Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog ?

Sebuah blog kini telah mengalami generalisasi,  blog dulu digunakan hanya sebagai tempat untuk menulis dan menyebarkan artikel. Namun, dewasa ini blog bisa menjadi tempat bagi seseorang untuk mendapatkan uang, baca di 11 Alasan Menjadi Seorang Blogger

Namun, jika kita ingin mendapatkan banyak penghasilan dari sebuah blog, maka kunci utamanya adalah jadikan blog kita sebagai blog yang banyak dikunjungi oleh pembaca. Ini sangat penting, karena tanpa pengunjung atau hanya sedikit pengunjung blog kita, ini juga akan meminimalisir pendapatan uang kita. Semakin banyak orang yang berkenjung di blog kita, maka memungkinkan semakin banyak pula pendapatan yang akan kita dapatkan melalui itu. Baca juga tips menulis dan mendapatkan pembaca blog.

Nah, bagaimana kita akan mendapatkan uang dari blog ?
Sebenarnya banyak cara agar blog kita bisa menghasilkan pemasukkan bagi kita. Adapun cara mendapatkan uang dari blog kita adalah sebagai berikut :

1.   Menjadi publisher ikalan atau PCC (Pay Per Klik)
Di antara banyak pengguna blog juga menjadi seorang publisher ikaln PCC. Ini dikarenakan menjadi publisher iklan PCC juga bisa dilakukan oleh para blogger pemula. Kita hanya tinggal mendaftar pada web penyedia iklan publisher atau PCC, lalu kita akan mendapatkan beberapa kode script yang nantinya akan kita pasang pada widget blog. Setiap iklan yang diklik oleh mengunjung akan menjadi pemasukan uang dari blog kita, biasanya sekitar 100 rupiah sampai 300 rupiah per klik. Kita bisa membayangkan jika sehari ada sekitar 50 sampai 100 klik ?

Kita bisa mendaftar gratis pada PCC luar negeri seperti Google Adsense (tapi sangat sulit), clicksor, chintika.com, Adclickmedia.com, infolink.com, dan lain-lain. Kita juga bisa mendaftar pada PCC lokal seperti Adsensecamp.com, kumpulblogger.com, Kliksaya.com, Idblognetwork.com, sitti.co.id, dan lain-lain. Baca artikel berikut : Tips Diterima Google Adsense Berdasarkan Pengalaman.

2.   Menjadi Advertiser iklan
Selain menjadi publisher iklan, kita juga bisa menjadi advertiser iklan yakni menyediakan space text  atau space banner yang mana linknya bisa merujuk kepada web atau blog yang memasang iklan id blog kita. Tetapi ini mungkin ini hanya dilakukan bagi blog yang memiliki pagerank tinggi dan banyak pengunjung. Seseorang tidak akan memasang iklan di blog kita jika blog kita sangat minim pengunjung.

3.   Menjual produk
Salah satu cara menghasilkan uang lewat blog juga dengan cara menjual produk. Kita bisa mempromosikan produk dan menjalankan transaksi penjualan lewat blog misalnya kita membuat blog dengan tema penjualan barang elektonik, penjualan buku-buku, dan lain sebagainya. 

4.   Promosi Jasa
Kita pun bisa menawarkan jasa untuk orang lain dan mempromosikannya melalui blog. Apapun keahlian bisa kita manfaatkan di sana misalnya pembuatan blog, pembuatan web, jasa VCC (virtual credit card), desain corel dan phohoshop, dan lain-lain.

5.   Menjadi Affiliate Marketer
Affiliate marketer adalah menjualkan produk orang lain dan mendapatkan sebagian persen komisi karena membantu penjualan. Untuk menjadi affiliate marketer, kita bisa menjadi member di berbagai situs affiliate seperti amazon.com, clickbank.com, bhineka.com, dan lain-lain.

6.   Mempromosikan produk orang lain dengan paid review
Paid review merupakan suatu cara untuk menghasilkan uang lewat blog dengan menulis review tentang produk (bisa berupa barang, bisa berupa jasa) orang lain atau web lain. Isi dalam artikel tersebut memuat tentang promosi produk atau jasa dengan tujuan banyak pengunjung akan percaya, membeli, dan menggunakan produk dan jasa yang kita tulis dalam review artikel. Kita bisa mengasumsikan ini sebagai bentuk pemasaran dalam mempromosikan produk atau jasa orang lain, sedangkan orang tersebut akan membayar kita karena telah membantu mempromosikan produk atau jasa mereka.