9 Tips Jitu Menyatakan Cinta, Peluang Besar Diterima

Mengungkapkan perasaan cinta kepada seseorang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda adalah orang yang pemalu dan kuper. Pasti terjadi pertarungan dipikiran Anda antara malu dan berani, ditolak dan diterima. Ini adalah hal wajar yang sering dialami seseorang, khususnya untuk pertama kali akan menyatakan cinta.

Nah, jika Anda sedang mengalami masalah seperti ini, di sini ada beberapa tips jitu untuk menyatakan cinta, Anda pun bisa mempraktekkanya :

1. Kenali Dia Terlebih Dahulu

Mengenal dengan dalam tentang seseorang yang Anda cintai adalah hal yang penting sebelum Anda menyatakan cinta kepadanya. Anda hanya perlu waktu untuk mengenal tentangnya, kenali seperti apa watak dan tipenya, kenali apa yang dia sukai, dan kenali semua tantang dia.

2. Tetap Jaga Komunikasi Selalu Aktif

Dalam menjaga sebuah hubungan, jarak dan komunikasi menjadi peran yang penting, khususnya dalam hal percintaan. Anda mungkin pernah mendengar kalimat jawa “tresno jalaran songko kulino” artinya cinta bisa tumbuh karena terbiasa dan kumunikasi lancar. 

3. Jadikan Dia Merasa Nyaman di Sisi Anda

Dengan mengenal dan menjaga komunikasi dengannya, secara tidak langsung berarti Anda telah mengikat sebuah hubungan dengannya. Jangan pernah kecewakan dia sebelum Anda menyatakan cinta. Berilah dia perhatian penuh,  pastikan Anda berada di sisinya saat dia membutuhkan, buatlah dia tertawa selalu, hiburlah dia saat dia sedang bersedih, dan buatlah dia merasa nyaman berada di sisi Anda.

4. Persiapkan Mental

Ini penting sebelum Anda melangkah untuk mengungkapkan cinta Anda, mental Anda harus sekuat baja. Jika Anda lemah, Anda mungkin akan gugup dan gagap ketika berbicara. Banyak juga orang yang mengurungkan niat untuk menyatakan cinta karena masih belum kuat mentalnya. Selain itu, Anda harus mempersiapkan mental jika cinta Anda ditolak. Anda harus menerima dengan lapang dan jangan putus asa.

5. Berikan Sesuatu Yang Dia Sukai

Di sinilah fungsi Anda mengenal lebih dalam tentang dia. Pastikan Anda memberikan sesuatu yang dia sukai sebelum menyatakan cinta, harapannya adalah hatinya semakin luluh sehingga menerima cinta Anda. Jika dia suka dengan bunga, maka berikan bunga kesukaannya, atau kata-kata puitis atau lainnya.

6. Pilihlah Momen dan Tempat yang Romantis

Pastikan Anda juga memilih moment yang berkesan baginya, misalkan pada hari ulang tahun. Selain itu, sebagian orang memang menyarankan kepada Anda untuk menyatakan cinta lewat sms, tetapi menyatakan cinta lewat sms menunjukkan bahwa Anda belum siap dan mental Anda masih lemah. Ajaklah dia untuk ketemuan dan pilihlah tempat yang romantis untuk menyatakan cinta Anda.

7. Jangan Memaksa

Tidak selamanya seseorang yang menolak cinta Anda karena dia benci atau tidak mencintai Anda. Ya, memang ada alasan tersendiri baginya, jangan memaksanya karena itu akan membuatnya kecewa dan merasa tidak nyaman. Anda hanya perlu memberinya waktu untuk lebih menerima dan mencintai Anda.

8. Jangan Menyerah

Penolakan adalah bagian dari resiko yang harus Anda terima setelah menyatakan cinta. Tetapi, jangan putus asa dan menyerah. 

9. Berdoa

Anda juga tidak seharusnya melupakan Tuhan, berdoalah agar cinta Anda diterima. Ingatlah bahwa doa juga bisa mempengaruhi usaha Anda.