Cara Mengatasi Error dan Auto Disconnecting Modem Smartfren

PelangiBlog.Com – Menggunakan internet melalui jaringan smartfren cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain kecepatannya cukup untuk membrowsing, biaya yang dikeluarkan juga tergolong murah. Ya, inilah salah satu dari sekian banyak alasan mengapa smartfren cukup diminati.

Sebelumnya, saya juga pernah menggunakan internet dengan modem smartfren type AC782 UI. Memang cukup puas karena di daerah pedesaan cukup sulit untuk mendapatkan fasilitas internet dengan biaya murah. Namun, terkadang ada beberapa kendala saat menggunakan modem smartfren, Anda mungkin juga pernah menemuinya jika Anda juga salah satu pemakai mdem smartfren.

Kendala itu bisa seperti terjadi error alias internet tidak bisa dikoneksikan atau auto disconnecting. Ini adalah kendala yang sering terjadi di kalangan pemakai modem smartfren. Nah, di sini saya ingin memberikan beberapa tips jika Anda juga pernah mengalami hal yang sama. Berikut tips dan cara mengatasi error atau auto disconnecting pada modem smartfren :

1. Cek Terlebih Dahulu Masa Aktif Paket Internet Smartfren Anda
Sebelumnya, Anda mungkin harus mengetahui kapan masa aktif paket internet smartfren Anda akan berakhir, jika Anda sendiri lupa. Anda bisa call *995 langsung dari modem Anda, akan ada sms masuk yang menjelaskan kapan masa aktif paket internet smartfren akan berakhir.

2. Restart Modem Smartfren
Langkah selanjutnya yang mungkin harus Anda lakukan untuk mengecek adalah dengan merestart modem smartfren Anda. Ini juga biasa terjadi termasuk yang dulu sering saya alami, apalagi jika modem smartfren adalah versi yang lama.

3. Jangan Gunakan DNS Pada Pengaturan Konfigurasi
Memang di beberapa tips blog menyarankan untuk menggunakan DNS pada pengaturan konfigurasi smartfren  untuk lebih memaksimalkan kecepatan modem. Namun, dalam beberapa kasus justru menggunakan DNS malah mengakibatkan koneksi tidak bisa sambung.

4. Restart Komputer Anda
Jika dua langkah di atas masih tidak bisa memecahkan masalah koneksi pada modem smartfren Anda, maka cobalah untuk merestart komputer Anda. Mungkin ada beberapa aplikasi yang belum sempurna saat Anda menyalakan komputer Anda sebelumnya.

5. Install Ulang Driver Modem Smartfren
Install ulang juga menjadi alternatif yang banyak disarankan jika Anda membaca tips-tips dari blog lain. Untuk intall ulang driver juga biasa disarankan tidak hanya untuk modem smartfren, tetapi juga modem lainnya. Anda juga bisa mencobanya jika memang beberapa tips sudah Anda lakukan.

6. Tunggu Sampai Server Jaringan Smartfren Normal
Ini mungkin menjadi pengalaman saya sebelumnya, pada saat itu bertepatan dengan hari raya idul fitri. Ya, meskipun beberapa kali saya merestart modem dan komputer, tetapi hal itu tidak pula berpengaruh. Bahkan saya sampai putus asa, dan ternyata memang server jaringan smartfren sedang down pada hari-hari besar seperti hari raya idul fitri.

7. Scan Komputer Anda
Adanya virus, malware, dan spyware di komputer Anda yang menyebabkan gangguan koneksi internet memang adalah kemungkinan yang sangat kecil, tetapi bisa juga terjadi. Untuk mengatasi masalah satu ini tentunya Anda membutuhkan anti virus yang kuat.