11 Manfaat Penting Menulis di Blog

11 Manfaat Penting Menulis di Blog

11 Manfaat Penting Menulis di Blog - Menulis adalah sesuatu aktivitas kecil yang cukup menyenangkan. Aktivitas kecil ini bisa dilakukan untuk melengkapi waktu senggah. Pada masa sebelum terknologi berkembang pesat seperti saat ini, sebagian orang menulis hal-hal tentang kehidupan secara offline, baik di kertas, buku diary, jurnal offline, dan lain sebagainya.

Saat ini, di era digital di mana teknologi telah melecit pesat, internet membuka lapangan bagi setiap orang untuk menulis dengan lebih mudah. Salah satu media online yang bisa dijadikan tempat untuk menulis adalah membuat blog.


Manfaat Penting Menulis di Blog

Blog merupakan tempat yang sangat tepat untuk menulis pada zaman ini. Meskipun menulis di blog adalah aktivitas kecil, namun terbukti memiliki manfaat signifikan yang didapat, baik bagi pembaca blog maupun bagi penulis blog sendiri. Adapun manfaat penting dalam menulis di blog, di antaranya:

1. Menulis Blog Sebagai Media Untuk Memberikan Informasi Dunia

Informasi adalah sebuah kebutuhan penting untuk mengenal lebih detail mengenai kehidupan dan kabar dunia. Sesuai perkembangan zaman, internet adalah salah satu sumber utama untuk dapat menggali dan mendapatkan informasi secara online.

Dengan menulis di blog, pembaca blog akan mendapatkan memberikan informasi tentang banyak hal, seperti berita terkini, kabar dunia secara aktual, dan lainnya. Pastinya, manfaat menulis di blog dapat dirasakan oleh banyak pembaca untuk menggali informasi baru dan berguna.

2. Menulis Blog Sebagai Media Untuk Memberikan Wawasan dan Pengetahuan

Wawasan dan pengetahuan dapat diperoleh dari manapun, baik berasal dari pengalaman, membaca buku, diskusi cerdas, pengamatan, tafakkur (berpikir), bahkan membaca artikel di blog secara online.

Dengan menulis artikel di blog yang berisi pengetahuan, pembaca blog dapat menggali banyak wawasan dan pengetahuan yang belum pernah didapat sebelumnya. Penulis blog dapat menuliskan topik tentang pendidikan, sains, tutorial, ilmu agama, dan lainnya. Tulisan-tulisan semacam ini akan dapat membantu pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

3. Menulis Blog Sebagai Media Menyampaikan Ide, Pendapat, Kritik, dan Saran

Di dunia ini tidak ada individu, populasi, organisasi, dan sistem yang sempurna. Sebaik dan setepat apapun mereka, selalu saja ada cela dan kekurangan. Dalam hal tertentu, cela dan kekurangan itu membutuhkan kritik membangun dan saran sebagai masukan dalam bentuk ide dan pendapat.

Menulis di blog bisa menjadi salah satu media untuk menyampaikan ide, pendapat, kritik, dan saran atas sebuah kinerja dan kekurangan sistem tertentu. Tulisan-tulisan seperti ini akan dapat menjadi bahan dan inspirani agar melangkah ke arah yang lebih baik ke depannya.

4. Menulis Blog Sebagai Media Syiar dan Dakwah Agama

Sebuah blog tidak hanya digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan terkait dunia, tetapi juga akhirat. Mengabdikan diri pada agama melalui tulisan-tulisan agamis di blog juga termasuk upaya kepedulian dan perhatian terhadap syiar dan dakwah agama.

Dengan menulis artikel berisi norma, nilai, dan ilmu keagamaan, ini menunjukkan rasa cinta terhadap syiar dan dakwah agama. Tujuannya adalah untuk mendoktrin dan menguatkan keyakinan kuat dalam beragama.

Namun, perlu dicatat bahwa agama mengandung nilai kepercayaan dan keyakinan kuat terhadap Tuhan. Jangan menulis artikel-artikel agama dengan pendapat sendiri, karena ini dapat menyesatkan umat. Begitu juga, jangan menulis artikel berkedok agama sebagai upaya provokasi, penipuan, dan pemanfaatan umat. Ingat, seseorang agamis tahu apa dan bagimana yang perlu dilakukan untuk memberi maslahah dan kemanfaat bagi publik, bukan malah sebaliknya.

5. Menulis Blog Untuk Memberi Motivasi Pada Pembaca

Dunia tidak selalu berjalan sesuai keinginan dan harapan. Di luar sana, ada banyak orang yang merasakan kegagalan, penderitaan, dan keputusasaan. Dengan menulis blog mengenai tema motivasi, ini akan dapat memberikan sedikit penyegaran semangat dan motivasi diri bagi pembaca untuk tetap bertahan dan melangkah maju.

Menulis blog dengan tujuan memotivasi pembaca bisa berbentuk tips, cerita inspiratif, pengalaman, kata-kata mutiara motivasi, dan lainnya. Pembaca blog yang membaca tulisan itu akan merasa terdorong diri dan menguatkan hati untuk tetap tegar demi melankah ke depan.

6. Menciptakan Komunikasi Aktif Pada Pembaca

Menulis di blog ternyata terbukti memberikan ruang untuk menciptakan komunikasi pada pembaca secara aktif. Hal ini bisa dikethaui bagaimana pembaca memberi komentar terhadap tulisannya, mengirimkan pesan email berisi pertanyaan, masukan, bahkan ajakan kerja sama.

Dalam hal ini, penulis blog seharusnya mengatur tampilan navigasi, tata letak, dan informasi asli dalam blog dengan jelas. Ini dilakukan agar pembaca lebih mudah menghubungi penulis, seperti penampilkan komentar, mengatur halaman “contact us”, mencantumkan email asli atau kontak media sosial sepeti Whatsapp, Telegram, Instagram, Facebook, dan lainnya.

7. Menulis Blog Sebagai Media Mengembangkan Akun Media Sosial

Blog pasti identik dengan navigasi media sosial di dalamnya, begitu juga sebaliknya. Dengan menampilkan navigasi akun media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram, Tik Tok, dan lainnya, pembaca mungkin pergi mengunjunginya. Ini akan membuka pintu dan peluang untuk “subscribe” atau “follow” ke halaman akun media sosialnya.

Dengan demikian, menulis di blog bisa membuka peluang dalam langkah untuk mengembangkan akun media sosial. Tak khayal, begitu pun sebaliknya, ada hubungan saling menguntungkan antara keduanya.

8. Blog Adalah Buku Diary Harian dan Tempat Curhat

Sebagian blogger menuliskan artikel-artikel yang berfungsi sebagai buku diary harian. Blog bisa menjadi media untuk menulis apapun tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan.

Selain itu, blog juga bisa menjadi tempat untuk  mengungkapkan luapan perasaan, emosi, dan beban pikiran yang tidak tersampaikan. Ketika seseorang berada dalam titik jenuh, ia butuh orang lain untuk mendengarkan keluh kesah dan curahan hatinya.

Dengan menulis artikel blog, seseorang bisa mengungkapkan keluh kesah dan curahan hatinya. Pembaca dapat memberikan komentar untuk memberinya motivasi dan semacamnya. Minimal, jika pembaca tidak bisa membantu masalahnya, ia sudah merasa sedikit lega ketika seseorang membaca tulisan itu.

9. Menulis Blog Dapat Menambah Wawasan dan Pengetahuan Dalam Diri

Menulis di blog ternyata dapat memberi manfaat yang dapat kembali pada diri sendiri. Ketika seseorang menulis di blog, ia pasti akan berkonsentrasi dan berpikir untuk merangkai kata demi memenuhi tulisan. Tak bisa dipungkiri, ia juga membutuhkan referensi dari sumber lain, baik buku, artikel blog lain, atau aplikasi ChatGPT.

Baca selengkapnya mengenai ChatGPT: Apa itu ChatGPT? Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT?.

Pada proses itu, tanpa disadari, informasi dan pengetahuan dalam tulisannya akan masuk dan melekat di dalam otak. Alhasil, menulis di blog tidak hanya memberi wawasan dan pengetahuan pada pembaca, tetapi juga pada diri penulis sendiri. Pasalnya, banyak pengetahuan baru yang akan didapat dalam menulis blog.

10. Menulis Blog Dapat Menumbuhkan Kreativitas dan Inspirasi Dalam Diri

Selain memberi wawasan dan pengetahuan bagi diri sendiri, menulis blog juga dapat menumbuhkan kreativitas online dan inspirasi pada diri penulis. Yang jelas, kreativitas dan inspirasi ini tidak didapat dalam satu dua kali menulis, tetapi butuh pengalaman lama dalam menulis.

Semakin sering seseorang menulis di blog, maka ia akan memperoleh kreativitas dan inspirasi baru, baik dalam dunia nyata maupun dalam dunia online. Asumsi sederhananya adalah seorang yang memberi edukasi pada orang lain, tanpa disadari, sebenarnya ia juga memberi edukasi pada dirinya sendiri.

11. Menulis Blog Dapat Menambah Penghasilan Online

Internet mempunyai banyak fungsi yang bersifat memudahkan manusia di dalam kehidupan mereka, termasuk di bidang penghasilan online. Membuat blog dan memulai menulis blog juga memberi peluang dalam menghasilkan uang. Dalam hal ini, bisa dibaca lebih lanjut pada: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog?.

Demikian 11 Manfaat Penting Menulis di Blog yang bisa dijelaskan. Dengan ini, semoga menambah semangat dan ketekunan untuk tetap menulis di blog. Salam hangat sesama blogger.