10 Ciri-ciri Blog Memiliki Trafik Tinggi dan Banyak Pengunjung


PelangiBlog.Com – Memiliki trafik tinggi adalah idaman setiap blogger, tetapi usaha untuk mencapainya pasti tidaklah mudah, butuh waktu dan usaha besar dalam hal ini. Alasan utama mengapa blog memiliki trafik tinggi adalah blog tersebut memiliki banyak pengunjung. Ya, pengunjunglah yang menyebabkan blog tersebut terus berkembang naik di Search Engine.

Nah, terkait dengan topik kali ini, ada ciri-ciri khusus yang menunjukkan blog memiliki trafik tinggi dan banyak pengunjung, dan berikut ini ciri-cirinya :

1. Blog Yang Sudah Populer
Layaknya seorang artis yang dikenal publik, blog yang sudah populer tentu memiliki trafik dan pegunjung yang banyak karena sudah sangat dikenal pengunjung dan menjadi langganan. Ada banyak blog populer di Indonesia seperti Viva, Kompas, Blog Detik, dan lainnya.

2. Trafik Tinggi di Alexa
Alexa adalah situs yang memberikan fasilitas gratis untuk mengecek trafik blog di seacrh Engine. Hanya dengan memasukkan URL blog, Anda bisa mengetahui sejauh mana trafik blog Anda atau blog lain di Search Engine. Beberapa blogger juga memasang widget Alexa untuk memberitahu trafik bog kepada pengunjung. Selain Alexa, masih ada banyak situs untuk mengecek trafik blog, tetapi Alexa yang lebih umum digunakan. 

3. Banyak Komentar di Setiap Posting
Banyaknya komentar juga menunjukkan bahwa blog tersebut memiliki trafik dan pengunjung yang banyak. Jika dipikir lagi, komentar tidak datang secara otomatis, tentu ada pengunjung yang memberikan komentar. Jika banyak komentar, tentu juga banyak pengunjung. Selain itu juga, banyaknya komentar blog juga bisa menarik perhatian si mbah Google. Baca juga artikel berikut ini : 9 Cara Agar Blog Ramai dan Banyak Komentar.

4. Memiliki Banyak Pelanggan
Blog yang memiliki banyak pengunjung pasti juga memiliki banyak pelanggan. Pengunjung yang menyukai setiap konten blog tersebut akan menjadi pelanggan setia untuk mengikuti setiap update terbaru, baik langganan melalui email, Facebook, Google +, atau Twitter.

5. Setiap Konten dan Judulnya Menarik
Blog-blog yang sukses selalu berusaha untuk mempublish konten-konten yang menarik, yang bebas dari pencurian konten. Mereka menulis untuk memberikan informasi bermanfaat kepada para pelanggan. Jadi, sudah wajar jika blog-blog seperti itu memiliki banyak pengunjung. Selain itu, konten dan judul yang unik selalu menjadi perhatian Search Engine.

6. Rutin Update
Trafik tinggi dan banyaknya pengunjung bisa dipengaruhi oleh rutinitas update konten. Rutinitas update adalah ciri yang menonjol bagi blog-blog dengan trafik tinggi. Bahkan dalam beberapa tips, rutin update selalu disarankan untuk membangun blog yang sukses.

7. Memiliki Banyak Artikel
Banyaknya artikel dan konten blog merupakan hasil dari rutinitas update setiap harinya. Jika banyak konten yang diindeks di Google, maka peluang besar pula banyak pengunjung yang akan berkunjung, ini adalah bayangan sederhana. Baca juga artikel berikut ini : Cara Mengetahui Banyaknya URL Blog yang Diindeks Google.

8. Banyak Pengunjung Yang Sharing ke Media Sosial
Setiap pengunjung yang menyukai konten dari suatu blog, biasanya mereka akan share konten tersebut di beberapa media sosial. Semakin banyak yang share, maka akan semakin banyak pula yang mengunjungi konten tersebut. Coba Anda lihat contoh gambar berikut yang menunjukkan banyaknya pengunjung yang share ke media sosial :


9. Suka Blogwalking
Blogwalking mungkin sudah menjadi cara yang tidak asing lagi bagi kita. Bagi blog yang masih dalam tahap pengembangan, blogwalking adalah cara sekaligus senjata ampuh untuk menaikkan trafik blog. Anda bisa membaca manfaat blogwalking lebih lanjut di 7 Manfaat dan Keuntungan Blogwalking Untuk Membangun Blog Anda.

10. Memiliki Banyak Backlink atau Link In
Jangan salah faham dulu dengan kata backlink di atas, maksud dari backlink di atas adalah banyaknya link yang me-link ke blog tersebut. Mungkin Anda sering menemui artikel blog yang menyantumkan sumber artikel dengan merujukkan ke blog tertentu atau malah merujuk ke blog Anda sendiri, seperti itulah contohnya. Anda juga bisa mengecek banyaknya link in dari blog yang Anda kunjungi melalui Gogle Webmaster dan Alexa.