Cara Agar URL Blog Cepat Diindeks Google

Cara Agar URL Blog Cepat Diindeks Google

Cara Agar URL Blog Cepat Diindeks Google – Blog merupakan sebuah media yang tepat untuk mengekspresikan hasil pemikiran melalui tulisan. Namun, untuk membangun sebuah blog dengan visibilitas tinggi di mesin pencari, tidaklah semudah yang dibayangkan. Itu membutuhkan segenap usaha, perjuangan, waktu, dan konsisten dalam menulis.

Nah, langkah pertama dalam mengembangkan sebuah blog yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa semua URL blog diindeks di mesin pencari, seperti Google, Bing, dan lainnya. Untuk itulah, saya di sini akan memncoba untuk menuliskan langkah agar URL blog dapat depat diindeks di mesin pencari Google.


Manfaat URL Blog Diindeks Google

Jika kamu bertanya mengapa URL blog harus diindeks Google? Maka tentu saja karena Google adalah mesin pencari terbesar dan terbanyak yang digunakan para pengguna internet untuk menemukan dan mengakses halaman-halaman URL blog.

Google memiliki database yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi dan halaman URL blog yang akan ditampilkan di hasil pencarian. Proses pengumpulan informasi dan halaman URL blog ini dilakukan dengan cara crawling (merayapi) dan indexing (mengindeks) dalam algoritmanya.

Tujuan dan manfaatnya adalah agar setiap halaman URL blog dapat tampil di hasil pencarian Google. Apabila halaman URL blog dapat tampil, maka pengunjung dapat menemukan halaman itu dengan mudah. Alhasil, trafik blog akan meningkat karena memperoleh banyak kunjungan dari sumber organik terpercaya.


Cara Agar Halaman URL Blog Cepat Diindeks Google

Agar halaman URL blog dapat cepat diindeks Google, pengguna perlu melakukan langkah SEO (Search Engine Optimization). Sebagai permulaan, pengguna perlu melakukan beberapa langkah SEO lebih detail yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Mendaftarkan URL Blog di Google Search Console

Google Search Console (GSC) adalah alat webmaster Google yang diperuntukkan oleh pengguna blog agar mereka dapat mengurusi segala keperluan optimasinya di mesin pencari Google. Alat webmaster dapat digunakan secara gratis dan memiliki banyak fitur di dalamnya. Yang jelas, fitur-fitur Google Search Console sangat memberi peran dalam meningkatkan visibilitas URL blog di mesin pencari Google.

Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan agar URL blog cepat diindeks Google adalah daftar di Google Search Console dan submit URL blog. Apabila ini sudah dilakukan, Google dapat lebih mudah untuk merayapi dena mengindeks URL blog tersebut. Ini artinya, URL blog memperoleh visibilitas di mesin pencari Google dengan lebih cepat.

Selain Google, sangat disarankan pula untuk mendaftarkan URL blog di mesin pencari Bing. Bing merupakan mesin pencari yang juga banyak digunakan pengguna internet selain Google. Untuk mendapatkan visibilitas blog di Bing, pengguna perlu daftar di Bing Webmaster Tools.

2. Submit Sitemap di Google Search Console

Sitemap merupakan peta situs yang berfungsi untuk menunjukkan jalan bagi mesin pencari agar ia dapat merayapi dan mengindeks setiap URL yang termuat di dalam sitemap itu. Jadi, langkah kedua yang perlu dilakukan agar URL blog cepat diindeks Google adalah menambahkan sitemap di Google Search Console (GSC).

Biasanya, sitemap yang perlu ditambahkan di Google Search Console (GSC) adalah sitemap XML. Ini sangatlah disarankan, meskipun ada sitemap lain yang juga kompetibel dengan Google Search Console (GSC), seperti sitemap HTML. Tanpa submit sitemap, Google akan kesulitan untuk merayapi dan mengindeks setiap halaman URL blog.

Sebagai tambahan lagi, pengguna juga dapat submit sitemap di Bing Webmaster Tools. Ini juga berfungsi agar mesin pencari Bing dapat lebih cepat merayapi dan mengindeks setiap halaman URL blog.

3. Pastikan Blog Visible di Mesin Pencari Google

Pengguna blog juga perlu memastikan bahwa pengaturan di dalam blog sudah diatur agar dapat terlihat di mesin pencari, seperti Google, Bing, dan lainnya. Secara default, memang pengaturannya sudah disetel visibile.

  • Masuk dashboar Blogger.
  • Klik “Settings”.
  • Pada opsi “Privacy”, centang “Visible to search engines”.

4. Mengirim Request Pengindeksan

Pengguna blog juga perlu untuk mengirimkan request pengindeksan pada setiap artikel yang baru diterbitkan, tujuannya adalah agar URL itu dapat diindeks Google lebih cepat. Memang Google akan mengindeks semua URL blog yang telah dirayapi, namun terkadang membutuhkan waktu lama (atau bahkan tidak diindeks) apabila penggunanya tidak mengirimkan Request Pengindeksan.

  • Buka akun Google Search Console
  • Pilih menu “URL Inspection”
  • Masukkan URL blog ke dalam kolom inspesi URL
  • Klik “Request Indexing”.

Ingat, mengirimkan request pengindeksan berkali-kali tidak akan merubah urutan permintaan yang dikirimkan.

5. Setel Pengaturan Robot.txt

Selanjutnya, pengguna perlu melakukan setelah robot.tx untuk memastikan bahwa URL blog dapat diindeks Google. Robot.txt sendiri berfungsi untuk memberi perintah pada mesin pencari mana saja URL dan halaman yang diizinkan untuk dirayapi dan diindeks, dan sebaliknya.

Dengan melakukan penyetelan robot.txt, pengguna dapat menentukan mana saja URL blog yang diizinkan untuk diindeks dan mana saja URL blog yang tidak diizinkan untuk diindeks.

6. Perbaiki Masalah di Google Search Console

Dalam perjalanan blogging, pengguna pasti menemukan banyak masalah dan kesalahan di Google Search Console, baik bersumber dari sistem Google atau blog sendiri. Untuk itu, kesalahan-kesalahan itu seharusnya tidak dibiarkan berlarut-larut, pengguna perlu melakukan perbaikan.

  • Buka akun Google Search Console
  • Klik menu “Pages”.
  • Klik jenis dan penyebab kesalahannya.
  • Klik “Validate Fix”.

Nah, karena banyaknya jenis kesalahan di Google Search Console, maka akan saya jelaskan secara umum saja. Pastikan apakah URL blog sudah diindeks oleh Google dengan melakukan inspeksi URL (lihat poin ke-4 di atas). Jika belum, maka lakukan perbaikan seperti yang dijelaskan.

6. Mendaftar di Google News

Gnews atau Google News adalah platform yang dikhususkan untuk menyaring berita di semua situs web di seluruh dunia. Mendaftar di Google News ternyata dapat mempercepat blog terindeks di mesin pencari Google. Hal ini telah terbukti bahwa blog yang telah terdaftar di Gnews, artikel baru yang diupdate dapat lebih cepat diindeks Google. Inilah mengapa banyak tutorial lain menyarankan agar daftar di Google News untuk mempercepat indeks blog mereka di Google.

7. Rutin Update Artikel

Perlu diketahui, biasanya sebuah blog yang tidak update artikel dalam waktu lama akan menjadi penyebab URL blog sulit diindeks Google. Jadi, pastikan untuk rutin membuat artikel untuk menghindari masalah tersebut. Jika memang dirasa sibuk, pastikan kira-kira sekali seminggu.

Begitu juga dalam pembuatan artikel, tulislah artikel unik yang lolos dari plagiat. Buatlah kira-kira sekitar 500 sampai 700 kata dalam satu artikel, namun sangat disarankan lebih dari 1.000 kata. Artikel unik dengan banyak kata dan rutin menulis akan mebuat URL blog lebih cepat diindeks Google.

8. Perbanyak Internal Link

Salah satu cara agar URL blog dapat diindeks Google lebih cepat adalah menanamkan link-link internal di dalam setiap artikel. Link internal yang ditanam di dalam halaman blog berfungsi untuk merekomendasikan link tersebut. Link seperti ini sangat baik bagi mesin pencari Google untuk meningkatkan reputasi blog.

Berkenaan dengan topik di dalam poin ini, pengguna juga perlu memahami dan membedakan link dofollow dan link nofollow.

9. Buat Label di Setiap Halaman Artikel

Langkah agar URL blog cepat diindeks Google selanjutnya adalah dengan menambahkan label atau kategori di dalam setiap halaman artikel. Label berfungsi untuk mengumpulkan artikel-artikel yang dikategorikan dalam kategori tertentu. Cara ini dianggap dapat membuat URL blog lebih cepat diindeks Google.

10. Membangun Backlink Berkualitas

Backlink merupakan link yang ditanamkan di halaman situs web lain yang dapat mengarah ke halaman URL blog pengguna. Membangun sebuah backlink merupakan langkah ampun agar blog lebih cepat diindeks oleh Google.

Pasalnya, sistem Googlebot lebih cepat menemukan halaman yang dirujuk dan direkomendasikan dari situs web lain. Membangun backlink berkualitas tidak hanya bermanfaat agar mempercepat indeks saja, tetapi juga meningkatkan trafik blog.

11. Bagikan URL Halaman ke Media Sosial

Media sosial memiliki peran yang cukup penting dalam upaya meningkatkan trafik sebuah blog. Halaman artikel yang dibagikan ke dalam akun-akun media sosial memiliki banyak kemungkinan untuk memperoleh klik dari pengunjung.

Pengunjung yang mengklik halaman tersebut akan secara otomatis terarahkan ke halaman URL blog. Langkah ini dinilai cukup memberi peran dalam mempercepat indeks Google pada halaman Url tersebut.

12. Manfaatkan RSS Feed

RSS feed berfungsi untuk membantu meningkatkan kunjungan ke blog, karena memang ini adalah fitur berlangganan ke blog. Namun siapa sangka bahwa RSS feed juga bisa berfungsi untuk membantu blog agar cepat diindeks Google. Pasalnya, RSS feed ini seolah memberitahu sistem Google untuk merayapi dan mengindeks setiap artikel baru yang dipublikasikan.

13. Lakukan Ping URL

Ping URL merupakan salah satu cara untuk memberitahu Google bahwa pengguna blog telah mengupdate blog. Sehingga, ping URL ini akan mengirimkan permintaan pada Google untuk merayapi dan mengidenks update yang baru.

Ada beberapa tool online gratis yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan ping URL, di antaranya adalah Pingomatic, Pingdom, dan lainnya. Langkah ini juga dinilai cepat membuat URL blog dapat diindeks Google.

Namun, perlu dicatat bahwa melakukan ping URL dengan tool online gratis tidak seharusnya dilakukan dengan berlebihan. Terlalu berlebihan menggunakan ping URL dapat dinilai sebagai upaya spam terhadap Google dan akan berdampak buruk bagi blog itu sendiri.

14. Menggunakan Template SEO

Template yang digunakan pengguna dapat mempengaruhi cepat atau tidaknya blog dapat diindeks Google. Jadi, pastikan untuk menggunakan template yang mendukung SEO blog. Selain itu, hindari bergonta-ganti template blog, selain dapat menurunkan trafik, juga dapat menyebabkan blog sulit diindeks Google.

15. Menggunakan Jasa Indeks Cepat Berbayar

Tips-tips di atas memang dapat membantu agar URL blog cepat diindeks Google, tetapi tidak menjadi jaminan. Pasalnya, algoritma Google saat ini bisa dibilang cukup rumit dan sulit, terutama dalam masalah indeks blog. Banyak sekali teman-teman blogger yang mengalami masalah blog tidak diindeks Google.

Opsi alternatif terakhir adalah menggunakan situs web yang menyediakan jasa indeks cepat berbayar. Yang jelas, opsi ini cocok bagi pengguna yang memiliki budget yang cukup dalam upaya mengembangkan blognya. Dan pastikan memilih jasa situs web yang sudah dikenal profesional, legit, dan terpercaya.


Kesimpulan

Hal pertama yang diinginkan oleh para pengguna blog adalah meningkatkan visibilits blog di mesin pencari, terutama Google. Jadi, pengguna perlu melakukan langkah-langkah agar URL blog cepat diindeks Google. Dengan memastikan URL blog dapat diindeks, kemungkinan sebuah blog untuk mendapatkan kunjungan akan terbuka lebih lebar.