Cara Mengganti Judul dan URL Blog

Cara Mengganti Judul dan URL Blog

Cara Mengganti Judul dan URL Blog – Blogger merupakan platform yang telah memberikan kontribusi besar bagi pengguna internet dalam penulisan online. Dengan adanya platform Blogger, pengguna dapat membuat sebuah blog yang berisi tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya.

Mereka menulis informasi-informasi berharga, membuat tutorial, mengulas produk, mengisahkan pengalaman, dan lain sebagainya. Dengan demikian, sebuah blog menjadi media baca yang mudah diakses dan ditemukan oleh banyak pengguna internet.

Untuk itulah, apabila kamu suka menulis atau ingin memberikan wawasan dan pengetahuan pada orang lain sebanyak mungkin, sebuah blog dapat menjadi pilihan tepat sebagai media yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat membuat blog di platform Blogger dengan mudah dan cepat.

Selain tulisanmu dapat memberi kemanfaatan umum, tentunya ada kemanfaatan tersendiri yang akan kembali padamu, misalnya dapat menghasilkan uang melalui blog. Yang jelas, ada banyak manfaat menulis di blog yang dapat kamu temukan nantinya.


Cara Mengganti Judul dan Alamat URL Blog di Blogger

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan, Blogger adalah salah satu platform yang menyediakan ruang untuk membuat sebuah blog dengan mudah dan simple. Untuk membuat blog di Blogger, kamu dapat dengan mudah membuatnya dengan menggunakan akun Google.

Oke, berpatok pada tema dalam posting ini, saya ingin membuatkan tutorial untuk mengganti judul dan alamat URL blog. Ini adalah tutorial untuk pemula tanpa harus menghapus blog yang sudah ada.

1. Cara Mengganti Judul Blog

Judul blog yang telah kamu tentukan sebelumnya dapat kamu ganti secara leluasa sesuai dengan keinginan. Cara untuk mengganti judul sebuah blog sangatlah mudah dan cepat, seperti berikut:

  • Masuk ke akun Blogger
  • Klik menu “Settings”
  • Pada opsi “Title”, silahkan ganti judul blog sesuai keinginanmu.

2. Cara Mengganti Alamat URL Blog

URL adalah kependekan dari Uniform Resouce Locators, yang menunjukkan alamat (link) untuk mengakses blogmu. Cara mengganti alamat URL blog di Blogger juga sangat mudah, seperti berikut ini:

  • Masuk ke akun Blogger
  • Klik menu “Settings”
  • Scroll ke bawah sampai pada “Publishing”.
  • Pada opsi “Blog address”, silahkan ganti dengan alamat URL baru.

Pastikan untuk mengganti dengan alamat URL yang tersedia. Apabila ada peringatan tulisan berwarna merah “Maaf, alamat ini tidak tersedia”, ini menunjukkan alamat URL yang kamu masukkan tidak tersedia.

Untuk lebih jelas dan detail mengenai tutorial mengganti judul dan alamat URL blog di platform Blogger, kamu dapat menonton tutorial video di bawah ini:


Dampak Buruk Mengganti Judul dan URL Blog

Selanjutnya, penjelasan pada sub topik ini mungkin dapat menjadi pertimbangan sebelum kamu benar-benar akan mengganti judul blog atau URL blog. Ada dampak buruk yang sangat signifikan yang akan kamu terima ketika kamu mengganti judul dan URL blog:

1. URL Blog Baru Tidak Diindeks Google

Mengganti URL blog berdampak buruk pada hilangnya visibilitas URL blog di Google. Tidak hanya di Google saja, tetapi juga di mesin pencari lain seperti Bing dan lainnya. Pasalnya, mengganti URL blog menjadi alamat URbaru, berarti sama saja menghilangkan keberadaan URL blog yang lama.

Dengan demikian, ini sama saja kamu berangkat membangun blogmu dari nol lagi. Dan untuk memulihkan dan memperoleh trafik seperti sebelumnya, kamu perlu melakukan tindakan agar URL blog dapat diindeks Google dan mesin pencari lain. Tentu saja ini akan memakan waktu yang terbilang tidak sebentar dalam pemulihan trafik.

Tetapi, jika dari awal blogmu memang belum terindeks sama sekali di Google, mengganti URL blog menjadi baru tidak memberi pengaruh buruk yang besar bagi blogmu, ini artinya tidak masalah.

2. Blog Menjadi Sepi Pengunjung

Melanjutkan poin pertama di atas, akibat karena belum memiliki visibilitas di mesin pencari (terutama Google), blogmu akan sepi pengunjung. Begitu juga apabila kamu sudah memiliki pengunjung yang setia berlangganan, mereka mungkin akan kesulitan menemukan alamat blogmu.

3. Tidak Masalah Jika Mengganti Judul Blog Saja 

Tetapi, jika kamu hanya mengganti judul blog saja, maka ini mungkin tidak begitu memberi pengaruh buruk terhadap keberadaan blog di mesin pencari. Selama URL blog masih tetap aktif, Google akan segera merayapi dan mengganti judul blog barumu di hasil pencariannya. Ini tidak membutuhkan waktu lama, biasanya sekitar 1 sampai 2 hari judul blog baru diupdate di hasil pencarian Google.


Kesimpulan

Untuk mengganti judul dan URL blog menjadi baru, pengguna dapat melakukannya dengan mudah tanpa harus menghapus dan membuat blog baru. Namun, mengganti judul dan URL blog dapat menghilangkan visibilitas blog di mesin pencari Google dan membuat blog sepi pengunjung. Keduanya ini adalah dapat buruk paling utama dari pergantian URL blog baru. Dengan demikian, kamu dapat mempertimbangkan apakah ingin mengganti judul dan URL blog atau tidak.