Cara Mudah Membuat Form Contact Us Dengan Google Drive

Kolom contact us di blog memang penting untuk blog agar komunikasi antara Anda dan pengunjung lebih mudah. Ya, di internet memang sudah banyak blog yang mempublikasikan tutorial tentang cara membuat kolom contact us, seperti yang juga sudah saya tulis pada posting sebelumnya, baca selengkapnya di Cara Mudah Membuat Form Contact Us Dengan Foxy Form.

Nah, begitu juga pada kesempatan ini, saya ingin berbagi kembali tentang cara membuat form contact us, tetapi tutorial ini memanfaatkan Google Drive. Ini juga adalah cara yang efektif untuk mengetahui pesan masuk dari pengunjung melalui Google Drive. Seperti kebanyakan form contact us, Anda hanya harus membuat Nama, Email, Subjek, dan Isi pesan, Anda bisa mempelajari lebih lanjut :

1.    Masuk ke akun Google Drive Anda

2.    Klik “New” – “More” – “Google Form”.

3.    Isi kolom "Untitled Form" dengan “Contact Us” dan isilah deskripsi dengan kalimat yang Anda gunakan

4.    Buatlah kolom untuk "Nama” : Isi kolom “Question Title” dengan “Nama”, “Help Text” dengan “Masukkan nama lengkap” (boleh dikosongi atau terserah kalimat Anda), ganti menu “Question Type” dengan “Text”, lalu klik “Done”. Lihat gambar di bawah ini :


5.    Silahkan Anda membuat lagi kolom untuk “Email” dan “Subjek” dengan klik “Add Item”. Caranya pun sama seperti pada langkah ke lima. 


6.    Untuk membuat kolom “Isi pesan” caranya pun sama dengan langkah ke lima dan ke enam, tetapi Anda hanya perlu mengganti menu “Question Type” dengan “Paragraph Text


7.    Setelah semua sudah selesai, klik “Send form” lalu klik “Embed

8.    Anda bisa mengatur panjang dan lebar form pada kolom “Width” dan “Height”. Lalu copy kode embed form dan letakkan di widget atau halaman posting contact us.


Catatan :
Pesan masuk dari pengunjung tidak bisa terkirim ke email. Anda hanya bisa mengetahui pesan masuk dari pengunjung di “Contact Us (Responses)” pada akun Google Drive Anda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video berikut ini :