Tips Penting Memanfaatkan Internal Link Blog Anda

Setiap tahun, Google selalu meningkatkan algoritma untuk menyeleksi siapakah yang menjadi situs terbaik dalam mesin pencari miliknya. Sehingga Anda selalu dituntut membuat konten yang menarik dan relevan untuk mencapai peringkat teratas di Google. Selain itu, Anda juga mempelajari beberapa tips dan trik yang harus Anda gunakan untuk mendapatkan kualitas blog yang baik di mesin pencari google.

Anda pun bisa memanfaatkan internal link untuk menghubungkan antara konten terbaru dan konten yang sudah lama diterbitkan. Anda bisa menampilkan beberapa link internal di mana pun yang Anda inginkan, misalnya di sidebar, menu navigasi, dan menampilkan tambahan link di beberapa halaman posting. Ini berguna untuk memudahkan pengunjung menemukan beberapa konten Anda melalui link-link tersebut.


Apa Manfaat Internal Link ?

Internal Link sangat bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan kualitas blog Anda di mesin pencari. Dengan menampilkan link internal, selain memudahkan pengunjung menemukan konten menarik pada blog Anda, ini juga bermanfaat sebagai sarana backlink yang merujuk pada konten Anda sendiri. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan SEO blog Anda, sederhana bukan ?.


Bagaimana Tips untuk Meningkatkan Internal Link pada blog Anda ?

Meskipun ini terdengar sepele, tapi ini sangat berguna tentunya bagi blog Anda. Nah, untuk itu Anda juga harus mengetahui beberapa tips yang bermanfaat untuk meningkatkan internal link :

1.   Pastikan internal link Anda adalah Dofollow
Apa Anda masih mengingat apa itu Dofollow ? Beberapa hari yang lalu saya telah menerbitkan Artikel tentang ini Apa itu Dofollow dan Nofollow ? Apa Perbedaannya ?. Ini sangat penting bagi Anda untuk membuat setiap internal link memiliki atribut Dofollow. Hal ini juga digunakan oleh semua blog besar dan sukses. Anda bisa mengetahui lebih banyak pada Tips Penting Memanfaatkan Dodollow dan Nofollow Blog.

2.   Tampilkan link Anda di dalam setiap posting
Anda pun pasti sering link yang tampil di dalam posting artikel di beberapa blog, mungkin itu terlihat biasa, tetapi itu adalah trik dalam meningkatkan kualitas SEO blog mereka. Anda bisa belajar dan mencontohnya, pastikan Anda menampilkan link lain saat menerbitkan artikel baru. 

Dan tentunya, link yang Anda tampilkan harus terkait dengan konten yang Anda bahas. Misalkan Anda membahas tentang Tips Membuat pengunjung Tergoda membaca Konten Anda, Anda juga bisa menampilkan link tentang Trik Menulis dan Mendapatkan Pembaca Blog. Itu hal yang wajar karena keduanya sangat terkait. Jika Anda menampilkan link yang tidak terkait dengan konten, maka itu bisa memberikan kesan yang buruk pada konten Anda. 

3.   Tampilkan link pada arsip blog, populer posts, dan recent posts
Untuk membantu pengunjung dalam menemukan konten menarik di dalam blog, Anda harus memastikan bahwa Anda menampilkan beberapa sidebar penting, seperti arsip blog, populer posts, dan recent posts. Ini memmbantu pengunjung untuk mencari dan memilah konten menarik yang Anda sediakan di blog Anda.

4.   Tampilkan menu pada halaman blog Anda
Anda bisa menampilkan menu horizontal atau menu vertikal pada halaman blog Anda. Selain memberikan gaya dan hiasan, alasan utama adalah memudahkan pengunjung untuk menemukan konten-konten menarik yang mereka cari di blog Anda.

5.   Gunakan label pada menu dan sidebar
Pastikan bahwa setiap kategori pada menu navigari (horizontal atau vertikal), merujuk pada label yang sesuai dengan kategori tersebut. Misalnya pada kategori menu “Trik Blog”, maka Anda harus merujukkan link yang mengarah pada label yang berkaitan dengan beberapa trik pada blog. Anda juga bisa menampilkan label pada sidebar blog untuk memberikan informasi semua jenis label yang Anda gunakan pada blog Anda.