16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari

16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari


16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari - Media sosial atau jejaring sosial sangatlah digandrungi oleh publik online di era milenial saat ini, baik masyarakat Indonesia maupun dunia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Ini tidak bisa dipungkiri lagi, setiap kali ada waktu luang hampir semua orang menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas online di media sosial.

Seperti yang kita tahu, bahwa media sosial ini seperti Facebook, Twitter, Tiktok, Youtube, Instagram, Pinterest, Whatsapp, dan lain-lain. Alasan sederhana mengapa banyak orang yang mengandrungi media sosial adalah interaksi online dengan teknologi mobile praktis yang bisa di bawa ke mana-mana, sehingga semua orang bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Baca artikel berikut ini :
5 Alasan Mengapa Anda Sangat Membutuhkan Media Sosial
11 Top Media Sosial Paling Populer Di Dunia.


Manfaat Media Sosial Dalam Kehidupan

Adapun peran dan manfaat media sosial dalam kehidupan sehari-hari, maka berikut beberapa poin dan penjelasan singkatnya :

1. Media Sosial Sebagai Komunikasi Online

Dengan memanfaatkan media sosial atau jejaring sosial, semua orang bisa melakukan komunikasi secara online, seperti chatting, pemberitahuan kabar, dan undangan. Bahkan bagi mereka yang sudah terbiasa, komunikasi dalam media sosial lebih efektif dari pada melalui call atau sms mobile.

2. Media Sosial Adalah Tempat Berinteraksi Secara Online

Karena memang media yang digunakan untuk sosial dan publik, maka berbagai aktivitas online pun bisa di lakukan di sini, interaksi online dari satu orang kepada orang-orang lainnya. Interaksi sosial ini bisa berupa update status, memberikan komentar, menambah teman baru, dan lain-lain.

3. Media Sosial Sebagai Tempat Untuk Mencari Informasi, Berita, dan Pengetahuan

Media sosial berisi segudang informasi, berita, ilmu, pengetahuan, dan kabar terkini, malah informasi-informasi tersebut lebih cepat menyebar melalui media sosial dibanding media elektronik seperti TV.

Baca juga : Manfaat Smartphone Dalam Proses Pembelajaran.

4. Menambah Teman dan Komunitas Online

Media sosial juga sebagai tempat untuk mengenal orang baru dan membuat sebuah komunitas tertentu, sehingga kita bisa mengenal banyak orang di berbagai daerah tanpa harus bertemu, juga membuat sebuah komunitas dengan ide atau hoby yang sama.

5. Teman Yang Selalu Ada di Kala Sendiri

Media sosial selalu menjadi teman bagi pengguna di kala pengguna merasa kesepian selama akses internet masih bisa tersambung. Media sosial bisa mengisi hari-hari dan waktu kosong seseorang, ini yang terjadi pada umumnya.

6. Media Sosial Sarana Untuk Mendapatkan Hiburan

Perasaan sedih, stress, jenuh adalah perasaan yang bisa menimpa siapapun saja tergantung kondisi. Salah satu upaya yang dilakukan seseorang jika ia merasa jenuh, sedih, stress, dan kesepian adalah mendapatkan hiburan dengan berkunjung ke media sosial. Ya, tentu bukan hanya hiburan untuk mengisi kekosongan waktu dan pikiran, tetapi juga mendapatkan hiburan sesuai dengan sesuatu yang ia sukai.

7. Manfaat Media Sosial Sebagai Sarana Promosi

Promosi dalam media sosial tidak lagi terdengar asing, karena ini sudah menjadi salah satu perannya, memperkenalkan produk baru, menawarkan jasa, dan lain sebagianya. Alasannya adalah untuk memperkenalkan dan mengajak orang lain agar mereka bisa menikmati, membeli, dan menggunakan produknya.

8. Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis

Bagi mereka yang memiliki bisnis, media sosial juga menjadi batu loncatan yang bagus untuk mengembangkan bisnisnya. Kamu mungkin sudah sering melihatnya, seperti penjualan barang di media sosial, sharing link untuk mendapatkan uang, dan lain sebaginya.

9. Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Sharing dan Berbagi

Media sosial juga sering digunakan untuk sharing infomasi yang berguna bagi banyak orang, dari satu orang ke banyak orang lainnya. Dengan membagikan informasi tersebut, maka diharapkan banyak orang yang mengetahui informasi dalam skala nasional maupun internasional. Misalnya jika kamu mendapati artikel yang sangat berguna bagi banyak orang, maka kemungkinan kamu akan membagikan artikel itu juga untuk teman-temamu.

10. Media Sosial Adalah Tempat Untuk Mengekspresikan Diri

Ekspresi diri ini bisa berbentuk gambar, video, dan kata. Salah satu contoh ekspresi bentuk gambar adalah selfie, sedangkan ekspresi bentuk video adalah mengupload hal-hal lucu dan lain sebaginya agar teman bisa menontonnya, adapun ekspresi bentuk kata akan diterangkan pada point selanjutnya.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Wanita Suka Foto Selfie.

11. Media Sosial Adalah Tempat Curhat Masalah Pribadi

Curhat merupkan salah satu bentuk ekspresi diri, biasanya dengan kata-kata. Kekesalan, kesedihan, kebahagiaan, status, dan lain sebagianya adalah contoh ekspresi diri yang  terlalu sering kamu lihat dalam media sosial.

12. Bisa Jadi, Media Sosial Adalah Tempat Menemukan Jodoh

Ternyata, banyak juga orang yang mendapatkan jodoh dari perkenalan melalui media sosial. Awalnya memang hanya sebuah perkenalan, pertemanan, pertemuan, kemudian berlanjut sampai ke pelaminan. Tetapi hati-hati karena banyak sekali modus penipuan dengan model pencarian jodoh.

13. Media Sosial Juga Sebagai Tempat Untuk Mempopulerkan Diri

Media sosial juga bisa saja membuat seseorang dikenal oleh banyak publik, baik skarena disengaja maupun tidak disengaja. Populer semacam ini biasanya dikarenakan orang itu memiliki hal unik yang menarik perhatian, informasi mulai menyebar dari shaing satu orang ke orang lainnya. 

14. Mengikuti Artis Idola

Bagi ara artis, media sosial akan sanat membantu untuk mendapatkan followers dan fans. Begitu juga dengan para fans, mereka bisa dengan mudah menemukan artis idola mereka dan mengikuti setiap aktivitas status terbaru.

15. Doktrin Untuk Menyebarkan Keyakinan

Media sosial juga merupakan sebuah sarana untuk menyebarkan keyakinan beragama. Kamu mungkin sudah sering melihat group atau komunitas dengan berlabel agama, di dalamnya pun berisi beberapa nasehat, pengajian, dan hal-hal yang terkat dengan imu agama.

16. Manfaat Media Sosial Untuk Menggerakkan Masyarakat

Masalah-masalah seperti politik, pemerintahan, suku, dan agama, merupakan masalah serius yang bisa mengundang banyak tanggapan dan tindakan. Salah satu upaya untuk menanggapi maslaah-masalah seperti itu biasanya dilakukan melalui akun media sosial, tanggapan yang berupa kritikan, celaan, dan pembelaan.


Apa Sisi Negatif Dari Media Sosial Bagi Kehidupan Sehari-hari ?

Tentu saja media sosial juga memberikan dampak buruk bagi kehidupan semua orang secara umumnya, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi : Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat.