Cara Membuat Blog di Platform Blogger

Cara Membuat Blog di Platform Blogger

Cara Membuat Blog di Platform Blogger – Blogger merupakan salah satu platform yang memberikan layanan membuat blog gratis yang dikelola oleh perusahaan Google. Layanan Blogger banyak di gunakan oleh para blogger di seluruh dunia dalam membuat blog dan menulis tulisan online, terutama di Indonesia sendiri.

Perlu diketahui bahwa sebuah blog merupakan media untuk menyalurkan tulisan online pada zaman ini. Tak hanya sebagai media menulis online saja, ada banyak manfaat dalam menulis blog yang dapat kamu peroleh, bahkan sampai menghasilkan uang dari blog.


Ketentuan Membuat Blog di Blogger

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat blog di platform Blogger, kamu perlu mengetahui dan memahami beberapa ketentuan umumnya, sebagaimana di bawah ini:

1. Kamu Sudah Memiliki Email

Karena platform Blogger dikelola oleh perusahaan Google, maka kamu dapat membuat blog di sini dengan menggunakan akun Google, misalnya Gmail. Akun Gmail yang kamu gunakan untuk daftar di Blogger memberikan peran penting sebagai syarat utama pendaftaran. Selain itu, Gmail di sini juga berfungsi untuk menerima pemberitahuan terkait blog yang telah kamu buat. Jika kamu belum punya, kamu bisa segera membuat akun Google Mail (Gmail).

Apakah harus menggunakan Gmail? Tidak, kamu dapat menggunakan email lain, seperti Yahoo dan lainnya. Namun, karena Gmail dan Blogger adalah layanan milik Google, maka satu paket akun dapat digunakan untuk mengakses banyak layanan Google. Ini artinya, menggunakan Gmail untuk membuat blog di Blogger jadi lebih simple dan mudah.

2. Domain Gratisan

Domain merupakan ekstensi akhiran dalam setiap URL blog. Jika kamu membuat blog di Blogger, maka domain yang kamu gunakan adalah .blogspot.com. Ini menunjukkan domain gratisan yang diberdayakan oleh Blogger.

Kamu dapat mengganti domain gratisan itu (.blogspot.com) dengan TLD (Top-Level Domain) seperti .com, .id, .net, .co.id, dan lain sebagainya. TLD (Top-Level Domain) menunjukkan domain yang digunakan adalah domain berbayar dan profesional.

3. Hosting Gratis dari Google

Untuk dapat tampil secara online dan diakses banyak penggunung, sebuah situs web memerlukan hosting untuk menyalurkan informasi ke server sehingga dapat tampil secara online. Namun, dengan membuat blog di Blogger, kamu sudah secara gratis memperoleh hosting unlimited, sehingga blogmu dapat diakses secara online sebanyak apapun pengunjung yang mampir.

Begitu juga ketika kamu beralih ke TLD (Top-Level Domain), selama kamu masih menggunakan platform Blogger, kamu masih mendapatkan fasilitas hosting gratis tanpa batas dari Google. Kamu hanya perlu membayar domain per tahun (apabila beralih ke TLD) tanpa harus membayar layanan hosting.

4. Blogger Menyediakan 15 Gb Kapasitan Data Penyimpanan

Sebenarnya, yang lebih tepat adalah Google menyediakan kapasitas data penyimpanan maksimal 15 Gb per akun Google. Data penyimpanan ini dapat berupa gambar, audio, video, dan file lain yang tersimpan di dalam akun Google, baik Gmail, Google Drive, Blogger, dan lainnya. Upload video di akun Youtube unlimited dan tidak masuk ke dalam 15 Gb data penyimpanan.

Data 15 Gb ini merupakan batas maksimal akun Blogger untuk mengupload dukumen, gambar, audio, video, dan lainnya. Batas 15 Gb tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat ratusan ribu artikel berisi gambar.

5. Satu Akun Blogger Untuk Membuat Banyak Blog

Salah satu kelebihan jika kamu membuat blog dengan menggunakan platform Blogger adalah satu akun Blogger dapat digunakan untuk membuat banyak blog. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi membuat akun Blogger berbeda jika ingin membuat blog baru.

6. URL Blog Tidak Langsung Diindeks Google

Meskipun sama-sama dalam naungan Google, jika kamu sudah selesai membuat blog di Blogger dan sudah menulis beberapa artikel di dalamnya, URL blog tidak langsung dapat terindeks di Google. Butuh waktu yang cukup lama agar algoritma Google dapat mengindeks semua URL blogmu. Untuk itulah, kamu perlu melakukan langkah-langkah agar URL blog cepat diindeks Google.


Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Sebenarnya, ada banyak sekali platform untuk membuat blog yang dapat kamu gunakan selain Blogger. Salah satu plaform untuk membuat blog yang banyak digunakan selain Blogger adalah Wordpress. Untuk itu, kamu perlu mengetahui dan memahami perbedaan Blogger dan Wordpress.

Jika kamu ingin membuat blog personal dengan langkah pembuatan yang cukup simple dan tanpa mengeluarkan banyak biaya, Blogger dapat menjadi pilihan terbaik. Berikut ini langkah-langkah membuat blog di platform Blogger:

  • Kunjungi situs Blogger.
  • Klik “Sign In” di pojok kanan atas.
  • Masuk dengan menggunakan alamat Gmailmu.
  • Klik “Buat blog” di pojok kiri atas.
  • Buat judul blog di halaman “Pilih nama untuk blog Anda”
  • Klik “Selanjutnya”.
  • Buat alamat URL blog di halaman “Pilih URL untuk blog Anda”.

Apabila ada notikasi “Maaf, alamat blog ini tidak tersedia” berwarna merah, silahkan ganti dan masukkan lagi dengan alamat URL lain.

  • Klik “Simpan”.

Dari sini, kamu sudah selesai membuat blog di platform Blogger. Kamu dapat memulai menulis apapun yang kamu ingin ditulis di halaman blog barumu.

Dan pastikan, judul blog dan alamat URL memiliki kesamaan agar mudah diingat, terutama diingat oleh pengunjung blog. Kamu dapat mengganti judul atau URL blog tanpa harus menghapus blogmu jika kamu mau.


Tips Optimasi Tampilan Blog

Apabila kamu sudah selesai membuat sebuah blog di platform Blogger, berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar tampilan blog dapat lebih visual dan menarik:

1. Buatlah Beberapa Tulisan dan Artikel Blog

Tampilan awal setelah membuat blog biasanya terlihat blank dan yang terlihat hanya ada judul blog saja. Jadi, langkah pertama adalah membuat 3 sampai 5 artikel. Jika sudah, maka tampilan blog akan terlihat cukup berwarna dan lebih visual dengan adanya beberapa artikel. Jumlah kata dalam setiap artikel adalah 500 sampai 700 kata dan sangat disarankan melebihi 1.000 kata.

2. Upload Template Baru

Kamu dapat mengganti beberapa template default yang disediakan oleh Blogger di halaman “Tema”. Namun, template default yang disediakan oleh Blogger memiliki tampilan yang kurang menarik dan kurang menyegarkan.

Nah, agar tampilan blog terlihat lebih menarik dan berwarna, kamu dapat mencari template gratisan di beberapa situs web penyedia template Blogger. Silahkan download template yang diinginkan dan upload template baru di Blog.

3. Atur Navigasi Menu di Template Blog Baru

Setelah mengupload template baru, kamu dapat melakukan pengaturan dan mengganti navigasi menu di template baru. Menu sendiri berfungsi untuk memberitahu topik-topik utama yang kamu suguhkan untuk semua pengunjung blog. 

4. Tampilkan Widget di Sidebar dan Footer

Agar tampilan blog terlihat lebih menarik dan lebih visual, kamu dapat memasang widget di area sidebar dan footer, seperti memasang popular posts, featured post, gambar, dan lain sebagainya.


Kesimpulan

Platform Blogger sangat cocok digunakan apabila kamu ingin membuat blog yang digunakan untuk keperluan personal. Selain simple dan mudah, kamu tidak mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk mengembangkan blogmu.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa membuat blog di Blogger dapat dilakukan dengan mudah dan simple untu membuat tulisan online. Membuat blog dapat menjadi sebah media untuk memberi informasi dan pengetahuan dunia kepad setiap penggunjung online.