5 Alasan Penting Mengapa Kita Adalah Muslim

Image by Pixabay
Islam adalah agama terakhir yang dipilih dan diturunkan oleh Allah untuk semua manusia melalui perantara Rosulullah SAW. Agama islam berlaku untuk semua manusia sepanjang zaman sampai hari yang dijanjikan tiba, hari akhir.

Sebagai warga Indonesia tentunya Anda mengetahui bahwa mayoritas penduduk Indonesia beragama islam. Nah, pernah terlintas dipikiran Anda, “Mengapa saya islam ?”. Ini adalah pertanyaan sepele tetapi penting bagi Anda untuk mengetahui jawabannya. Mungkin Anda jarang atau bahkan tidak pernah terpikir dengan hal sepele seperti pertanyaan tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan sepele tersebut, berikut ini ada 5 alasan mengapa Anda adalah muslim saat ini :

1. Keimanan
Faktor utama mengapa Anda adalah muslim adalah karena iman. Dalam hal ini, iman adalah sebuah keyakinan kepada Allah sebagai Tuhan semesta alam dan juga keyakinan kepada semua yang tertera pada rukun iman. 

Jika Anda menelusurinya, maka Anda akan mendapati sebuah penyataan bahwa tidak mungkin jika manusia percaya kepada Tuhan yang bersifat abstrak (ghaib), ini karena logika manusia lebih cenderung kepada sesuatu hal yang nyata dan realistik. Jika Anda percaya adanya Allah, maka tidak lain karena ada keyakinan dalam hati Anda. Untuk itu Anda harus bersyukur bahwa Anda masih memiliki iman di hati Anda.

2. Orang tua
Rosulullah SAW pernah bersabda bahwa sesungguhnya bayi yang lahir ke dunia itu bersifat fithroh. Artinya, semua bayi yang lahir sudah dalam keadaan beriman kepada Allah, hanya saja orang tuanya yang menjadikan mereka memeluk agama lain.

Dari sinilah faktor orang tua menjadi faktor utama kedua setelah keimanan. Orang tua selalu mengajar dan mendidik anak sesuai dengan keyakinan mereka. Dan secara otomatis, anak pun mengikuti jejak orang tua, khususnya masalah keyakinan beragama. Anda bisa membayangkan jika orang tua adalah bukan muslim, lalu apakah Anda masih muslim saat ini ?.

3. Lingkungan
Selain orang tua, lingkungan juga adalah faktor penting karena mau tidak mau Anda selalu berinteraksi dengan lingkungan sekitar Anda. Jika di lingkungan sekitar Anda baik teman atau pun keluarga adalah mayoritas muslim, maka tentu Anda pun muslim.

Anda seharusnya bersyukur karena Indonesia adalah mayoritas muslim terbanyak di dunia. Jika kehidupan Anda berada di lingkungan non muslim misalkan di Amerika atau Jepang, tentu besar peluang bagi Anda untuk mengikuti jejak non muslim.

4. Sejarah
Jika Anda mau membuka kembali lembar-lembar sejarah, khususnya sejarah umat islam, Anda akan menemukan sebuah kesimpulan bahwa penyebaran agama islam sampai ke Indonesia berkat para tokoh islam dalam sejarah. Generasi islam setelah zaman Rosulullah SAW dan para tabi’in selalu bermunculan yang mengajarkan keyakinan ke penjuru dunia.

Tentunya hal tersebut mengharuskan kepada Anda untuk berterima kasih atas jasa para tokoh penyebar agama islam dalam sejarah.  Inilah alasan mengapa sejarah begitu penting bagi kehidupan kita, khususnya bagi agama islam. Masa sekarang ada dan nyata karena adanya masa lalu yang menjadi sejarah. 

5. Realita
Realita merupakan faktor yang mendukung ke empat point di atas. Realita bahwa Anda adalah muslim merupakan bukti kuat, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kenyataan yang ada.