Cara Mengaitkan URL Blog ke Channel Youtube

Menjadi seorang blogger ternyata bukanlah pekerjaan yang mudah. Pasalnya, persaingan blog dalam dunia online sudah jelas bahwa itu merupakan hal yang tidak bisa lagi dipungkiri. Kian masa kian banyak blog-blog baru yang juga turut berlomba-lomba mendapatkan banyak pengunjung dan mencapai trafik utama di search engine.

Sementara itu, di sisi lain, konten-konten visual video di Youtube juga sangat digemari, bahkan dinilai lebih menjamin kesuksesan dibandingkan bersusah payah menjadi seorang blogger. Demikian itu karena memang sudah menjadi watak dasar banyak orang, melihat sesuatu yang visual lebih digemari daripada membaca deretan huruf.

Nah, dari permasalah inilah, maka wajar saja jika banyak blogger pemula yang menyerah dan meninggalkan aktivitas menulisnya di blog, lalu mencoba beralih menjadi seorang youtuber. Namun, percayalah bahwa kedua, yaitu menulis blog dan mengembangkan channel youtube sama-sama memiliki persaingan yang luar biasa saat ini.

Namun, kamu bisa memanfaatkan dan mencoba untuk mengembangkan keduanya, yaitu blog dan channel youtube. Hal ini pun juga dilakukan oleh banyak blogger yang sudah sukses, mereka juga memanfaatkan dan mengembangkan channel youtube.

Jika kebetulan kamu juga adalah seorang blogger dan pada saat yang sama pula berencana untuk mengembangkan channel youtube, maka ada hal-hal awal yang perlu dilakukan, yaitu mengaitkan URL blog ke channel youtube. Untuk itulah, posting kali ini sengaja dibuat sebagai tutorialnya.

Baca juga : Cara Menambah Deskripsi dan URL Blog di Channel Youtube.

CARA MENGAITKAN URL BLOG KE CHANNEL YOUTUBE (AKUN GOOGLE YANG SAMA)

Tutorial ini bisa dilakukan jika antara blog dan channel youtubemu adalah satu akun Google, artinya kamu masuk keduanya dengan menggunakan email yang sama. Silahkan simak langkah dan tutorialnya berikut ini :

1. Buka Channel Youtube
2. Klik Foto Profil di pojok kanan atas
3. Klik "Youtube Studio"
4. Klik menu "Setting" - "Channel" - "Advanced Setting"
5. Scroll ke bawah, klik "Advanced Channel Setting"
6. Scroll ke bawah sampai pada sub "Associated Website"
7. Isi kolom dengan "URL Blog" - "Add"
8. Setelah muncul status "Success", lalu klik "Save" untuk menyimpan

CARA MENGAITKAN URL BLOG KE CHANNEL YOUTUBE (AKUN GOOGLE YANG BERBEDA)

Tutorial ini bisa dilakukan jika antara blog dan channel youtubemu adalah berbeda akun Google. Silahkan simak langkah dan tutorialnya berikut ini :

1. Buka Channel Youtube
2. Klik Foto Profil di pojok kanan atas
3. Klik "Youtube Studio"
4. Klik menu "Setting" - "Channel" - "Advanced Setting"
5. Scroll ke bawah, klik "Advanced Channel Setting"
6. Scroll ke bawah sampai pada sub "Associated Website"
7. Isi kolom dengan "URL Blog" - "Add"
8. Lalu, akan muncul status "Pending"
9. Klik "Verify" pada notofikasi di bawahnya
10. Pilih menu "Alternate Methods" - "HTML Tags"
11. Copy kode yang muncul
12. Buka akun blogger
13. Klik "Theme" - "Edit HTML"
14. Paste kode yang telah dicopy dan letakkan di bawah kode <head> atau di atas kode <body>, klik "Save" untuk menyimpan template HTML
15. Buka lagi halaman verifikasi (seperti halaman pada poin ke 10)
16. Klik "Verify"
17. Jika sudah terverifikasi, maka secara otomatis URL blog sudah terkait ke channel youtube dengan status "Success"

TUTORIAL VIDEO MENGAITKAN URL BLOG KE CHANNEL YOUTUBE (AKUN GOOGLE YANG SAMA DAN AKUN GOOGLE YANG BERBEDA)

Tentu saja tutorial berbentuk tulisan di atas akan sangat membingungkan, memang sengaja tidak saya sertai dengan gambar karena sudah ada tutorial videonya. Tonton sampai habis agar dapat memperjelas tutorialnya :