Pengertian Email, Manfaat dan Kekurangannya

Dalam dunia yang serba modern ini, kita semua dituntut untuk lebih peka dan mampu beradaptasi terhadap perkembangannya. Internet merupakan salah satu realita yang sudah tak asing lagi di dengar dan dilihat. Nah, salah satu bentuk realita online yang biasa kita dengar dan kita kenal adalah istilah "email". Mungkin bagi sebagian besar orang sudah cukup mengenal, tetapi tidak semuanya. Untuk itulah di sini adalah beberapa hal penting terkait email yang perlu untuk diketahui.


Pengertian Email

Istilah emai adalah singkatan dari “Electronic Mail” atau surat elektronik yang menjadi sebuah media komunikasi elektronik yang berfungsi untuk mengirim dan menerima surat atau file yang bisa berupa text, images atau foto, audio, video, dan beberapa file lainnya yang bisa dijangkau di seluruh dunia lewat dunia internet. Email memiliki peran yang amat penting bagi manusia khususnya bagi para pengguna internet. Hampir semua pengguna internet membutuhkan email, baik untuk interaksi, transaksi, dan komunikasi secara online.


Fungsi dan Manfaat Email

Secara umum, email mempunyai beberapa fungsi dan manfaat yang di antaranya adalah :

1. Email Sebagai Media Komunikasi Dunia Online

Email merupakan salah satu media komunikasi yang mudah dan efektif di dunia online. Pengguna email bukan hanya di suatu negara saja, tetapi juga di berbagai negara di seluruh dunia. Sehingga setiap setiap orang bisa memberikan informasi kepada orang lain di negara yang berbeda.

2. Email Adalah Tempat Mengirim-Menerima Pesan, Text, dan File Lainnya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, email merupakan sarana komunikasi yang penting di dunia internet. Melalui email, kita bisa mengirim pesan dan file-file tertentu yang kita upload ke email kita, dan tentu kita mengirimnya juga harus ke sesama email. Kita pun bisa mengirim pesan ke nomor HP milik teman kita melalui email.

Selain mengirim, tentu email pun berfungsi menerima beberapa pesan yang telah dikirimkan di dalamnya. Kita bisa membaca dan mendownload file-file yang dilampirkankan pengirim pada email kita.

4. Email Juga Digunakan Untuk Menyimpan Sebagian Data

Email juga bisa digunakan untuk menyimpan beberapa arsip dan data penting baik bagi perorangan, kelompok, organisasi, dan juga perusahaan. Ini memudahkan kita dalam menyiapkan file sebagai cadangan dalam internet, baik file gambar, dokumen, text, rar, audio, maupun video singkat.

5. Email Sebagai Akses Bergabung di Media Sosial Dan Banyak Situs Lainnya

Email juga mempunyai fungsi sebagai batu loncatan awal dalam bergabung di beberapa jaringan sosial dan site-site tertentu seperti facebook, twitter, beberapa jaringan bisnis online, dan lain-lain. Bahkan untuk memberikan komentar, review, dan beberapa ulasan lain, kamu akan membutuhkan email.

6. Email Sebagai Komunikasi Formal Dalam Dunia Bisnis

Email juga berfungsi sebagai media untuk melakukan komunikasi formal dalam dunia bisnis, baik itu memasarkan produk, transaksi barang, dan lain sebagainya. Contoh sederhananya, misalnya ada seorang marketing dari suatu situs yang hendak menawarkan kerjasama atau semacamnya,maka ia akan menghubungi melalui email sebagai bentuk penawaran kerjasama secara formal.

7. Email Sebagai Notifikasi Atas Interaksi Online

Sebagai media akses bergabung di media sosial atau situs-situs tertentu, biasanya email menjadi alat untuk memberikan notifikasi (pemberitahuan) pada pengguna, baik notifikasi tentang keamanan, pelayanan, support, pemberitahuan hal terbaru, pengingat, dan lain sebagainya. 

8. Email Sebagai Media Promosi

Email juga merupakan media mempromosikan situs-situs tertentu dengan tujuan situs tersebut mendapatkan banyak pengunjung, member, dan anggota. Dalam hal ini, email berfungsi seperti iklan online, hanya saja melalui pesan.

9. Kadang, Email Digunakan Sebagai Syarat Melamar Pekerjaan

Beberapa di antara perusahaan dunia khususnya di Indonesia mengharuskan para karyawan dan pegawai mampu dan pandai dalam menggunakan email. Begitu juga bagi para pelamar kerja, email merupakan syarat yang ditentukan dalam melamar kerja.


Kekurangan Dalam Email

Meskipun banyak manfaat yang dalam menggunakan email, tetapi juga ada hal-hal negatif yang dapat ditemukan dalam menggunakan email, yaitu antara lain :

1. Email Bisa Menjadi Media Penyebaran Virus, Walware, Phising, dan Hacking

Email juga menjadi tempat dalam menyebarkan virus komputer, Walware, Phising, dan Hacking oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya,teknik seperti ini dengan mengirimkan pesan yang di dalamnya ada sebuah link yang mencurigakan. Apabila link tersebut diklik, maka bisa jadi sebuah walware, phising, atau hacking. 

Untuk itu, berhati-hatilah jika kita mendapatkan email yang terlihat aneh dan mencurigakan. Namun, biasanya email akan mendeteksi kiriman tersebut sebagai spam. Langkah yang baik jika kita menerima pesan di kotak spam adalah menghapus pesan tersebut tanpa membacanya.

2. Email Sebagai Media Spammer

Email juga menjadi media bagi orang-orang yang para spammer untuk mengirimkan pesan-pesan yang menjengelkan, misalnya pesan promosi berlebihan, pesan pengajak pada konten atau situs tertentu secara berlebihan. Kamu bisa mengabaikan pesan-pesan seperti ini atau menadainya sebagai pesan spam apabila masuk ke halaman pesan masuk.

3. Media Penipuan

Banyak penipuan yang terjadi di dunia internet, yang salah satu penyebarannya adalah lewat email. Hal ini bisa berbentuk pesan dengan promosi yang menggiurkan atau pesan dengan merujukkan link pada situs-situs penipu atau scam. Tetapi tetap saja, email mendeteksi pesan tersebut sebagai spam, jadi hapus saja pesan tersebut.


Situs-Situs Penyedia Akun Email Secara Gratis

Adapun situs penyedia email secara gratis sangat banyak, yang di antaranya adalah :

1. Gmail.com, penyedia email milik google

2. Yahoo.com, penyedia email milik yahoo

3. Outlook.com, penyedia email milik microsoft

4. Mail.com, penyedia email milik United Internet

5. Mail.telkom.net, penyedia email Indonesia milik Telkom Indonesia

6. Plasa.com, penyedia email Indonesia milik Telkom Indonesia.

7. Dan masih banyak lagi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url