Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog? - Blog merupakan media menulis online untuk memberikan informasi relevan kepada pembacanya melalui sebuah platform tertentu. Internet memiliki banyak platform online yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog. Di antaranya adalah Wordpress, Blogger, dan lainnya.

Ada banyak sekali manfaat yang bsia didapat dari menulis dalam sebuah blog. Manfaat-manfaat tersebut ternyata tidak hanya diperoleh pembaca blog saja, tetapi juga kembali pada penulis blog sendiri. Pada poin ini, saya telah menuliskan manfaat sebuah blog dengan lebih detail: 11 Manfaat Penting Menulis di Blog.

Pada awalnya, sebuah blog memang memiliki fungsi utama sebagai media menulis online. Namun, karena gejolak perkembangan teknologi dari masa ke masa, manfaat dan fungsi sebuah blog pun ikut berkembang. Salah satu manfaat sebuah blog adalah untuk menghasilkan uang secara online.


Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog, pengguna perlu membangun sebuah blog yang berkualitas. Kunci utamanya adalah memiliki pengunjung yang relatif banyak. Semakin banyak pengunjung yang mampir dan membaca tulisan di blog, maka peluang memperoleh penghasilan uang akan semakin meningkat.

Adapun beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang perlu diketahui antara lain:

1. Menjadi Publisher Iklan

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog, pengguna perlu menjadi publisher iklan. Ini merupakan upaya menghasilkan uang dari blog yang paling banyak dilakukan oleh para blogger. Untuk itu, pengguna blog perlu bergabung dalam pihak atau situs web penyedia iklan.

Publisher iklan merupakan pihak ketiga yang berperan sebagai perantara promosi antara pihak pengiklan dan pihak penyedia iklan. Dengan menjadi publisher iklan, pengguna blog dapat mengatur tampilan dan memasang iklan di blog. Penghasilan iklan sendiri bisa didapat dari klik pengunjung blog dan jumlah tertentu dalam tayanan iklan yang muncul di blog.

Nilai uang yang didapat dari klik pengunjung juga berbeda-beda, ada yang di bawah Rp. 100 per klik dan ada pula yang di atas Rp. 1.000. Ini tergantung dari nilai CPC (Cost per Click) yang ditentukan berdasarkan keyword blog, niche blog, banyaknya penayangan, dan lainnya.

Ada banyak situs web yang menyediakan layanan untuk publisher iklan, seperti Google Adsense, MGID, Ezoic, Adsterra, dan lainnya. Dan perlu diketahui bahwa Indonesia memiliki nilai CPC yang relatif sangat rendah pada umumnya.

2. Menjual Produk di Blog

Dengan mempertimbangkan strategi pemasaran di era ini, sebuah blog memiliki peran penting sebagai media promosi dan marketing online. Menjual produk di blog dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang stabil. Dengan memiliki produk sendiri, pengguna blog dapat mengontrol harga dan menghasilkan pendapatan langsung dari penjualan.

Selain itu, sebuah blog juga mendukung alat sebagai metode pembayaran, seperti transfer rekening bank, dompet digital, paypal, dan lain sebagainya. Pengguna blog dapat menampilkan informasi mengenai metode pembayaran dalam transaksi penjualan, baik dengan teks maupun link-link eksternal.

Dalam kasus lain, pengguna yang sudah memiliki lapak penjualan lain di situs toko online, seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya, ia juga dapat memperomosikan lapak tersebut di blog untuk meningkatkan hasil pemasaran, 

3. Mempromosikan Jasa di Blog

Upaya menghasilkan uang dari blog selanjutnya adalah dengan mempromosikan jasa pada publik online. Jasa-jasa yang dapat dipromosikan di blog tergantung bagaimana pengguna memiliki skill dan keahlian dalam jasa tersebut, seperti pembuatan web, desain foto dan gambar (Corel, Photoshop, dan lainnya), pembuatan konten video, jasa penulisan artikel, dan jasa-jasa yang lain.

Pengguna hanya perlu menerbitkan posting yang berisi informasi detail jasa, seperti jenis jasa yang dipromosikan, ketentuan yang berlaku, metode pembayaran, dan lain sebagianya. Pengguna blog juga dapat membagikan posting itu ke beberapa akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, Twitter, Pinterest, Whasapp, dan lainnya. Dengan demikian, publik online dapat mengetahui promosi jasa dan dapat mengikat minat mereka.

4. Menjadi Advertiser Iklan

Advertiser iklan bertindak sebagai pengiklan untuk mempromosikan suatu halaman URL blog. Dengan strategi promosi iklan yang tepat, advertiser iklan memainkan peran penting dalam ekosistem pemasaran blog, menjangkau pengunjung blog lebih banyak, meningkatkan brand (merek), dan meningkatkan trafik blog.

Jika dicermati, menjadi advertiser iklan tidak dapat membantu menghasilkan uang dari blog secara langsung. Tetapi, menurut kaca mata umum, tujuan bergabung menjadi advertiser iklan adalah memperoleh trafik dan kunjungan. Dan terbukti, trafik dan kunjungan yang diperoleh dapat meningkatkan nilai pemasaran sebuah blog.

Dengan meningkatnya nilai pemasaran blog, ini akan meningkatkan penghasilan uang yang diperoleh melalui sebuah blog. Ada banyak situs web yang memberi layanan sebagai advertiser iklan, seperti Google Ads, Facebook Ads, MGID, dan lainnya. 

5. Bergabung Menjadi Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan sebuah model marketing (pemasaran) di mana seorang afiliasi mempromosikan produk, jasa, atau layanan dari pihak lain. Dalam sistem ini, seorang afiliasi bertindak sebagai mitra pemasaran yang berperan dalam memperluas jangkauan dan penjualan produk atau layanan yang dipromosikan. Dari setiap penjualan produk dan layanan itu, ia dapat menerima komisi.

Untuk menghasilkan uang dari blog melalui sistem affiliate marketing, pengguna perlu mempublikasikan artikel review atau memasang banner yang di dalamnya berisi link affiliate. Setiap kali pengunjung mengklik link tersebut, mereka akan diarahkan pada halaman produk tertentu. Apabila pengunjung menggunakan atau membeli produk tersebut, maka pengguna blog akan memperoleh sebagian kecil dari komisi penjualan.

6. Menerima Layanan Content Placement

Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog adalah menerima layanan content placement. Content placement merupakan artikel dari pihak tertentu yang dipublikasikan di dalam blog. Di dalam artikel tersebut biasanya berisi 2 sampai 3 link dofollow yang mengarah ke blog lain.

Harga setiap artikel content placement bisa berbeda-beda tergantung pada kesepakatan antara pengguna blog dan pihak pemberi konten. Umumnya, harga content placement berkisar antara Rp. 100K sampai lebih dari Rp. 500K. Faktor perbedaan harga dapat dipengaruhi dari kualitas blog pengguna.

7. Menerima Layanan Paid Review

Paid review merupakan suatu cara untuk menghasilkan uang dari blog dengan menulis review mengenai produk situs web atau blog lain. Jika dilihat cari cara kerjanya, paid review memiliki kesamaan dengan content placement.

Meskipun keduanya sampir sama, paid review adalah bagian dari content placement. Topik dan isi artikel yang dipublikasikan dalam content placement terbilang lebih luas. Sedangkan paid review hanya terbatas pada sebuah review produk, layanan, dan jasa saja.

8. Menerima Layanan Backlink di Blog

Backlink merupakan sebuah strategi SEO untuk meningkatkan trafik di mesin pencari. Inilah alasan mengapa jasa backlink sangat dicari dan diminati oleh banyak blogger, baik bagi pemula maupun profesional.

Membuka layanan backlin dapat menjadi media menghasilkan uang dari blog. Layanan backlink dapat diaplikasikan dalam bentuk yang berbeda-beda, baik berupa content placement, paid review, atau menempatkan link dofollow di artikel blog yang telah dipublikasikan.

Demikian cara menghasilkan uang dari blog yang sekiranya perlu untuk diketahui. Jadi, tetap semangat menulis di blog dan semoga memperoleh kemudahan dalam segala urusan.