2 Cara Efektif Melindungi Artikel Blog dari Copy Paste

Bagaimana perasaan Anda saat mengetahui bahwa artikel Anda telah dicopy paste oleh orang lain ? Mungkin terasa sangat menyebalkan apalagi m...

Bagaimana perasaan Anda saat mengetahui bahwa artikel Anda telah dicopy paste oleh orang lain ? Mungkin terasa sangat menyebalkan apalagi mereka copy paste tanpa izin dari Anda. Satu-satunya alasan mereka copy paste artikel orang lain adalah mereka menginginkan sebuah artikel yang menarik tetapi mereka malas untuk berpikir, sehingga mereka menggunakannya sebagai jalan pintas. Ingatlah bahwa copy paste artikel secara menyeluruh merupakan tindakan pencurian yang bisa menyebabkan Google melakukan tindakan penalti kepada si copy paste artikel.

Copy paste artikel kerap dilakukan oleh banyak blogger untuk mendapatkan konten yang menarik dan juga untuk menarik pengunjung. Anda mungkin telah banyak melihat banyak web atau blog dengan isi artikel yang sama, seperti saya juga telah banyak melihatnya di berbagai situs. Atau mungkin Anda juga telah menjadi salah satu dari korban copy paste artikel tersebut, Anda bisa mengeceknya di statistik blog Anda.

Bagaimana cara mengatasi agar artikel Anda tidak dicopy paste orang lain ?
Anda tidak perlu khawatir, banyak cara untuk mencegah dan melindungi artikel Anda dari copy paste orang lain yang tidak bertanggung jawab. Anda bisa melakukan hal itu dengan menambahkan kode script pada kode-kode template Anda. Hal ini juga banyak dilakukan oleh para blogger dalam melindungi artikel mereka.

Nah di sini, saya ingin mencoba membantu masalah Anda dalam hal melindungi artikel agar aman dari copy paste. Saya akan memberikan dua cara, kedua cara ini juga menggunakan beberapa kode. Anda bisa mempraktekkannya, silahkan baca selengkapnya pada ke dua cara berikut ini :


CARA 1 : Mematikan Klik Kanan dan Memberi Peringatan

Cara ini memungkinkan orang lain tidak bisa klik kanan saat mereka ingin copy paste artikel Anda dan memberikan peringatan agar tidak melakukan klik kanan, sehingga ini dapat meminimalisir cara curang orang lain dalam copy paste. Tetapi cara ini masih bisa dibobol dengan memblok semua artikel dan menekan CTRL + C pada keyboard (sama saja dengan klik kanan – copy). Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.   Masuk akun blog Anda
2.   Masuk Dashboard
3.   Klik – Tata letak – Lalu Anda klik – Tambahkan Gadget –
4.   Pilih – HTML/Javascript –  Lalu masukkan kode di bawah ini :
<script language="JavaScript">
<!--//Disable right mouse click Script
var message="KACIAN GAK BISA COPY PASTE, MAKANYA JANGAN CURANG";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}}
function clickNS4(e){
if (document.layers||document.getElementById&&!document.all)
{if (e.which==2||e.which==3)
{alert(message);return false;}}}
if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);
document.onmousedown=clickNS4;}
else if (document.all&&!document.getElementById){
document.onmousedown=clickIE4;}
document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false") // -->
</script>
5.   Simpan template Anda


CARA 2 : Mematikan Select atau Blok

Cara ini memungkinkan orang lain tidak bisa select atau blok semua artikel anda, tetapi mereka masih bisa klik kanan. Dengan mematikan select artikel, maka orang lain tidak bisa copy paste. Ini adalah cara yang sempurna dan aman untuk melindungi artikel Anda. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.   Masuk akun blog Anda
2.   Masuk Dashboard
3.   Klik – Template – Lalu Anda klik – Edit HTML –
4.   Cari kode </head> (Anda bisa menekan CTRL + F agar lebih mudah menemukan kode itu)
5.   Setelah ketemu, letakkan kode di bawah ini, tepat berada di atas kode </head>
<SCRIPT type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined")
{document.onselectstart=new Function ("return false");}
else{document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");}
</SCRIPT>
6.   Simpan template Anda

Cara selanjutnya lebih ektrim dan lebih aman, yaitu dengan disable klik kanan, CTRL U, CTRL S, dan lainnya. Baca selengkapnya di Cara Mudah Disable/Mematikan CTRL U, CTRL S, dan Klik Kanan.

Artikel terkait :
Cara Otomatis Menampilkan Link Sumber Saat Konten di-Copy Paste

Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 2 Cara Efektif Melindungi Artikel Blog dari Copy Paste
2 Cara Efektif Melindungi Artikel Blog dari Copy Paste
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2014/03/2-cara-efektif-melindungi-artikel-blog.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2014/03/2-cara-efektif-melindungi-artikel-blog.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy