Cara Memasang Iklan Adsense di Mobile Blog

PelangiBlog.Com – Mobile atau seluler merupakan salah satu bukti teknologi manusia yang semakin maju. Secara instan, menggali informasi dari internet sudah biasa dilakukan oleh banyak orang, dan tentu ini juga harus menjadi perhatian para blogger untuk meningkatkan usaha blogging mereka.

Bagi Anda yang juga memasang iklan Adsense di blog, akan lebih baik juga jika Anda menampilkan iklan Adsense di blog versi mobile. Ya, ini karena banyaknya pengunjung juga berasal dari pengguna mobile. Tentu saja menampilkan iklan di mobile blog juga bisa membantu menambah penghasilan adsense Anda.


Nah, Bagaimana Cara Menampilkan Iklan Adsense di Mobile Blog ?

Ya, ada banyak cara untuk melakukannya, salah satunya adalah tutorial berikut ini yang bisa Anda gunakan, silahkan simak dan semoga bisa membantu :

Langkah Pertama : Aktifkan Blog Anda Untuk Versi Mobile
Silahkan cek terlebih dahulu apakah Anda sudah mengaktifkan blog versi mobile Anda. Untuk melakukannya, silahkan pelajari tutorial berikut ini : Cara Membuat/Mengaktifkan Blog Versi Mobile Seluler.

Langkah Kedua : Sisipkan Kode mobile=’yes’ Pada Widget
1. Login ke Akun Blogger

2. Klik “Tata Letak”
Silahkan meletakkan iklan di widget, beri judul widget tersebut agar mudah ditemukan di kode HTML template (Anda bisa menghilangkan nama widget jika sudah selesai), misalkan “IKLAN TEST”, lihat gambar di bawah ini :


3. Klik “Template”, lalu klik “Edit HTML”

4. Cari kode untuk widget iklan Anda
Misalkan widget diberi judul “IKLAN TEST”, cari kode “IKLAN TEST” dengan menggunakan CTRL + F, silahkan lihat gambar di bawah ini :


5. Tambahkan kode mobile=’yes’ pada kode widget iklan Anda
Tambahkan kodenya seperti di bawah ini :
<b:widget id='HTML2' locked='false' title='' mobile='yes' type='HTML'>
Misalkan widget berjudul IKLAN TEST, maka kodenya seperti di bawah ini :
<b:widget id='HTML2' locked='false' title='IKLAN TEST' mobile='yes' type='HTML'>

6. Simpan Template

Nah, selanjutnya Anda bisa mengeceknya melalui mobile secara langsung atau melalui browser desktop Anda dengan URL seperti di bawah ini :
http://URL-BLOG-ANDA.com/?m=1
Catatan :
  • Setiap widget memiliki desain yang berbeda-beda untuk tampilan versi mobile blog. Jika memang desain blog Anda tidak mengizinkan adanya sidebar pada penampilan versi mobile blog, maka Anda bisa meletakkan widget iklan itu di atas atau di bawah posting
  • Gunakan iklan responsif karena iklan bisa menyesuaikan tergantung pada device pengunjung blog.