10 Hal Yang Bisa Memicu Pertengkaran Rumah Tangga

Semakin sering pertengkaran terjadi maka keharmonisan rumah tangga pun akan semakin layu

10 Hal Yang Bisa Memicu Pertengkaran Rumah Tangga

PelangiBlog.Com – Semua orang pasti mengidam-idamkan sebuah rumah tangga yang damai, sejahtera, dan harmonis. Namun, seharmonis apapun rumah tangga yang sudah dibangun, tentu saja tidak akan luput dari masalah baru yang akan muncul. Ini tergantung bagaimana masing-masing pasangan untuk menyikapi masalah tersebut dan tetap mempertahankan keharmonisan agar tidak layu begitu saja.

Memang ini bukanlah hal yang mudah, kenyataannya pertengkaran kecil pun kian terjadi meskipun rumah tangga sudah berlangsung begitu lama. Untuk itulah, sangat penting sekali untuk mencegah beberapa sifat yang bisa memicu pertengkaran kecil dalam rumah tangga, karena semakin sering pertengkaran terjadi maka keharmonisan pun akan semakin layu :

1. Anda Kurang Bisa Mengerti dan Mamahami Perasaan Pasangan Anda
Pertengkaran bisa saja terjadi akibat Anda kurang bisa mengerti dan memahami pasangan Anda, apa yang diinginkan olehnya, apa kesalahan yang dilakukkannya, dan apa yang membuatnya bersikap tidak normal seperti biasa. Sehingga hal semacam ini sering kali membuat kesalahfahaman yang bisa memicu pertengkaran kecil.

2. Anda Kurang Bisa Memahami Kondisi Yang Ada
Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan bukan ?. Tetapi, ketidakpekaan Anda dalam memahami kondisi yang ada, akan membuat emosi semakin meningkat kemudian pertengkaran pun mulai terjadi. Anda menyalahkan pasangan Anda karena Anda tdak tahu apa sebenarnya yang terjadi.

3. Anda Lebih Mengedepankan Sifat Egois Diri
Keegoisan tidak menjadikan sebuah persatuan, malah menjadi jurang pemisah. Begitu pun dengan keadaan rumah tangga Anda, keegoisan membuat Anda tidak bisa memahami perasaan dan kondisi yang ada, Anda lebih sering menyalahkan pasangan tanpa bisa mengoreksi diri, Anda lebih ingin dihargai tanpa menghargai orang lain, Anda merasa ingin menang sendiri, Anda merasa keputusan Anda lebih baik tanpa bisa menyaring keputusan orang lain, dan lain sebagainya. Dari kenyataan yang ada, pertengkaran suami istri sering kali terjadi karena rasa egois masing-masing, apalagi terdapat perbedaan mencolok antar keduanya.

4. Anda Menyikapi Masalah Dengan Emosi
Dalam rumah tangga, masalah akan terus silih berganti, sehingga Anda harus pandai-pandai dalam menyikapi masalah tersebut. Jika Anda menyikapi masalah tersebut dengan emosi, justru akan menambah masalah menjadi lebih besar lagi. Emosi dan amarah atas sebuah masalah bagaikan api yang menyambar, jadi jangan berpikir untuk mematikan api dengan api lainnya.

5. Anda Sering Berbohong
Ketidakjujuran Anda merupakan sifat yang bisa merusak hubungan, tentu saja ada banyak alasan bagi pasangan Anda untuk memulai pertengkaran rumah tangga. Sebanyak apapun Anda menutupi diri Anda dengan kebohongan, suatu saat kebohongan itu akan menjadi duri bagi Anda sendiri.

6. Anda Mulai Dekat Dengan Orang Lain
Setiap orang pasti tidak mau dihianati atas apa yang sudah dijalin bersama, pastinya itu akan menjadi kekecewaan yang dalam. Jika Anda mulai mencintai orang lain dibanding pasangan Anda sendiri, rasanya tidak ada alasan untuk tidak terjadi pertengkaran suami istri. Ya, fakta berbicara bahwa perselingkuhan akan memicu pertengkaran hebat yang berujung pada perceraian.

7. Anda Kurang Perhatian Kepada Pasangan Anda
Pertengkaran kecil juga bisa disebabkan karena Anda kurang perhatian kepada pasangan Anda, misalnya Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan dan terlalu fokus dengan karir sehingga banyak melupakan waktu berharga bersama pasangan Anda di rumah, atau Anda kurang pandai dalam membuat pasangan Anda menjadi lebih nyaman, dan lain sebagainya. Hal semacam ini akan menyebabkan pasangan Anda semakin jenuh dengan hubungan yang sudah terjalin.

8. Kurangnya Keterbukaan Antara Anda dan Pasangan Anda
Selanjutnya, bayangkan bagaimana jika pasangan Anda bersikap seperti menutup-nutupi sesuatu dari Anda, bahkan untuk semua hal yang menyangkut masalah rumah tangga, pastinya akan timbul rasa curiga, Anda merasa bahwa dia menganggap Anda bukan siapa-siapa, Anda mulai tidak percaya dengannya, bahkan Anda pun lebih mudah emosi saat mendengar alasannya.

9. Anda TerLalu Terbuka Kepada Orang Lain
Memang ada baiknya jika Anda membuka rahasia tentang masalah rumah tangga Anda kepada orang lain untuk memperoleh solusi. Namun, ada yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini, jika Anda membeberkan masalah rumah tangga kepada sembarang orang, apalagi sampai membeberkan kekurangan pasangan Anda, maka hal ini mungkin akan menjadi alasan utama pertengkaran rumah tangga Anda.

10. Sifat Pencemburu dan Protektif Berlebihan
Anda tentu tidak ingin pasangan Anda keluar dari jalur-jalur rumah tangga sehingga Anda memberikan batasan tertentu. Anda benar, sifat protektif terkadang memang dibutuhkan, tetapi jika keterlaluan maka akan menjadikan ketidakbaikan. Jika Anda terlalu berlebihan membatasi langkah pasangan Anda, misalnya Anda menegur sambil marah ketika dia berkomunikasi dengan teman lama, maka lama-kelamaan pasangan Anda pun mulai terkekan dan merasa kurang nyaman dengan hubungan Anda.

Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 10 Hal Yang Bisa Memicu Pertengkaran Rumah Tangga
10 Hal Yang Bisa Memicu Pertengkaran Rumah Tangga
Semakin sering pertengkaran terjadi maka keharmonisan rumah tangga pun akan semakin layu
https://1.bp.blogspot.com/-6PjST7-Ut0Y/V_i4Xz76MmI/AAAAAAAACeo/6904hobFtGc6TkgtJt7RDaGu0DnE51RFgCLcB/s640/10%2BHal%2BYang%2BBisa%2BMemicu%2BPertengkaran%2BRumah%2BTangga.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6PjST7-Ut0Y/V_i4Xz76MmI/AAAAAAAACeo/6904hobFtGc6TkgtJt7RDaGu0DnE51RFgCLcB/s72-c/10%2BHal%2BYang%2BBisa%2BMemicu%2BPertengkaran%2BRumah%2BTangga.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/10/10-hal-yang-bisa-memicu-pertengkaran.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/10/10-hal-yang-bisa-memicu-pertengkaran.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy