Bisnis Online vs Bisnis Real Offline, Mana Yang Terbaik ?

Bisnis Online vs Bisnis Real Offline, Mana Yang Terbaik ?

Bisnis Online vs Bisnis Real Offline, Mana Yang Terbaik ? - Membangun sebuah bisnis adalah impian semua orang, bekerja dan menghasilkan pemasukan yang bisa mendukung kehidupan sehari-hari. Ini penting demi menyambut masa depan yang lebih cerah karena siapaun tidak mau hidup sensara.

Tetapi, dalam era yang serba modern ini, membangun bisnis tidak harus secara real, faktanya banyak bisnis bersifat virtual online di internet. Tentu ini memunculkan sebuah pertanyaan baru “Bisnis online dan bisnis real offline, mana yang lebih baik ?”.

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita bersama-sama membandingkan mana yang lebih baik dari keduanya dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut ini :

1. Dalam Segi Waktu

Jika kamu membangun sebuah bisnis sendiri, baik online maupun offline, kamu adalah Big Boss. Artinya kedunya tidak mengikat dan bersifat fleksibel dalam hal waktu, kamu bisa leluasa menjalani aktivitas sehari-hari yang dirasa lebih penting. Bahkan jika kamu memperkerjakan beberapa karyawan, kamu malah bisa dengan leluasa memanfaatkan waktu untuk santai karena kamu hanya memantau karyawan.

Kesimpulan : SERI

2. Biaya dan Modal

Jika dilihat dari jumlah modal dan biaya yang harus dikeluarkan, membangun bisnis online (misalkan toko online) membutuhkan biaya yang cukup besar, biaya hosting, domain, listrik, menyewa jasa desain web, paket internet setiap bulan, dan lain sebagainya.

Tetapi, jika kamu membangun sebuah perusahaan atau toko real, maka biaya dan modal relatif lebih besar dari pada kamu membangun sebuah toko online, biaya untuk tempat, beberapa aksesoris, biaya untuk memborong pakaian dan baju, perizinan, dan lain sebagainya. Kamu bisa membayangkan sendiri banyaknya biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal.

Kesimpulan : Bisnis Online is WIN

3. Keahlian

Setiap bisnis yang ingin dikembangkan tentu membutuhkan pengalaman dan keahlian, karena jika tidak kemungkinan bisnis tersebut akan mudah down tanpa keuntungan. Begitu pula demikian, kamu tentu harus memiliki pengalaman dan keahlian dalam mebangun bisnis online maupun offline, keahlian dalam pemasaran, promosi, target, produk, peka terhadap masalah yang muncul, persaingan, pengembangan, dan lainnya.

Kesimpulan : SERI

4. Tempat

Jika kamu membangun sebuah perusahaan, maka kamu tentu akan bekerja pada kantor di mana perusahaan itu dibangun, kamu setiap harinya akan menghabiskan waktu di sana. Berbeda jika kamu memiliki bisnis online, kamu masih bisa bekerja di manapun  dan kapanpun kamu berada, karena teknologi seluler yang lebih canggih.

Kesimpulan : Bisnis Online is WIN

5. Pemasaran dan Promosi

Pasar pemasaran untuk produk bisnis online kamu lebih luas ke seluruh penjuru dunia. Biaya untuk pemasaran pun relatif lebih murah karena kamu hany butuh promosi melalui iklan online dan beberapa backlink agar produk kamu mulai dikenal.

Sedangkan untuk pasar pemasaran produk bisnis offline hanya terbatas di beberapa daerah saja dengan melihat kebutuhan pelanggan dan besarnya biaya, ini adalah awal merintis bisnis kamu. Jika bisnis kamu sudah berkembang bahkan sampai tingkat international, biaya pemasaran pun akan jauh lebih banyak.

Kesimpulan : Bisnis Online is WIN

6. Jumlah Tenaga Kerja atau Karyawan

Semakin berkembang bisnis dalam sebuah toko atau perusahaan, maka akan semakin banyak pula memperkerjakan karyawan, selain itu lebih besar pula gaji yang dikeluarkan untuk para karyawan. Sedangkan jumlah karyawan untuk bisnis online yang berkembang tidak sebanyak seperti bisnis offline, biaya untuk gaji pun juga lebih kecil tentunya.

Kesimpulan : Bisnis Online is WIN

7. Konsumen dan Pelanggan

Karena bisnis online bersifat virtual, pelanggan tidak melihat barang secara nyata dan hanya gambarnya saja, ini memungkinkan pelanggan kurang percaya karena takut kena tipu, kecuali jika bisnis online kamu sudah dikenal publik. Tentu ini berbeda dengan bisnis offline yang mana pelanggan mengetahui barang dan tempat secara langsung.

Kesimpulan : Bisnis Offline is WIN

8. Keuntungan

Jika dilihat dari segi keuntungan, bisnis offline lebih banyak mengeluarkan modal dan biaya, tentu keuntungan yang diraih lebih besar jika bisnis tersebut berkembang pesat. Meskipun bisnis online juga sama, tetapi keuntungan tidak sebesar seperti bisnis offline.

Kesimpulan : Bisnis Offline is WIN

9. Resiko

Setiap pekerjaan dan bisnis pasti memiliki resiko, ini tergantung dari situasi dan keadaan tertentu yang memungkinkan adanya resiko. Jadi dalam point ini resiko keduanya sama-sama ada, adapaun besar kecilnya bersifat relatif.

Kesimpulan : SERI


Kesimpulan Secara Keseluruhan :

Jika dilihat dari beberapa pertimbangan di atas, perbandingan Bisnis online : Bisnis Offline adalah 4 : 2, bahkan secara umum bisnis online lebih unggul. Tetapi ini tergantung dari setiap individu bagaimana ia menyikapinya, jika kamu menekuni bisnis online, maka kembangkan bisnis online kamu, jika kamu menekuni bisnis offline maka kembangkan bisnis offline kamu.