16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari

Media sosial memiliki peran dan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat di dunia


PelangiBlog.Com – Media sosial atau jejaring sosial sangat digandrungi oleh masyarakat saat ini, baik masyarakat Indonesia maupun dunia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Ini tidak bisa dipungkiri lagi, setiap kali ada waktu luang hampir semua orang menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas online di media sosial.

Seperti yang kita tahu, bahwa media sosial ini seperti Facebook, Twitter, Google +, Instagram, Pinterest, BBM, Line, dan lain-lain. Alasan sederhana mengapa banyak orang yang mengandrungi media sosial adalah interaksi online dengan teknologi mobile praktis yang bisa di bawa ke mana-mana, sehingga semua orang bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Baca artikel berikut ini :
5 Alasan Mengapa Anda Sangat Membutuhkan Media Sosial
11 Top Media Sosial Paling Populer Di Dunia.

Adapun media sosial memiliki peran penting yang sangat kuat bagi masyarakat saat ini, yang akan saya rangkum dalam beberapa point di bawah ini :

1. Komunikasi Online
Dengan memanfaatkan media sosial atau jejaring sosial, semua orang bisa melakukan komunikasi secara online, seperti chatting, pemberitahuan kabar, dan undangan. Bahkan bagi mereka yang sudah terbiasa, komunikasi dalam media sosial lebih efektif dari pada melalui call atau sms mobile.

2. Interaksi Online Sesama Teman
Karena memang media yang digunakan untuk sosial dan publik, maka berbagai aktivitas online pun bisa di lakukan di sini, interaksi online dari satu orang kepada orang-orang lainnya. Interaksi sosial ini bisa berupa update status, memberikan komentar, menambah teman baru, dan lain-lain.

3. Mencari Informasi, Berita, dan Pengetahuan
Media sosial berisi segudang informasi, berita, ilmu, pengetahuan, dan kabar terkini, malah informasi-informasi tersebut lebih cepat menyebar melalui media sosial dibanding media elektronik seperti TV. 

4. Menambah Teman dan Komunitas Online
Media sosial juga sebagai tempat untuk mengenal orang baru dan membuat sebuah komunitas tertentu, sehingga kita bisa mengenal banyak orang di berbagai daerah tanpa harus bertemu, juga membuat sebuah komunitas dengan ide atau hoby yang sama.

5. Teman Yang Selalu Ada Di Kala Sendiri
Media sosial selalu menjadi teman bagi pengguna di kala pengguna merasa kesepian selama akses internet masih bisa tersambung. Media sosial bisa mengisi hari-hari dan waktu kosong seseorang, ini yang terjadi pada umumnya.

6. Mendapatkan Hiburan
Perasaan sedih, stress, jenuh adalah perasaan yang bisa menimpa siapapun saja tergantung kondisi. Salah satu upaya yang dilakukan seseorang jika ia merasa jenuh, sedih, stress, dan kesepian adalah mendapatkan hiburan dengan berkunjung ke media sosial. Ya, tentu bukan hanya hiburan untuk mengisi kekosongan waktu dan pikiran, tetapi juga mendapatkan hiburan sesuai dengan sesuatu yang ia sukai.

7. Sebagai Sarana Promosi
Promosi dalam media sosial tidak lagi terdengar asing, karena ini sudah menjadi salah satu perannya, memperkenalkan produk baru, mempromosikan blog, dan lain sebagianya. Alasannya adalah untuk memperkenalkan dan mengajak orang lain agar bisa menikmati produknya.

Baca : Cara Mudah Mendapatkan Ribuan Facebook Fans Page, Free.

8. Sebagai Sarana Bisnis
Bagi mereka yang memiliki bisnis, media sosial juga menjadi batu loncatan yang bagus untu mengembangkan bisnisnya. Kamu mungkin sudah sering melihatnya, seperti penjualan barang di media sosial, sharing link untuk mendapatkan uang, dan lain sebaginya.


9. Sebagai Sarana Untuk Sharing dan Berbagi
Media sosial juga sering digunakan untuk sharing infomasi yang berguna bagi banyak orang, dari satu orang ke banyak orang lainnya. Dengan membagikan informasi tersebut, maka diharapkan banyak orang yang mengetahui informasi dalam skala nasional maupun internasional. Misalnya jika kamu mendapati artikel yang sangat berguna bagi banyak orang, maka kemungkinan kamu akan membagikan artikel itu juga untuk teman-temamu.

10. Tempat Untuk Mengekspresikan Diri
Ekspresi diri ini bisa berbentuk gambar, video, dan kata. Salah satu contoh ekspresi bentuk gambar adalah selfie, sedangkan ekspresi bentuk video adalah mengupload hal-hal lucu dan lain sebaginya agar teman bisa menontonnya, adapun ekspresi bentuk kata akan diterangkan pada point selanjutnya.


11. Tempat Curhat Masalah Pribadi
Curhat merupkan salah satu bentuk ekspresi diri, biasanya dengan kata-kata. Kekesalan, kesedihan, kebahagiaan, status, dan lain sebagianya adalah contoh ekspresi diri yang  terlalu sering kamu lihat dalam media sosial.

12. Kontak Jodoh
Ternyata, banyak juga orang yang mendapatkan jodoh dari perkenalan melalui media sosial. Awalnya memang hanya sebuah perkenalan, pertemanan, pertemuan, kemudian berlanjut sampai ke pelaminan. Tetapi hati-hati karena banyak sekali modus penipuan dengan model pencarian jodoh.

13. Mempopulerkan Diri
Media sosial juga bisa saja membuat seseorang dikenal oleh banyak publik, baik skarena disengaja maupun tidak disengaja. Populer semacam ini biasanya dikarenakan orang itu memiliki hal unik yang menarik perhatian, informasi mulai menyebar dari shaing satu orang ke orang lainnya. 

14. Mengikuti Artis Idola
Bagi ara artis, media sosial akan sanat membantu untuk mendapatkan followers dan fans. Begitu juga dengan para fans, mereka bisa dengan mudah menemukan artis idola mereka dan mengikuti setiap aktivitas status terbaru.

15. Doktrin Untuk Menyebarkan Keyakinan
Media sosial juga merupakan sebuah sarana untuk menyebarkan keyakinan beragama. Kamu mungkin sudah sering melihat group atau komunitas dengan berlabel agama, di dalamnya pun berisi beberapa nasehat, pengajian, dan hal-hal yang terkat dengan imu agama.

16. Menggerakkan Masyarakat
Masalah-masalah seperti politik, pemerintahan, suku, dan agama, merupakan masalah serius yang bisa mengundang banyak tanggapan dan tindakan. Salah satu upaya untuk menanggapi maslaah-masalah seperti itu biasanya dilakukan melalui akun media sosial, tanggapan yang berupa kritikan, celaan, dan pembelaan.

Apa Sisi Negatif Dari Media Sosial Bagi Kehidupan Sehari-hari ?
Tentu saja media sosial juga memberikan dampak buruk bagi kehidupan semua orang secara umumnya, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi : Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat.

Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari
16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari
Media sosial memiliki peran dan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat di dunia
https://2.bp.blogspot.com/-ClpnZYezCtc/Vmd16d_zyII/AAAAAAAABeE/cUgMCL-dpXU/s640/16%2BPeran%2Bdan%2BManfaat%2BMedia%2BSosial%2BBagi%2BMasyarakat%2BSehari-hari.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ClpnZYezCtc/Vmd16d_zyII/AAAAAAAABeE/cUgMCL-dpXU/s72-c/16%2BPeran%2Bdan%2BManfaat%2BMedia%2BSosial%2BBagi%2BMasyarakat%2BSehari-hari.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2015/12/16-peran-dan-manfaat-media-sosial-bagi.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2015/12/16-peran-dan-manfaat-media-sosial-bagi.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy