Perbedaan Blogger dan Wordpress, Mana Yang Lebih Baik ?

Blogger dan wordpress merupakan dua platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat akun blog pribadi maupun organisasi untuk tujuan menulis online. Jika dibandingkan dengan plaform-platform penyedia blog lainnya, blogger dan wordpress adalah yang paling besar dan paling banyak digunakan di seluruh dunia, khususnya di Indonesia sendiri.

Tentunya, terkait dengan keberadaan dua platform besar ini, muncullah sebuah pertanyaan, “manakah yang lebih baik antara blogger dan wordpress ?”. Nah, untuk itulah di sini ada penjelasan singkat mengenai perbedaan antara blogger dan wordpress yang bisa dijadikan pertimbangan.


Mengenal Platform Blogger dan Wordpress

Hal pertama yang perlu diketahui adalah mengenal lebih dekat tentang apa itu blogger dan apa itu wordpress. Untuk itulah, coba kamu simak ulasan singkat berikut ini :

1. Apa itu Blogger ?

Blogger atau dikenal juga dengan istilah blogspot merupakan platform penyedia akun blog yang dikembangkan oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999. Namun, pada tahun 2003, Blogger dibeli dan dikembangkan oleh Perusahaan Google hingga sampai saat ini. 

Ini artinya, jika kamu sudah memiliki Google Mail (Gmail), kamu bisa langsung login dengan gmail dan password yang sama dan langsung bisa membuat blog pribadimu. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa pengguna blogger juga dapat mendaftar dan membuat akun blog meskipun dengan selain gmail, misalnya dengan Yahoo Mail (Ymail), Outlook, Protonmail, dan lain sebagainya.

2. Apa itu Wordpress ?

Wordpress merupakan patform penyedia akun blog dan website yang dikembangkan oleh Perusahaan WordPress Foundation dengan dasar pangkalan data MySQL dan bahasa pemrograman PHP yang dirilis sejak 27 Mei 2003, yang mana sebeumnya dikenal dengan nama b2/cafeblog.

Wordpress sendiri terbagi menjadi dua perusahaan yang memberikan layanan yang berbeda, yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org. Secara umum, keduanya ini dapat disimpulkan sebagaimana berikut ini :

  • Wordpress.com adalah layanan gratis untuk para pengguna wordpress yang ingin membuat blog sendiri dengan mudah dan cepat (wordpress gratisan).
  • Wordpress.org adalah layanan berbayar untuk para pengguna wordpress yang ingin membuat blog sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan domain dan server sendiri (wordpress berbayar).


Blogger vs Wordpress (Gratisan), Mana Yang Lebih Baik ?

Jika ditinjau dari sisi persamaannya, blogger dan wordpress memiliki satu persamaan utama yaitu sama-sama menyediakan layanan blog secara gratis. Layanan blogger gratisan dapat diketahui dari alamat blog yang menunjukkan domain gratisan yaitu .blogspot.com. Sedangkan layanan wordpress gratisan dapat diketahui dari alamat blog yang menunjukkan domain gratisan yaitu .wordpress.com.

Namun, sebagai sesama platform penyedia layanan blog gratisan, (menurut saya) blogger jauh lebih baik daripada wordpress. Adapun perbedaan yang menunjukkan keunggulan blogger melebihi wordpress gratisan adalah sebagaimana berikut :

  • Cara pembuatan blogger lebih mudah, apalagi kamu sudah memiliki akun Google. Sedangkan kamu masih harus konfirmasi email dan sebagainya untuk membuat akun wordpress gratisan 
  • Blogger mendukung semua bahasa, sedangkan bahasa pada layanan wordpress gratisan masih dibatasi
  • Kapasitas penyimpanan data (gambar, video, audio, dan lainnya) di Blogger untuk data bisa mencapai 15 Gb, sedangkan wordpress gratisan hanya dibatasi 3 Gb
  • Blogger mendukung upload template-template baru, sedangkan upload tema pada wordpress hanya diperuntukkan untuk yang berbayar
  • Blogger mendukung pemasangan iklan seperti Adsense untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sedangkan pemasangan iklan untuk wordpress gratisan tidak tersedia
  • Blogger mendukung perayapan dan analisis blog melalui situs-situs tracking seperti Google Analytics, sedangkan wordpress gratisan tidak.

Poin-poin di atas hanya sebagian kecil dari keunggulan blogger daripada wordpress gratisan. Intinya, fitur-fitur pada layanan wordpress gratisan sangatlah terbatas, sehingga pengguna tidak bisa leluasa membuat blog sebagaimana keinginannya.


Blogger vs Wordpress (Berbayar), Mana Yang Lebih Baik ?

Ada perbedaan yang cukup signifikan antara blogger dan wordpress berbayar. Kamu bisa mencermati sebagaimana ulasan singkat di bawah :

1. Fitur Wordpress Jauh Lebih Banyak dan Lebik Baik Daripada Blogger

Pengguna wordpress berbayar dapat mengaktifasi semua fitur dan tool yang terbatasi, baik dukungan bahasa, pemasangan iklan, tracking blog, upload tema, dan lain sebagainya. Bahkan banyak sekali fitur yang tidak dimiliki oleh blogger. Dengan demikian, pengguna bisa leluasa mengelola blog sesuai dengan keinginannya.

2. Wordpress Memungkinkan Pengguna Memiliki Kontrol dan Kepemilikan Penuh

Wordpress merupakan platform yang sifatnya adalah open source. Artinya kamu bisa melakukan pengelolaan, memodifikasi, mengontrol, dan mengkonfigurasi secara penuh dan bebas. Inilah alasan mengapa pengguna wordpress berbayar dapat menikmati semua fitur, tool, dan plugin yang tersedia. Pihak wordpress tidak akan ikut campur atas apapun yang kamu lakukan di sana.

Berbeda dengan blogger, pengguna blogger masih terikat dengan aturan Google yang mewajibkan pengguna untuk menaati aturan tersebut. Apabila ada pengguna blogger melakukan pelanggaran aturan, maka akan ada peringatan bahkan tindakan dari Google.

3. Wordpress Lebih SEO Friendly Daripada Blogger

Pada umumnya, banyaknya plugin dan tool SEO yang disediakan wordpress tentu mempengaruhi kualitas blog yang dikembangkan oleh penggunanya di mesin pencari. Dengan plugin dan tool SEO tersebut, pengguna bisa dengan mudah membangun blog berkualitas di mesin pencari.

4. Dari Segi Kapasitas Penyimpanan Data

Wordpress memungkinkan penggunanya untuk memilih seberapa besar kapasitas penyimpanan data yang ia butuhkan ketika ia hendak membeli hosting. Sedangkan kapasitas penyimpanan data pada blogger hanya sebesar 15 Gb, namun pengguna blogger bisa membeli kapasitas penyimpanan data tambahan jika ia mau. 

5. Dari Segi Mobile Friendly

Keduanya, baik wordpress maupun blogger, memungkinkan penggunanya untuk mengembangkan blog yang mendukung mobile friendly. Blogger sendiri juga mendukung template-template (baik responsive atau AMP) dan konfigurasi HTML yang membuat blog semakin Mobile Friendly.

6. Dari Segi Security dan Keamanan

Blogger merupakan satu paket dengan akun Google, baik gmail, youtube, google drive, dan lain sebagainya. Sehingga, security dan keamanannya pun terjamin, apalagi Google juga menyarankan penggunanya untuk mengaktifkan 2 langkah keamanan. Sedangkan keamanan pada akun wordpress tergantung dari keahlian pada pengguna.

7. Dari Segi Pengguna Blogger dan Wordpress

Secara umum, pengguna blogger lebih didominasi oleh para penulis blog personal karena tergolong gratis, bahkan pengeluaran biaya pun relatif lebih kecil (misalnya untuk upgrade domain atau membeli template premium). Sedangkan pengguna wordpress lebih didominasi oleh perusahaan, organisasi, dan pengembang bisnis.


Kesimpulan Tentang Perbedaan Blogger dan Wordpress

Keduanya, blogger dan wordpress, memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing, dan sama-sama berkualitas baik. Platform blogger unggul dalam pembiayaan yang relatif lebih kecil sehingga sangat cocok untuk penulis blog personal. Sedangkan wordpress lebih unggul dalam hal pengembangan, sehingga wajar penggunanya dari kalangan perusahaan, organisasi, dan pengembang bisnis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url