Apa itu Perbedaan Website dan Blog ?

Dalam dunia menulis online, kita pastinya mengenal dua istilah berbeda yang memiliki artian hampir sama, yaitu website dan blog. Dua istilah ini terkadang cukup membingungkan bagi para blogger pemula, lalu apa perbedaan keduanya ?.


Apa Pengertian Website dan Blog ?

Website adalah sebuah situs internet yang termuat dalam domain dan subdomain yang berada di  World Wide Web (WWW). Sedangkan blog sebenarnya singkatan dari Web dan Log yang mempunyai arti catatan online yang berada di website, bisa dikatakan bahwa blog sebenarnya bagian yang ada di dalam website.

Website dan Blog merupakan sebuah situs yang berisi tulisan-tulisan, artikel-artikel, dan berbagai informasi yang ditulis dalam sebuah wadah yang dapat di akses di internet baik oleh pribadi maupun umum. Saat ini website dan blog merupakan sesuatu yang tidak asing lagi di kalangan dunia internet dan hampir semua orang sudah mengenal bahkan memilikinya.



Apa Perbedaan Website dan Blog ?

Perbedaan antara Website dan blog sangat banyak, adapun perbedaan yang paling mendasar adalah sebagai berikut :

1. Dari Segi Pengguna

Blog merupakan wadah bagi mereka yang ingin memperlihatkan tulisan mereka kepada orang lain yang memabaca, sehingga penggunanya pun banyak dari kalangan orang biasa. Satu blog hanya bisa digunakan oleh satu pengguna (meskipun bisa melakukan invite untuk menambah pengguna lainnya).

Sedangkan Website digunakan tidak hanya tulisan tetapi juga berbagai jenis software dan aplikasi yang dapat didownload dan juga diupload, sehingga penggunanya pun dari kalangan professional. Website dimiliki oleh satu orang tetapi juga bisa lebih sebagai aggota member dari pengguna asli, dan itu juga sesuai dengan hak pengguna asli.

2. Dari Segi Tujuan

Blog digunakan untuk keperluan pribadi karena ia hanya sekedar tulisan yang disajikan untuk orang lain. Tetapi karena dinamisasi teknologi, kini blog juga bisa digunakan sebagai sarana bisnis online. 

Sedangkan website sudah mencakup kesemua tujuan dari blog, namun yang membedakan adalah website lebih condong digunakan untuk keperluan komersial seperti profil organisasi, profil sekolah dan yayasan, profil perusahaan, profil memerintah, prodil jual beli online, dan lain sebagainya.

3. Dari Segi Biaya dan Finansial

Blog digunakan secara gratis tanpa membayar sehingga webhosting dan subdomain sudah disediakan oleh platform blog. Adapun situs yang menyediakan blog secara gratis ada banyak, tetapi yang paling popular adalah blogspot dan wordpress. 

Sedangkan pengguna website harus membayar sewa webhosting dan sewa domain.

4. Dari Segi Desain Template

Desain template website lebih bagus daripada desain template blog. Hal ini dikarenakan desain template blog sudah menjadi bawaan dasar dari platform blog atau dari template gratisan. Sedangkan pengguna website bisa mendesin templatenya sesuai dengan kebutuhan, dan jarang ada kesamaan antara desain website satu dengan yang lainnya.

5. Dari Segi Kecepatan Loading

Kecepatan loading blog lebih cepat daripada kecepatan loading website, karena template yang digunakan blog lebih simple daripada template yang digunakan website.

6. Dari Segi Kesukaran Desain

Website lebih sulit dibuat karena ada beberapa langkah pembuatan seperti menyewa webhosting, domain, dan fitur-fitur menarik yang tidak dimiliki blog. Sedangkan blog hanya tinggal mendaftar sudah bisa digunakan secara 100%.


Apa Manfaat Website dan Blog ?

Adapun manfaat website dan blog, maka sangatlah banyak, yang diantaranya adalah :

1. Sebagai Tempat Menulis Online

Website dan Blog merupakan wadah bagi seseorang yang untuk mengekspresikan perasaan lewat tulisan dan artikel-artikel. Keduanya adalah sarana untuk berbagi tulisan baik dalam bentu cerita, puisi, pengalaman, artikel, keilmuan, dan  penelitian. 

2. Tempat Menemukan Teman

Dengan memanfaatkan website dan blog, kita bisa menambah koneksi teman kita karena kita bisa bertukar informasi dengan para pembaca juga dengan para pengguna website dan blog lain.

3. Mendapatkan Uang

Dalam beberapa website dan  blog, penggunanya bisa memanfaatkan keduanya untuk mendapatkan uang yang di antaranya yaitu dengan memasarkan produk dan jasa, menjadi publisher iklan atau yang dikenal dengan PPC (Pay Per Click), menjadi pemasang iklan, dan lain sebagainya.

4. Mendapatkan Ilmu

Jangan salah bahwa menulis sama dengan belajar, dengan menulis maka bertambahlah pengetahuan kita. Semakin kita menulis, maka semakin ilmu dan pengetahuan kita akan terus bertambah.

5. Menyebarkan Ilmu dan Doktrin

Salah satu menfaat dari website dan blog adalah menyebarkan ilmu dan beberapa hasil penelitian, juga menyebarkan keyakinan tentang agama.

6. Sebagai Tempat Ajang Berkreasi

Website dan blog merupakan wadah bagi mereka yang pandai dalam memanipulasi images dan video. Juga beberapa hasil karya sendiri seperti puisi, software, photografi, dan berbagai karya seni dan ilmiah lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url