Cara Memasang Iklan di Atas dan Bawah Posting

Memasang Iklan di Atas dan Bawah Posting

Cara Memasang Iklan di Atas dan Bawah Posting – Untuk dapat memaksimalkan pendapatan dari iklan, terutama iklan Google Adsense, kamu perlu melakukan beberapa langkah optimasi. Salah satunya adalah menempakan posisi iklan Google Adsense di tempat yang mudah terlihat dan tampil saat pengunjung membaca konten.

Penempatan posisi iklan sangatlah penting dalam hal ini, karena ini berpeluang besar menambah jumlah klik. Dengan bertambahnya jumlah klik iklan yang didapat, maka CTR (Click Through Rate). CTR sendiri dirumuskan sebagai banyaknya klik dibagi dengan banyaknya tayangan. Nah, dengan meningkatnya CTR halaman blog, pendapatan iklan yang kamu peroleh pun akan meningkat.

Selanjutnya, salah satu penempatan posisi iklan yang terbilang cukup strategis adalah di area atas posting dan bawah posting. Kamu juga dapat memasang iklan di tengah posting yang terbilang posisi strategis.

Jika template blog yang kamu gunakan adalah selain dari template yang disediakan Blogger, misalnya kamu membelinya secara premium, biasanya pengembang template tersebut sudah memfasilitasi pemasangan widget iklan baik di atas, di tengah, maupun di bawah posting.

Sekalipun itu template premium, tetapi tidak semuanya. Artinya, kamu harus memasang iklan di atas dan di bawah posting secara manual sebagaimana yang akan saya uraikan di bawah nanti. Selain itu, kamu juga dapat memasang iklan di tengah posting secara manual.


Cara Memasang Iklan di Atas Posting (di Bawah Judul)

Cara ini memungkinkan iklan akan dapat tampil di area atas posting dan berada tepat di bawah judul. Jika posisi atas posting adalah gambar, maka iklan akan tampil di bawah judul dan di atas gambar. Berikut ini cara memasang iklan di atas posting dan di bawah judul:

1. Masuk ke Dashboard Blogger

2. Klik menu “Theme” – klik “Edit HTML”.

3. Temukan kode di bawah ini, gunakan CTRL + F agar lebih mudah menemukannya:

<data:post.body/>

Catatan: kamu akan menemukan kode di atas lebih dari satu kode. Silahkan coba satu per satu untuk memastikan mana yang tepat.

4. Letakkan kode script iklan tepat berada di atasnya, sehingga kode akan menjadi seperti contoh berikut:

Kode script iklan di sini
<data:post.body/>

5. Simpan tempate

Akan lebih baik kamu membackup template terlebih dahulu agar dapat menghindari kesalahan fatal saat mengubah dan menambah kode utama HTML tempate. Nah, setelah semua sudah selesai, tunggu beberapa menit dan iklan akan muncul tepat di atas posting dan di bawah judul posting.


Cara Memasang Iklan di Bawah Posting

Jika cara di atas adalah untuk memasang iklan di atas posting, maka cara berikut ini untuk memasang iklan di bawah posting. Cara dan langkahnya hampir sama, hanya saja peletakan iklan yang berbeda:

1. Masuk ke Dashboard Blogger

2. Klik menu “Theme” – klik “Edit HTML”.

3. Temukan kode berikut dengan menekan CTRL + F di keyboard:

<data:post.body/>

Catatan: ingat, kode ini biasanya lebih dari satu, antara 2 sampai 4 kode yang sama. Pastinya memilih kode yang sudah ditemukan yang sama seperti kode pada tutorial di atas. Jika belum, kamu dapat mencoba satu per satu.

4. Letakkan kode script iklan tepat di bawahnya, sehingga kode menjadi seperti berikut:

<data:post.body/>
Kode script iklan di sini

Jika sudah tersimpan, tunggu beberapa menit dan iklan dapat tampil di area bawah posting.


Apakah Cara ini Aman?

Saya sendiri sudah mempraktekkan cara ini di banyak template yang berbeda-beda, baik template gratisan maupun template premium, semua 100% work. Selain itu, selama ini tidak pernah ada masalah alias aman jaya.


Kesimpulan

Memasang iklan di atas dan di bawah posting dapat meningkatkan jumlah klik dan prosentase CTR (Click Through Rate). Hal ini dikarenakan keduanya merupakan posisi yang baik untuk menempatkan iklan.

Dari tutorial dan cara yang telah dijelaskan, sebenarnya poin utamanya adalah menemukan satu kode <data:post.body/> yang tepat. Dari sini, dapat disimpulkan seperti di bawah ini:

Kode script iklan di sini // agar iklan tampil di atas posting dan di bawah judul
<data:post.body/>
Kode script iklan di sini // agar iklan tampil di bawah posting.

Demikian tutorial dan cara yang dapat saya sampaikan dalam posting ini, semoga dapat memberikan wawasan dan manfaat, terima kasih.