Cara Menampilkan Popular Posts di Blog

Berbicara mengenai blog, istilah "popular posts" pasti merujuk pada posting-posting atau artikel-artikel yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung. Kamu pasti tentu sangat mengenal popular posts. Tentu, karena popular post sangat umum di tampilkan pada sidebar blog. Tujuannya adalah menampilkan posting atau artikel yang paling diminati oleh para pengunjung, sehingga menarik pengunjung lainnya untuk membaca posting-posting atau artikel-artikel tersebut. 

Saya kira, semua platform blog pasti menyediakan fitur popular posts bagi para penggunanya,baik wordpress, blogger, joomla, dan lainnya. Di platform blogger sendiri, fitur popular posts bisa diatur pada halaman layout atau tata letak dalam hitungan detik saja.

Umumnya, fitur popular posts yang disediakan pihak blogger memang sangat sederhana penampilannya. Kamu bisa melakukan koding sendiri dan mengatur sedemikian rupa agar tampilan popular post sedikit lebih terlihat menarik dan elegan. 

Dan perlu diingat juga bahwa pengkodingan kode HTML di blogger untuk menampilkan popular post yang keren dan elegan bisa tergantung dari template blog yang digunakan, apalagi kamu menggunakan template blog gratisan. Setiap pembuat template pasti memiliki karakter kode berbeda di setiap template yang mereka buat, jadi bisa jadi tutorial pengkodingan HTML dari suatu blog mungkin tidak akan bekerja di template blogmu.


Cara Menampilkan Popular Posts di Blog

Nah, pada pertemuan kali ini saya ingin menerangkan tentang bagaimana cara untuk menampilkan popular post, tetapi tentu saja ini adalah tutorial untuk para blogger pemula.

1. Masuk ke akun Blogger

2. Klik  "Tata Letak" atau "Layout"

3. Klik "Add Gadget" atau "Tambahkan Gadget"

4. Nah, kamu akan disuguhi beberapa fitur pilihan, maka pilihlah "Popular Post"

5. Jika sudah selesai, silahkan klik "Save" atau "Simpan"

Catatan :

Coba perhatikan pada poin yang kelima di atas, kamu bisa mengatur artikel-artikel blogmu berdasarkan waktunya, misalnya satu minggu, satu bulan, atau semua waktu. Artinya, artikel-artikel popular posts yang akan kamu tampilkan tergantung dari banyaknya pengunjung pada waktu yang telah ditentukan di atas.

Sedangkan judul pada widget popular posts bisa kamu ganti sesuai selera, misalnya trending posts, artikel terpopuler, artikel yang direkomendasikan, dan lain sebagainya. Ini akan memberitahu pengunjung mengenai artikel paling diminati oleh pengunjung lainnya di dalam blogmu, terima kasih.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url