Cara Mudah Membuat Google Email (Gmail) Terbaru

Email ternyata memiliki peran yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi untuk berativitas online. Mau tak mau, kamu pun harus mengakui bahwa email bisa menjadi tuntutan yang harus kamu penuhi di era yang serba canggih ini. Ya, banyak hal yang akan kamu keluhkan jika tidak memiliki email.

Pasalnya, email sangat diperlukan untuk membuat akun-akun media sosial online, sinkronasi smartphone secara online ke server, lamaran kerja online, bahkan sampai pengoperasian email pun menjadi menjadi tuntunan bagi kebanyakan karyawan perusahaan. Tentunya lebih banyak lagi manfaat dan peran email yang mungkin saya sendiri juga tidak mengetahuinya.

Nah, berbicara tentang email, memang situs email yang umum digunakan adalah Google Email (Gmail) dan Yahoo Email (Ymail). Nyatanya, masih banyak di antara kita yang belum mengenal dan belum tahu cara membuat email.


Cara Mudah Membuat Google Email (Gmail)

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial membuat Google Email (Gmail) dengan disertai gambar untuk memudahkan. Dan saya berencana untuk membagikan tutorial membuat Yahoo Email (Ymail) juga pada kesempatan yang akan datang. Berikut cara mudah membuat Google Email (Gmail) :

1. Kunjungi gmail.com lalu klik “Sign Up” atau “Daftar”.

2. Isilah form pendaftaran di Google Email (Gmail) seperti gambar berikut :

Keterangan :

  1. Nama : Isi sesuai namamu
  2. Pilih Nama Pengguna Anda : Isi alamat email yang ingin kamu gunakan. Jika terdapat tulisan perngatan berwarna merah, berarti sudah ada alamat yang digunakan, ganti dengan alamat lain.
  3. Buat Sandi : buatlah sandi atau password, harus terdiri dari huruf dan angka, bukan simbol. Untuk keamanan, pastikan kamu mencampur antara huruf kecil, huruf besar, dan angka. Dan pastikan pula kamu mengingat sandi dan password yang sudah dibuat.
  4. Konfirmasi Kata Sandi : Ketik ulang kata sandi yang sudah dibuat. 
  5. Tanggal Lahir : silahkan isi sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun lahir.
  6. Gender : isi jenis kelamin, pria atau wanita.
  7. Ponsel : Isilah dengan nomor HP. Ini pentig karena juga bisa menyangkut keamanan email.
  8. Alamat Email Anda Saat Ini : Jika kamu sudah memiliki email, silahkan isi dengan emailmu. Tetapi jika belum, maka boleh dikosongi, kamu bisa menyeting pada pengaturan email di dalamnya. Ini pun penting untuk fitur keamanan.
  9. Lokasi : pilih negaramu.
  10. Lalu, klik “Langkah Berikutnya”.

3. Scroll ke bawah lalu klik “Saya Setuju” untuk melanjutkan, lihat gambar.

4. Klik “Continou to Gmail” atau “Melanjutkan ke Gmail” untuk masuk Google Email (Gmail) barumu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video terbarunya yang dibuat pada November 2020 seperti di bawah ini :

Baca juga : Cara Mudah Membuat Yahoo Email (Ymail) Terbaru.