut link mati, maka pemberi komentar lain pun akan ikut menempelkan link. Jadi, hapus setiap komentar yang berisi link agar pemberi komentar lain tidak ikut-ikutan.

5. Berilah Pesan Peringatan di Setiap Komentar Blog
Pesan peringatan pada setiap komentar di blog juga penting, artinya Anda sudah memberikan konsekuensi bahwa setiap bentuk komentar spam akan dihapus. Pesan peringatan ini juga berarti Anda sudah mematikan satu langkah para spammer. Jika Anda memang masih mendapatkan komentar spam, maka Anda berhak untuk menghapus komentar tersebut karena memang sudah menjadi konsekuensi. Baca cara modifikasi pesan peringatan di setiap komentar di Cara Membuat dan Memodifikasi Pesan Peringatan di Komentar Blog.

6. Aktifkan Kode Verifikasi Komentar
Kode verifikasi komentar memang tidak menjamin dalam hal ini, tetapi ini bisa juga sedikit membantu karena kebanyakan pemberi komentar tidak suka jika ada kode verifikasi saat memasukkan komentar. Hal ini juga bisa mempersulit upaya para spammer, ditambah lagi banyak mesin otomatis pemberi komentar (bukan manusia), tentu kode verifikasi bisa membantu. Pelajari fungsi dan cara enable atau disable kode verifikasi komentar di Cara Menonaktifkan Captcha/Kode Verifikasi Komentar Blog.

7. Matikan Kolom Komentar di Blog
Ini merupakan alternatif terakhir yang mana saya sendiri tidak menyetujuinya, yaitu dengan menghilangkan komentar di blog. Para pengunjung tentu hanya bisa membaca isi konten dan tidak bisa memberikan komentar. 

Biasanya ini digunakan oleh situs game, situs manga, dan situs anime, situs-situs tersebut sangat diminati oleh pengunjung. Tentu banyak pengunjung juga banyak komentar yang masuk, jadi mereka lelah untuk membalas komentar yang masuk, belum lagi banyak juga komentar spam yang datang.

Kalau saya bisa memberi saran kepada Anda, tetap aktifkan komentar di blog Anda. Karena banyaknya komentar yang didapat juga bisa mempengaruhi pergerakan trafik blog Anda di seacrh engine. Ya, ini cuma saran, lakukan yang terbagi menurut Anda.

Baca juga artiket terkait :