Cara Mudah Mengganti Gambar Favicon Blog

Cara Mudah Mengganti Gambar Favicon Blog – Berbicara tentang blog memang kadang diraca cukup menyenangkan dan kadang pula dirasa cukup menyulitkan. Pasalnya, untuk menjadi seorang penulis blog membutuhkan usaha luar biasa serta gagasan keratif yang harus dilakukan secara continue.

Nah, karena di sini saya menggunakan platform blogger atau biasa dikenal dengan istilah blogspot, maka saja pun akan membicara sedikit tutorial dasar sebagai permulaan dalam mengembangkan blog kamu, lebih tepatnya saya akan membahas singkat tentang gambar favicon, semoga bermanfaat khususnya bagi para pemula.


Apa itu Favicon Blog ?

Favicon merupakan kepanjangan dari “favorite icon”. Favicon adalah sebuah gambar icon yang berfungsi sebagai logo favorite dari suatu web/blog online. Jika kamu sedang membrowsing dan mencari beberapa informasi online, kamu akan melihat icon kecil pada setiap pojok palig atas tab halaman blog tersebut, itulah yang namanya favicon blog, cobalah lihat contoh pada gambar di bawah ini :

Apa Itu Favicon ? Bagaimana Cara Menggantinya ?


Apa Fungsi Favicon Blog ?

Sebagaimana yang secara singkat sudah saya papar di atas bahwa favicon merupakan singkatan dari favorite icon, maka fungsinya sebagai logo kecil daripada sebuah blog yang terpapar di atas setiap tab halaman browser. Tentu saja logo ini merupakan sebuah identitas penting yang harus dimiliki oleh semua blogger demi mengembangkan tulisannya di blog.


Bagaimana Cara Mengganti Favicon Blog (Blogspot) ?

Seperti yang sudah saya ulas di pendahuluan atas, maka di sini saya hanya akan membahas mengenai tutorial singkat pada platform blogger atau blogspot. Biasanya, platform blogger sudah memfasilitasi setiap pengguna blogspot dengan favicon default, yaitu gambar kecil yang bertuliskan huruf B yang menunjukkan artian blogger. Namun, kamu pun bisa mengganti gambar favicon itu dengan gambar icon lain sesukamu.

Pada platform blogger klasik, cara unuk mengganti favicon ada di setiap menu halaman tata letak atau layout. Namun, setelah melakukan modifikasi platform yang terjadi pada tahun 2020 kemarin yaitu Blogger Interface, maka setiap pengguna blogger bisa melakukan penggantian gambar favicon di menu halaman settings. Adapun caranya bisa dilakukan kurang lebih sebagaimana Langkah-langkah di bawah ini :

1. Masuk ke dashboard blogger

2. Klik menu “Settings” dengan icon gerigi di sebelah kiri

3. Pada pengaturan “Basic” (paling atas), klik “Favicon”.

4. Akan muncul halaman baru, lalu klik “choose file”

5. Cari gambar icon yang ada di computer atau laptopmu, lalu klik “Ok”

6. Klik “Save” untuk menyimpan.

Nah, untuk melakukannya, sebelumnya silahkan mempersiapkan gambar persegi di computer atau laptopmu dan pastikan pula ukuran gambar itu kurang dari 100 Kb. Kamu bisa membuat gambar icon itu di beberapa software editor foto seperti photoshop, corel, atau software-software lainnya.

Namun, jangan panik jika setelah kamu mengupload gambar favicon dan berhasil, ternyata gambar favicon di blogmu masih belum berubah. Kamu hanya perlu menunggu selama beberapa menit agar gambar itu bisa benar-benar tampil secara online. Kamu bisa melihat tutorial videonya secara singkat pada video di bawah ini :

Tanggapan :